Bahaya Jika Tidak Sinkron Dapodik, Jangan Pandang Sebelah Mata

Bahaya Jika Tidak Sinkron Dapodik, Jangan Pandang Sebelah Mata | Sudah lama dapodik berjalan dan sudah kita ketahui bersama bahwa dapodik adalah satu-satunya data yang menjadi acuan berbagai kebijakan. Beberapa kebijakan yang sumber datanya diambil dari dapodik antara lain adalah Program Indonesia Pintar (PIP), Pencairan Dana BOS, Pencairan Tujangan Profesi Guru (sertifikasi), dan Pencairan Dana Tamsil Guru Non PNS.

Mengingat pentinganya data dapodik maka operator sekolah harus benar bersungguh-sungguh dengan penuh kehati-hatian dalam mengolah data dapodik. Selain itu, juga harus benar-benar melakukan sinkron dapodik. Percuma menginput data pada aplikasi tapi tidak dilakukan sinkronisasi. Karena sinkronisasi adalah proses pengiriman data dari aplikasi ke kemdikbud.

Lalu bagaimana jika operator sekolah melakukan sinkronisasi dapodik?
Eit jangan coba-coba!!! Juga jangan untuk melakukan sinkronisasi!!!
Jika operator sekolah tidak melakukan sinkronisasi dapodik maka sekolah akan mengalami sejumlah masalah yang berdampak buruk terhadap proses pendidikan pada sekolah tersebut. Apa saja yang akan terjadi jika tidak sinkron dapodik?

Akibat Tidak Sinkron Dapodik

Pencairan dana BOS di hentikan, nah lho... bagaimana bisa sekolah beroperasi jika dana BOS dihentikan. Kita tahu bahwa sekolah-sekolah saat ini mengandalkan dana BOS untuk operasionalnya. Jadi, jika dana BOS dihentikan otomatis proses pendidikan akan berhenti. Hal ini karena pencairan dana BOS dihitung berdasarkan jumlah siswa yang ada pada data dapodik. Jadi jika tida ada data siswa yang dikiram via dapodik maka kemendikbud akan sulit mengalokasikan dana BOS untuk sekolah bersangkutan. Jadi, jangan coba-coba tidak melakukan sinkronisasi dapodik.

Pencairan dana PIP tidak bisa disalurkan, sama dengan BOS dana PIP juga mengambil data dari dapodik. Kita tahu bahwa dapodik dijadikan sebagai alat untuk menginput data siswa yang memiliki kartun PIP dan juga sekolah berhak menagjukan siswa yang belum memiliki kartu PIP agar tetap mendapatkan dana PIP agar sesuai kriteria penerima dana PIP. Data dari dapodik inilah yang menjadi acuan siswa mana saja yang berhak mendapatkan pencairan dana PIP. Jadi, kalau dapodik tidak disinkronisasi maka data siswa tidak akan terkirim ke kemdikbud dan pencairan dana PIP bisa dihentikan.

Tunjangan Profesi Guru (sertifikasi) dan tunjangan guru lainnya dihentikan, dasar pencairan berbagai tunjangan guru juga berdasarkan data yang ada pada dapodik. Misal guru tersebut mengajar berapa siswa, berpa jam dalam satu minggu, kompetensi guru, dan sertifikat guru juga diinput melalui dapodik, Data-data inilah yang menjadi acuan pencairan dana tunjangan profesi guru (sertifikasi). Jika operator sekolah tidak atau lupa melakukan sinkronisasi data maka data-data tersebut tidak akan terkirim yang mengakibatkan pada penghentian pencarian dana berbagai berbagai tunjangan guru tersebut.

Nah, itulah yang terjadi jika tidak sinkron dapodik, jangan pandan sebelah mata. Anda yang bekerja sebagai operator sekolah  harus bersungguh-sungguh dalam mengabdikan diri sehingga data dapodik benar-benar valid. Dengan demikian maka proses pendidikan di sekolah anda akan berjalan lancar. Selain itu hak-hak guru untuk mendapatkan kesejahteraan juga akan terpenuhi. 

Bagi anda para guru dan kepala sekolah juga jangan pandang sebelah mata terhadap aplikasi dapodik. Anda harus menyadari pentinganya aplikasi dapodik dalam menunjang kelancaranan peroses pendidikan di sekolah anda. Untuk itu sangat penting bagi anda para guru dan kepala sekolah mendampingi operator sekolah pada saat melakukan input data. Kalau tidak mendampingi saat melakukan input data, bisa melakukan cek secara berkala terhadap data yang akan disinkronisasi. Hal untuk memastikan bahwa data dapodik yang dikirim benar-benar valid.

Untuk menghindari data dapodik yang tidak valid kuncinya ada pada operator sekolah. Jadi operator sekolah harus hati-hati saat melakukan input data dan harus bekerja dengan hati yang tulus. Tentu saja para guru dan kepala sekolah juga harus memperhatikan suasana hati operator sekolah, jangan sampai suasana hatinya terganggu yang akan mengakibatkan kerjanya tidak fokus atau senagaja tidak fokus. Hehehe....
Comments
0 Comments

0 Response to "Bahaya Jika Tidak Sinkron Dapodik, Jangan Pandang Sebelah Mata"

Poskan Komentar