Rabu, Januari 18, 2017

Penting!!! Kesempatan Memperbaiki Data Calon Peserta UN Sampai 31 Januari 2017

Penting!!! Kesempatan Memperbaiki Data Calon Peserta UN Sampai 31 Januari 2017 | Karena ada permintaan dari Puspendik dan PDSP-K untuk menyiapkan dan memvalidasi data Calon Peserta UN Tahun 2017 yang secara teknis data tersebut bersumber dari Dapodikdasmen dan sampai saat ini masih banyak data calon peserta UN yang belum valid, maka harus dilakukan perbaikan melalui Aplikasi Dapodik Versi 2016 C.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka server Dapodikdasmen tetap dibuka dan sekolah dapat melakukan sinkronisasi melalui Aplikasi Dapodik versi 2016 C sampai dengan tanggal 31 Januari 2017 Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan bagi sekolah yang data Calon Peserta UN nya belum valid, untuk segera melakukan perbaikan data dan selanjutnya disinkronisasi. Untuk itu dihimbau sekolah untuk segera melakukan pengecekkan data khususnya data siswa kelas 6, 9 dan 12 pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.

Bagaiman Cara Memperbaiki Data Siswa Pada Dapodik?

Setelah membaca berita di situs dapodikdasmen terkait perpanjangan waktu sinkronisasi dapodik 2016c untuk memperbaiki data siswa (calon peserta UN 2017), baca sumber berita klik di sini. Mungkin sebagian operator dapodik bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki datas siswa pada aplikasi dapodik 2016c. Padahal kita tahu bahwa Nama dan tanggal lahir siswa pada aplikasi dapodik 2016c masih dikunci. Artinya, operator sekolah tidak bisa melakukan perbaikan data dengan menggunakan aplikasi dapodik 2016c.

Karena data siswa (nama dan tanggal lahir) pada dapodik 2016c dikunci bukan berarti terus kita berhenti bekerja. Kita tahu bahwa untuk memperbaiki Nama dan Tanggal Lahir siswa bisa dan biasa dilakukan via VerVal PD. Untuk itu, bagi operator sekolah yang data siswa khususnya calon peserta UN 2017 masih ada kesalahan pada nama dan tanggal lahir silakan perbaiki dengan menggunakan VerVal PD. Sebelumnya anda siapkan scan Akte Kelahiran atau Surar Keterangan Lahir.


Lalu bagaimana cara memperbaiki nama orang tua (Ayah) yang masih salah? Kan di VerVal PD tidak ada fitur untuk mengubah nama orang tua siswa. 

Nah, kalau untuk mengubah nama orang tua siswa silakan pakai aplikasi Dapodik 2016c. Nama orang tua siswa (ayah) pada aplikasi dapodik 2016c tidak dikunci, jadi bisa diubah secara bebas.

Jadi, untuk mengubah data siswa calon peserta UN 2017 harus menggunakan VerVal PD dan aplikasi dapodik 2016c. Jangan lupa, setelah melakukan perubahan pada aplikasi dapodik 2016c harus melakukan sinkronisasi. 

INGAT!!! Sinkronisasi data ditunggu sampai dengan tanggal 31 Januari 2017. Mungkin setelah tanggal tersebut maka akan keluar aplikasi dapodik semester II 2016/2017. Adapun perubahan-perubahan apa saja yang akan terjadi pada aplikasi dapodik semester II belum bisa diketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top