Cara Cek Data PTK Semester II 2016/2017, Ayo Cek Sebelum Terlambat

Cara Cek Data PTK Semester II 2016/2017, Ayo Cek Sebelum Terlambat | Untuk teman-teman operator sekolah, ayo jangan bosan-bosan untuk mengecek kevalidan data PTK sekolah anda di web info guru dapodik. Pasalnya, kalau sampai data PTK tidak valid maka akan menghambat proses pencairan berbagai tunjangan, terutama tunjangan sertifikasi.

Bagi operator sekolah yang masih memiliki data PTK yang belum valid masih ada kesempatan untuk memperbaikinya. Setelah sebelumnya dapodik menargetkan tanggal 1 Maret 2017 pendataan akan ditutup, kini pendataan dapodik diperpanjang hingga 15 Maret 2017. Nah, ini adala kesemaptan emas bagi para operator sekolah yang masih memiliki data yang belum valid.

Untuk cek data PTK masih menggunakan alamat yang sama dengan periode-periode sebelumnya, namun ada perubahan antar muka atau tampilan dari web info PTK ini. Bagaimana selengkapnya, silakan baca sampai tuntas.

Cara Cek Data PTK Semester II 2016/2017 Terbaru

Silakan buka alamat http://223.27.144.195:8085

Nah itu adalah tampilan dari Info PTK semester II 2016/2017, kalau dulu haya ada form untuk login (yang sebelah kanan) sekarang ada fitur pencarian data berdasarkan Povinsi, Kabupaten dan Jenjang Sekolah. Hasil pencarian tersebut akan menampilkan semua PTK yang ada dalam satuan pendidikan yang bersangkutan. Untuk melihat detail dari PTK silakan klik, maka pada kolom keterangan Validasi akan muncul keterangan data apa saja yang belum valid.

Namun, data ini sepertinya masih belum bisa dijadikan patokan. Saya sarankan tetap cek satu persatu seperti biasanya, yaitu dengan cara login menggunakan NUPTK, pasword tanggal lahir dan captcha.

Lihat gambar di bawah ini
 
Untuk login silakan gunakan NUPT/NRG (bagi guru bersertifikasi)/ NIK untuk guru yang belum memiliki NUPTK, pasword isi dengan tahun bulan dan tanggal lahir, contoh 19700318, kemudian isikan kode captcha pada kolom yang tersedia dan klik Login.

Jika username, pasword dan kode captcha benar maka anda akan berhasil login dengan ditandai keluar info PTK yang dimaksud. Contoh seperti dibawah ini.

Nah silakan amati data yang tampil apakah sudah sesuai/ valid atau belum. Jika masih ada data yang salah silakan segera perbaiki. Kalau untuk data PTK lama paling yang harus diperhatikan adalah pada jam mengajar. Karena setiap semester, data jam mengajar ini selalu diperbarui (input ulang) jadi bisa saja ada kesalahan input. Kalau data-data lainnya saya kira tidak bermasalah asal pada periode sebelumnya tidak bermasalah.

Demikian cara cek data PTK semester II 2016/2017, silakan cek segera data PTK di sekolah anda masing-masing. Guru juga bisa mengeceknya sendiri dengan memperhatikan cara-cara di atas, jadi untuk melakukan cek data jangan hanya diserahkan kepada operator sekolah saja, guru juga bisa melakukan cek sendiri sehingga kalau ada kesalahan bisa saling mengingatkan.
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Cek Data PTK Semester II 2016/2017, Ayo Cek Sebelum Terlambat"

Posting Komentar