Selasa, Oktober 04, 2016

Tips Cara Mengerjakan Guru Pembelajar Yang Benar - Guru Wajib Baca Lho...

Tips Cara Mengerjakan Guru Pembelajar Yang Benar | Guru Pembelajar adalah Program Kemdikbud Pasca UKG yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) terdahulu yaitu Anies Baswedan. Tujuan dari peluncuran program Guru Pembalajar adalah untuk meningkatkan kompetensi guru yang nantinya akan diukur dengan mengulang Uji Komptensi Guru atau UKG. Namun sebelum menuju ulangan UKG guru harus mempelajari terlebih dahulu sejumlah materi yang disajikan baik secara online maupun ofiline. Istilah yang digunakan dalam guru pembelajar adalah metode daring, metode tatap muka dan metode campuran (daring dan tatap muka).

Dalam metode daring atau atau metode online tentunya banyak sekali hal baru bagi para guru, terutama guru yang selama ini kurang atau bahkan tidak menguasai IT. Setelah saya memperhatikan, sistem yang dibangun dalam web guru pembelajar sedikit lebih rumit dibanding dengan cuma update status di facebook. Hehehe.....

Tapi, kesulitan itu akan terasa jika tidak tahu dan tidak mau tahu. Sesuatu yang baru jika terus dipelajari akan menjadi yang sangat mudah bahkan menyenangkan. Begitu juga dengan guru pembelajar. Jika seorang guru menguasai IT meskipun sedikit saja, maka akan menjadi metode belajar yang sangat menyenangkan. Masih bingung??? Berikut saya berikan tips cara mengerjakan guru pembelajar yang benar.


Tips Cara Mudah Mengerjakan Guru Pembelajar

1. Guru harus tahu cara membuka alamat guru pembelajar
Pada tahap ini saya yakin sebagian besar guru sudah tahu cara membuka web guru pembelajar. Entah itu melalui pecarian di google atau dengan cara mengetik langsung URL http:sim.gurupembelajar.id. Namun tidak dipungkiri banyak juga guru yang bingung atau bahkan tidak tahu cara membuka web guru pembelajar. Nah untuk membua web guru pembelajar bisa dengan dua cara silakan anda pilih yang mana. Dengan cara mengetikan keyword "guru pembelajar" di google atau langsung mengetikkan URL pada adres bar browser internet (firefox, chrome, opera, dll).

2. Guru harus tahu username dan pasword guru pembelajar
Username dan pasword guru pembelajar sudah dibagikan oleh dinas pendidikan di kota masing-masing. Silakan simpan dan ingat username dan pasword tersebut.

3. Guru harus tahu cara mencari informasi menggunakan google
Lho, kok google? Apa kaitannya dengan guru pembelajar? Secara kedinasan dan fungsi jelas tidak ada hubungannya antara web google dengan web guru pembelajar, tapi secara kebutuhan jelas ada kaitannya. Guru akan sangat membutuhkan google dalam mencari jawaban-jawaban dari guru pembelajar yang tidak atau belum bisa difahami. Jadi, dalam hal mengerjakan guru pembelajar google bisa dijadikan sebagai perpustakaan online untuk mencari sumber referensi yang tepa dan cepat.

4. Guru harus runtut dalam ngerjakan guru pembelajar
Semua guru peserta guru pembelajar pasti sudah membukan web guru pembelajar dengan akunnya masing-masing, dan yang sudah memulai mendaptkan tugas-tugas tentu tahu di situ ada beberapa sesi yang harus dikerjakan. Dari setiap sesi terdiri dari beberapa point yang semuanya itu harus dikerjakan secara runtut. Misal, guru tidak akan bisa mengerjkan sesi 2 sebelum selesai mengerjakan sesi 1. Lebih sempit lagi, misal dalam sesi 1, guru tidak akan bisa mengerjakan sesi 1.2 sebelum mengerjakan sesi 1.1 bahkan jika belum membuka pengantar dan lain sebagainya.

Supaya lebih jelas tentang cara mengerjakan guru pembelajar, mari kita simak tutorial singkat berikut ini.

