Mau Kuliah Gratis? Inilah 3 Beasiswa Agar Bisa Kuliah Gratis

3 Beasiswa Agar Bisa Kuliah Gratis - Banyak jalan menuju roma, pepatah ini memberikan pesan kepada kita bahwa banyak cara untuk mencapai sebuah tujuan. Kuncinya adalah memiliki keinginan, memiliki cita-cita dan mau berusaha. Jika anda saat ini mungkin kurang bernasib baik seperti orang-orang kaya yang bisa kuliah dimana saja mereka suka, anda juga bisa kuliah meskipun mungkin keadaan ekonomi kurang mendukung.

Ada banyak cara agar bisa kuliah, bisa dengan cara kuliah sambil bekerja atau yang paling mudah adalah kuliah dengan beasiswa, atau adan akan memadukan keduanya kuliah dengan beasiswa dan dibantu dengan sambil kerja. Nah, terserah kerja keras dan kratifitas anda, silakan pilih jalan terbaik untuk kuliah.

Kuliah gratis dengan beasiswa mungkin adalah impian semua pelajar dengan ekonomi yang kurang beruntung tapi ingin tetap  melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Ada banyak jenis beasiswa yang bisa anda kejar untuk bisa kuliah dengan gratis.

Saat ini, pemerintah maupun pihak swasta semakin peduli dengan pendidikan anak-anak di Indonesia. Dibuktikan dengan banyak jenis beasiswa yang diberikan, baik oleh pemerintah, yayasan, perusahaan swasta maupun BUMN.

Tips Dapat Beasiswa Kuliah Gratis 

Untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis tentu saja anda harus memiliki kelebihan dibanding dengan siswa-siswa lainnya secara umum. Karena pihak yang akan memberikan beasiswa juga akan melihat prestasi anda. Untuk itu pastikan anda menjadi siswa yang berprestasi.


Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

3 Beasiswa Untuk Bisa Kuliah Gratis

  • Beasiswa Bidik Misi

    Bidik misi merupakan program beasiswa pemerintah yang ditujukan untuk siswa berprestasi yang ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi namun tidak mampu secara ekonomi. yang nantinya bila mendapat beasiswa bidik misi semua biyaya sekolah akan ditanggung oleh pemerintah kecuali biaya-biyaya tertentu.
  • Beasiswa Unggulan

    Beasiswa unggulan merupakan beasiswa untuk mahasiswa yang telah menamatkan serjana kemudian ingin melanjutkan ke S2 dan S3. beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan study sekaligus ingin menjadi tenaga pengajar atau dosen. beasiswa ini tak hanya mencakup dalam negeri saja melainkan luar negeri juga.
  • Beasiswa swasta

    Beasiswa swasta adalah beasiswa yang di adakan oleh pihak yang bersifat non pemerintah atau pihak-pihak swasta. beasiswa seperti ini biasa di adakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memang memiliki investasi yang besar untuk memberikan beasiswa kepada para pelajar.

Beasiswa PPA dan BPP PPA 2016

Beasiswa yang selalu buka setiap tahunnya dan mudah didapatkan ini, ialah beasiswa PPA dan BPP PPA. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa berprestasi yang sedang kuliah di jenjang S1/DIV atau mahasiswa DIII. Dengan beaiswa ini anda akan mendapatkan uang saku sebesar 350.000/bulan.

Mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa PPA dan BPP PPA

  1. Calon penerima adalah mahasiswa yang kuliah pada perguruan tinggi pengelola beasiswa dan bantuan biaya pendidikan PPA di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
  2. Calon penerima harus terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti)
  3. Calon penerima adalah mahasiswa yang masih aktif, dalam jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana.

Persyaratan Mendapatkan Beasiswa PPA dan BPP PPA

1. Persyaratan Umum

Diberikan kepada mahasiswa yang aktif:
Jenjang S1/Diploma IV minimal duduk pada semester II dan maksimal duduk pada semester VIII.
b) Diploma III, minimal duduk pada semester II dan maksimal duduk pada semester VI.
c) Dapat diberikan mulai semester I apabila mahasiswa memiliki prestasi sangat baik di sekolah khususnya nilai ujian nasional dan nilai rapor kelas X s.d. XII (diperlukan rekomendasi dari Kepala/Sekolah).
  • Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pejabat perguruan tinggi yang ditunjuk, dengan melampirkan berkas sebagai berikut:
  • Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif;
  • Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) pada tingkat Nasional maupun Internasional.
  • Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan;
  • Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan.
  • Fotokopi kartu keluarga.

2. Persyaratan Khusus

Untuk Beasiswa PPA calon penerima wajib melampirkan fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.
Untuk Bantuan Biaya Pendidikan PPA:
a) Fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,75 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi;
b) Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermeterai bagi yang berwirausaha;
c) Surat Keterangan tidak mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat berwenang.
*Persyaratan dapat menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing kampus.

Pendaftaran Beasiswa PPA dan BPP PPA

Bagi anda yang berminat dengan Beasiswa PPA dan BPP PPA 2016, silakan mengajukan Beasiswa PPA dan BPP-PPA 2016 di kampus masing-masing. Jadwal pendaftaran setiap kampus bisa berbeda-beda di setiap kampus. Terkait persyaratan dan berkas yang harus diserahkan, silakan juga dilihat ditanyakan ke kampus atau fakultas masing-masing karena mungkin saja ada penyesuaian atau penambahan.

Nah itulah beasiswa-beasiswa yang bisa anda dapatkan untuk membantu biaya perkualiahan anda. Jadi jangan pernah ragu untuk mendaftar kuliah. Kebetulan pendaftaran mahasiswa baru jalur SNMPTN sudah dibuka mula tanggal 29 Januari 2016. Bagi anda yang sudah mendapatkan pasword hasi pengisian PDSS oleh kepala sekolah, segera manfaatkan kesempatan tersebut untuk mendaftar kuliah jalur SNMPTN secara online. 
Comments
0 Comments

0 Response to "Mau Kuliah Gratis? Inilah 3 Beasiswa Agar Bisa Kuliah Gratis"

Poskan Komentar