Cara Terbaik Ngecas HP Android Agar Baterai Tidak Cepat Rusak

Cara Terbaik Ngecas HP Android Agar Baterai Tidak Cepat Rusak | Baterai android, ya lagi-lagi baterai android. Kita tahu bahwa semua smartphone titik lemahnya adalah pada baterai yang boros atau cepat habis atau cepat ngedrop. Hal ini wajar, karena smartphone memiliki banyak aplikasi yang terkadang berjalan tanpa sepengatahuan pengguna. Maka, jika ingin baterai android anda awet pastikan tidak banyak aplikasi yang berjalan.

Untuk memastikan tidak banyak aplikasi yang berjalan silakan anda masuk ke pengaturan kemudian tap pada Kelola Apliksi, di situ bisa dapat dilihat berapa banyak aplikasi yang sedang berjalan. Dari sederet aplikasi tersebut ada aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan lagi, silakan matikan. Semakin sedikit aplikasi yang berjalan maka akan semakin menghemat baterai anda.

Kembali ke cara ngecas HP android agar baterai awet dan tidak cepat rusak. Kalau masalah awet dan tidaknya baterai tergantung pada pengelolaan penggunaan android itu sendiri. Kalau memang anda menggunakan android non stop dan banyak aplikasi yang dijalankan, maka tips apapun yang diterapkan tidak akan mampu untuk menghambat pemborosan baterai. Meskipun mungkin anda menggunakan aplikasi penghemat baterai paling canggih sekalipun, itu tidak akan berpengaruh. Jadi, kalau mau awet ya gunakan android anda sehemat mungkin.

Lalu bagaimana cara agar baterai android tidak cepat rusak?
Seperti kita ketahui bahwa baterai ponsel juga rentan terhadap kerusakan, mulai dari baterai cepat ngedrop, sulit di cas atau dicas tidak mau ngisi. Kerusakan baterai android atau baterai HP apapun disebabkan oleh perlakuan pengguanya sendiri. Misal  cara melakukan pengisian daya atau cara ngecas yang tidak benar.
Cara Terbaik Ngecas HP Android Agar Baterai Tidak Cepat Rusak

Cara Ngecas HP Android Yang Benar

1. Jangan Ngecas Baterai Nunggu Habis

Jangan  membiaskan diri membiarkan HP android mati kehabisan daya. Upayakan, daya atau baterai masih tersisa 10% kemudian lakukan pengisan daya atau dicas. Selain bisa mempercepat pengisan daya, tips ini juga bisa memperpanjang umru baterai android anda.

2. Matikan Baterai Saat Dicas atau Gunakan Mode Pesawat

Mematikan baterai saat melakukan  charging atau sedang dicas adalah cara terbaik melakukan pengisian daya baterai. Kita tahu ketiak android hidup maka akan ada aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Aplikasi-aplikasi tersebut akan memakan daya baterai, jadi proses pengisan baterai akan semakin lama dan ini akan membuat baterai cepat panas. Kalau baterai terlalu lama dicas dan terlalu panas maka akan merusak elemen-elemen di dalamnya.

Kalau seumpamanya tidak ingin mematikan ponsel, silakan anda gunakan mode pesawat. Dengan menggunakan mode pesawat maka semua jaringan komunikasi baik seluler maupun komunikasi nirkabel lainnya seperti wifi, infre red akan dimatikan. Dengan demikian ponsel akan benar-benar rehat dari aktitivitas pencarian sinyal dan lainnya. Dengan cara ini, maka pengisan daya baterai akan lebih cepat.

3. Gunakan Charger Original

Penggunaan charger abal-abal tidak direkomendasikan. Sebuah ponsel memiliki kebutuhan daya yang berbeda dengan ponsel lainnya. Jadi, kalau asupan daya yang dibutuhkan tidak sesuai dengan input yang diterima akan merusak baterai ponsel tersebut. 

4. Colokkan Harus Kencang

Perlu diperhhatikan saat melkukan pengisian dataya bateari android atau sedang ngecas. Colokkan ke listrik maupun colokkan charger ke HP harus benar-benar kencang. Jika longgar maka akan terjadi gesekan-gesakan yang mengakibatkan panas pada charger maupun pada baterai android. Panas yang berlebih dari charger akan merusak pada baterai. Misal, baterai menjedi menggelembung, cepat ngedrop bahkan pada kasus tertentu bisa terjadi ledakan.

5. Jangan Ngecas HP Terlalu Lama

Jangan beranggapan semakin lama ngecas maka semakin banyak daya yang tersimpan dan semakin awet baterai. Setap baterai ponsel sudah memiliki daya tampung sendiri-sendiri. Jadi, kalau sudah mencapai batas maksimal pengisan daya baterai, meskipun dicas terus menerus tidak akan ada artinya. Justru, hal ini akan membuat baterai cepat rusak karena baterai menjadi panas.

Demikain cara terbaik ngecas HP android agar baterai tidak cepat rusak, tips ini sangat mudah tapi kenyatannya tidak semua orang menerapkannya. Pengguna android cenderung menyepelekan hal-hal kecil yang terkdang dari hal kecil tersebut bisa berakibat pada hal yang lebih besar. Jadi, perhatikan dan rawatlah bateari HP android anda dengan benar.
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Terbaik Ngecas HP Android Agar Baterai Tidak Cepat Rusak"

Posting Komentar