Cara Mengerjakan Guru Pembelajar

Pertama : Silakan anda masuk ke web guru pembelajar melalui alamat https://sim.gurupembelajar.id atau bisa juga dengan mengetik kata kunci "sim guru pembelajar" di google tanpa tanda petik.

Kedua : Silakan login dengan menggunakan username dan pasword yang anda miliki.

Ketiga : Setelah anda berhasil login, maka anda akan masuk dalam dasboard akun guru pemnbelajar yang menyajikan informasi mater mana saja yang harus diperbaiki (ditandai dengan warna merah). Jika kelas belajar sudah tersedia, pada materi yang dharus diulangi akan muncul icon atau gambar buku. Lihat screen shoot berikut
Silakan anda klik pada tanda merah yang sudah ada gambar bukunya, sehingga browser internet akan membuka tab baru yang mejadikan sesi-sesi pembelajar seperti berikut ini.
Keempat : silakan anda buka setiap kegiatan yang ada, mulai dari penjelasan umum, saran, dan alur kegiatan. Setelah itu baru link sesi 1 akan terbuka dengan dintadai warna biru. Nah disinilah yang dimaksud guru harus runtut dalam mengerjakan guru pembelajar. Artinya tidak bisa melompat-lompat sesuka hati, karena jika nomor 1 belum dibuka (dikerjakan) maka nomor dua tidak akan tersedia. Tanda bahwa sebuah sesi atau kegiatan sudah dikerjakan akan ada tanda ceklis pada smping kanan seperti namapk pada gambar di atas. Screen shoot di atas adalah contoh dari guru pembelajar sesi 1 yang sudah dikerjakan. 

Ingat, pada setiap sesi guru harus mengerjakan lembar kerja, caranya silakan anda download lembar kerja yang tersedia. Namun sekali lagi saya ingatkan, anda bisa mendownload lembar kerja apabila semua kegiatan dalam satu sesi sudah dikerjakan, termasuk mengisi forum. Ingat HARUS RUNTUT!!!

Setelah selesai mengerjakan lembar kerja yang ada, selanjutnya guru harus mengupload atau mengiri hasil pekerjanan melalui menu E-Fortofolio.

Setelah anda selesai mengupload, lembar kerja maka baru bisa dikatakan bahwa anda sudah selesai mengerjakn satu sesi pembelajar. Namun, meskipun anda belum mengupload hasil pekerjaan melelui e-fortofolio anda bisa melanjutkan ke sesi selanjutnya, misal dari sesi 1 ke sesi 2. Lembar kerja bisa dikirim kapan saja, yang penting harus dikerjakan.

Tips Mengerjakan Tes Sumatif Guru Pembelajar

Dalam sesi tertentu guru harus mengerjakan tes sumatif. Tes sumatif bisa berupa pilihan ganda atau esay. Anda harus mengerjakan tes sumatif secara teliti agar diperoleh hasil memuaskan. Namun anda tidak perlu taku salah, karena tes sumatif ini bisa diulang. Caranya agar bisa mengulang secara benar, setelah selesai mengerkan tes uamtif, ulakan ulasan (klik ulasan) sehingga anda tahu soal nomor berapa saja yang salah. Ingat-ingat mana yang salah dan mana yang benar, agar pada saat melakukan tes sumatif ulang anda benar-benar fokus pada soal yang salah saja.

Tips Mencari Jawaban Dari Setiap Soal Guru Pembelajar

Web guru pembelajar sendiri sudah menyediakan bahan bacaan yang bisa dijadikan sebagai sumber dalam mengerjakan guru pembelajar. Namun jika anda merasa kurang puas atau bingung membaca secara keseluruhan anda bisa meminta bantuan google. Nah disinilah hubungan google dan guru pembelajar terjadi. Pada saat anda butuh jawaban dari soal tertentu anda bisa langsung mencarinya di google.

Nah demikian tips cara mengerjakan guru pembelajar yang benar, semoga bahasan singkat ini bisa membantu para guru yang masih bingung bagaimana cara mengerjakan guru pembelajar. Bagi guru-guru yang sudah mahir tentu sangat diharapkan untuk mau membimbing rekan-rekannya yang masih kebingungan terutama para guru yang sudah lanjut usia. Jangan biarkan mereka pusing tujuh keliling gara-gara guru pembelajar. Hehehe......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top