Rabu, Oktober 12, 2016

Cara Update Aplikasi Dapodik 2016 Terbaru

Cara Update Aplikasi Dapodik 2016 Terbaru | Update dapodik terbaru sudah dirilis, ayo kepada seluruh operator sekolah di Indonesia segera update dapodik sekolah anda ke versi terbaru yaitu versi 2016b. Sangat penting untuk selalu mengupdate aplikasi dapodik 2016, karena ini untuk menjamin kualitas data yang dikirim ke dapodik pusat. Selain itu, update dapodik erat kaitannya juga dengan aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan).

Jika anda belum menginstal aplikasi dapodik terbaru, paling tidak aplikasi dapodik 2016a maka aplikasi PMP tidak akan bisa terhubung dengan aplikasi dapodik. Padahal, aplikasi PMP akan mengambil data PTK dan siswa serta akun operator sekolah langsung dari dapodik.

Meskipun aplikasi dapodik suda berjalan lama, nyatanya banyak juga operator sekolah atau guru yang bingung untuk melakukan update aplikasi dapodik. Apalagi beberapa hari ini aplikasi dapodik sering mengalami putus sambungan dengan server, sehingga pembaruan dari aplikasi sering gagal. Lalu bagaimana cara mengupdate aplikasi dapodik 2016 terbaru? Berikut penjelasannya.

Ada tiga cara untuk melakukan update dapodik 2016, yaitu :
1. Cara otomatis
2. Cara pembaruan manual dari aplikasi dapodik
3. Cara pembaruan dengan menggunakan patch dapodik

Untuk cara 1 dan 2 ada dalam satu tempat sekaligus. Yaitu ada pada menu pengaturan aplikasi dapodik. Untuk lebih jelasnya silakan anda login pada aplikasi dapodik anda dan klik menu pengaturan.


Agar aplikasi dapodik melakukan pembaruan secara otomatis setiap ada update terbaru silakan anda centang pada Cek pembaruan otomatsi (Ya) lihat yang saya beri tanda lingkaran merah kecil. Dengan cara ini maka aplikasi akan memperbarui diri sendiri secara otomasi setiap kali online dan ada update terbaru.

Untuk melakukan update dapodik secara manual silakan anda klik Cek Pembaruan (tanda lingkaran merah besar). Dengan cara ini aplikasi akan memeriksa apakah ada pembaruan aplikasi atau tidak. Jika, ada maka aplikasi akan menginstal update terbaru.

Dua cara update dapodik 2016 diatas mensyaratkan harus online dan pastikan tidak ada masalah di server dapodik pusat. Namun jika ada masalah seperti dibawah ini harus bagaimana.


kondisi di atas disebabkan ada masalah koneksi antara aplikasi dapdik di laptop dengan server dapodik pusat. Nah jika ini terjadi tentu aplikasi dapodik tidak bisa diupdate dengan dua cara di atas. Solusinya adalah dengan mengundul dan menginstal updater dari web dapodik.

Cara Update Dapodi Dengan Instal Updater

Untuk mengunduh atau mendownload updater dapodik terbaru silakan anda buka alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

Silakan anda klik Unduh Updater pada web  dapodik tersebut. Bukan pada gambar di atas lho. Hehehe....

Setelah selesai mendownload, silakan anda jalankan atau instal updater tersebut. Jika komputer atau laptop anda memberikan peringatan, langsung aja klik Yes sehingga updater akan berjalan dengan diawali seperti gambar di bawah ini.


Silakan anda klik lanjut>> Lanjut>> Lanjut sampai Finsish. Untuk menginstal updater dapodik ini tidak akan mebutuhkan waktu lama, kurang dari 3 menit sudah selesai. Setelah selesai menginstal silakan anda buka dapodik anda dan periksa apakah sudah berubah menjadi aplikasi dapodik terbaru atau belum. Untuk saat ini aplikasi dapodik ada pada versi 2016b. Untuk memeriksanya silakan anda lihat gambar di bawah ini.


Nah demikian cara update aplikasi dapodik 2016 terbaru, lihat pada kotak informasi yang saya beri tanda kotak merah. Disitulah informasi tentang versi dapodik yang anda gunakan. Jika sudah ada tulisan V.2016.b itu artinya aplikasi dapodik sudah berhasil diupdate atau diperbarui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top