Cara Input Nomor KIP Pada Aplikasi DAPODIK

Cara Input Nomor KIP Pada Aplikasi DAPODIK | Setelah share cara mencairkan dana Program Indonesia Pintar yang perlu diketahui oleh semua pihak (orang tua siswa, komite, sekolah dan operator) sekarang saya khusus share apa yang harus dikerjakan oleh seorang operator sekolah. Salah satu tahapan dalam proses pencairan dana PIP adalah harus dikerjakan oleh operator sekolah, yaitu menginput nomor KIP pada aplikasi DAPODIK dan menandai siswa tersebut layak mendapatkan dana PIP. Selain itu, artikel ini juga bisa untuk mengajukan siswa miskin bukan pemegang KIP agar mendapatkan bantuan dana PIP.

PENTING UNTUK DICERMATI OPERATOR SEKOLAH!!!
Tidak semua siswa miskin dalam sebuah sekolah mendapatkan Kartu Indonesia Pintar. Lalu bagaimana agar siswa miskin tersebut juga mendapatkan bantuan dari dana PIP?
Perlu diketahui bahwa siswa yang pada tahun 2014/2015 sudah mendapatkan BSM maka dimungkinkan akan mendapatkan dana PIP meskipun tidak memiliki KIP. Tapi harus dicek ulang pada aplikasi DAPODIK, apakah siswa tersebut sudah ditandai layak diusulkan PIP atau belum.

Nah tugas operator sekolah adalah, pada saat menginput nomor KIP pada aplikasi DAPODIK jangan fokus pada yang sudah memegang KIP saja, tapi juga pada siswa miskin yang belum memilii KIP suapaya ditandai layak diusulkan PIP. Caranya :

1. Silakan anda login ke aplikasi DAPODIK anda
2. Masuk ke Tab Peserta Didik
3. Pilih siswa yang akan ditandai layak diusulkan PIP atau akan diinput nomor KIP
4. Klik Ubah, selanjutnya perhatikan screen shoot di bawah ini


  • Jika siswa adalah sudah memiliki KIP, silakan centang "YA" pada Penerima KPS/KKS/KIP
  • Kemudian masukkan nomor KIP yang ada pada KIP bagian pojok kanan atas
  • Centang "YA" pada Layak diusulkan PIP
  • Alasan layak PIP pilih Pemegang PKH/KPS/KKS/PIP
Jika siswa belum memiliki KIP tapi ingin mendapatkan bantuan PIP, silakan cukup tandai atau centang "YA" pada layak diusulkan PIP, kemudian pada alasan pilih saja Siswa Miskin/Rentan Miskin.


Video Singkat Cara Input Nomor KIP Pada DAPODIK


Nah itulah cara input nomor KIP pada aplikasi DAPODIK dan juga cara mengajukan siswa miskin yang belum mendapatkan KIP agar menerima dana bantuan PIP. Sekian, semoga artikel singkat dan sederhana ini bisa untuk saling membantu sesama operator sekolah di seluruh Indonesia.
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Input Nomor KIP Pada Aplikasi DAPODIK"

Poskan Komentar