Kunci Cepat Menghafal Sandi Morse Untuk Anak Pramuka

Kunci Cepat Menghafal Sandi Morse Untuk Anak Pramuka | Sandi berasal dari bahasa sanskerta yang berarti rahasia. Jadi kata sandi adalah tulisan-tulisan yang dirahasiakan. Dalam kepanduan pramuka sandi bukan kata asing lagi, setiap pramuka harus menguasai beberapa sandi, diantaranya sandi rumput, sandi morse, sandi smaphore, sandi angka, sandi kotak, sandi koordinat, sandi kurung dan masih banyak lagi sandi-sandi pramuka lainnya.

Sandi morse merupakan materi kepanduan yang wajib diketahui oleh para anggota pramuka bahkan mulai dari tingkat siaga. Nah kebetulan nih, sebentar lagi gerakan pramuka akan menyelenggarakan pesta siaga yang dikuti oleh semua pangkalan.

Kunci cepat menghafal sandi morse ini dirasa sangat penting untuk diketahui, baik oleh peserta maupun pembina dan pendamping. Tentunya agar para ananda siaga bisa dengan cepat menguasai sandi morse. Untuk menguasai sandi morse dengan cepat, silakan anda amati gambar di bawah ini dan baca cara penggunannya dengan seksama.





Petunjuk Penggunaan :
Gambar di atas terbagi menjadi dua bagian, kanan, dan kiri.
Cara membacanya dari atas ke bawah.
Blok putih menunjukkan kode titik ( . ) dan blok hitam kode strip ( - ).

Contoh sebelah kiri: Jika isyarat menunjukan satu kali putih sama dengan satu kali titik artinya huruf E.

Contoh lain : ( dibaca dari atas, ya ) putih-putih-putih-putih artinya 4 titik (….) Berarti huruf H.

Contoh lagi : hitam-hitam-putih artinya 2 strip 1 titik ( - – . ) berarti huruf G

Ingat blok sebelah kiri selalu diawali dengan blok Titik ( Putih ) dan blok kanan selalu diawali dengan blok strip (Hitam).


Nah itulah cara cepat menghafal sandi morse untuk anak pramuka yang bisa diterapkan dalam setiap latihan di masing-masing gudep. Selamat mencoba, dan silakan share kepada siapa saja yang membutuhkan materi ini.
Comments
0 Comments

0 Response to "Kunci Cepat Menghafal Sandi Morse Untuk Anak Pramuka"

Posting Komentar