Kamis, Juni 15, 2017

Aplikasi Ijazah, Pengumuman Kelulusan dan SKHU Sementera, Super Lengkap

Aplikasi Ijazah, Pengumuman Kelulusan dan SKHU Sementera, Super Lengkap | Aplikasi ijazah ini adalah lanjutan dari aplikasi SKHU sementara yang sebelumnya sudah saya share. Setelah share aplikasi tersebut, saya merenungkan bagaimana kalau melengkapinya dengna aplikasi ijazah dan pengumunan kelulusan.

Setelah otak-atik sebentar, akhirnya aplikasi SKHU sementara sudah lengkap dengan aplikasi ijazah dan pengumuman kelulusan sekligus.

Harapan dari dibuatnya aplikasi ini, bisa membantu memudahkan operator sekolah yang diberi tugas untuk membuat SKHU sementara, contoh ijazah atau mungkin mencetak ijazah, dan mencetak pengumuman kelulusan.

Mohon untuk diperhatikan, aplikasi ini menggunakan bantuan AddIn Excel terbilang, untuk itu silakan anda baca artikel saya fungsi add in terbilang dan cara menginstalnya , selain itu pada aplikasi yang sudah saya upload ada sedikit kekurangan pada rumus rata sehingga pada hasil terbilangnya akan menunjukkan angka milyaran di belakang koma, silakan anda tambahkan fungsi ROUND pada rumus rata-rata tersebut. Contoh pada form SKHU rumusnya tertulis =E25/3, silakan anda ganti dengan =ROUND(E25/3;2), dengan rumus ini maka hasilnya akan otomatis mengambil rata-rata dengan dua angka di belakang koma.

Baca Juga


Format ijazah yang saya share ini sudah sesuai dengan juklak penulisan ijazah tahun pelajaran 2016/2017. Lihat Screen shootnya berikut ini.

aplikasi ijazah tanun 2016/2017

Gambar yang menggunakan frame adalah ijazah bagian depan yang berisi data siswa yang terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, nama orang tua, nis, nisn, dan nomor peserta ujian. Sedangkan halaman kedua adalah bagian belakang ijazah yang memuat nilai raport dan nilai ujian sekolah dari semua mapel.

Nilai-nilai tersebut diambil secara otomatis dari nilai format nilai raport yang ada pada setiap seheet mapel. Jadi, anda hanya tinggal mengisi nilai raport dan nilai US pada sheet mapel, kemudian anda ubah nama sekolah pada format ijazah. Sedangkan untuk mencetak persiswa, silakan anda ubah angka yang ada pada T1, sesuaikan dengan urutan siswa yang ada di sekolah anda.

Kemudian, untuk pengumuman kelulusan juga sudah dibuat secara otomatis menggunakan fungsi VLOOKUP. Berikut screen shootnya.

aplikasi pengumunan kelulusan

Format pengumuman kelulusan sengaja saya buat kecil, yaitu satu halaman memuat F4 21 x 33 memuat dua pengumuman kelulusan. Dengan cara ini, akan menhemat kertas dan tinta. Nah, nanti setelah selesai dicetak tinggal dipotong deh. Hehehe....

Tapi, kalau anda merasa ini terlalu kecil, dan anda ingin memuat satu pengalaman untuk satu anak. Silakan anda ubah saja ukuran kertas, ubah orientasi pencetakan dan ubah juga scala pencetakan. Untuk mencetak, silakan anda ubah angka yang ada pada cell O1.

Nah, bagaimana?
Anda berminat untuk menggunakan aplikasi ini? Silakan anda unduh. Tengang aja, anda tidak akan diminta membayar ataupun harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Semua ini saya share secara cuma-cuma untuk anda. Semoga bermanfaat. Unduh Di Sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top