Penting!!! Cara Cek Nilai Raport Yang Sudah Dikirim Via Dapodik

Penting!!! Cara Cek Nilai Raport Yang Sudah Dikirim Via Dapodik | Cek, cek, cek ayo dicek. Apakah nilai raport yang diinput dan dikirim dengan menggunakan aplikasi dapodik sudah terkirim atau belum ke server pusat. Masalahnya, ada beberapa pendapat tentang cara pengerjaan nilai raport pada aplikasi dapodik. Pendapat yang sedikit membuat khawatir para operator sekolah adalah, jika nilai diinput dengan menggunakan akun operator sekolah (bukan akun GTK) maka nilai yang diinput tidak akan terverifikasi, tidak akan diakui yang artinya tidak akan terkirim ke server pusat.

Kebetulan, saya juga adalah salah satu operator sekolah yang mengerjakan penginputan data nilai raport semua guru dengan login operator sekolah. Jadi, GTK tidak login ke dapodik dan mengerjakan sendiri-sendiri. Hal, ini bukan berarti guru tidak mau bekerja. Mereka sudah bekerja dengan menginput nilai raport pada format excel yang diunduh dari menu Export Import nilai raprort dapodik. Jadi, saya sebagai operator sekolah hanya tinggal melakukan import data saja dan itu dilakukan semua pada akun operator sekolah bukan akun GTK.

Baca Juga : Agar Bisa Input Nilai Raport Wajib Instal Dapodik 2017c

Nah, dengan adanya pendapat bahwa jika input nilai raport dilakukan via akun OPS tidak akan terkirim ke database pusat, sempat membuat saya mengernyitkan dahi juga. Hehehe...

Jadi, untuk memastikan apakah nilai yang sudah saya input tersebut masuk atau tidak, maka saya melakukan pengecekan pada databse pusat. Bagaimana caranya? Bagi anda yang merasa penasaran seperti saya, silakan ikuti langkah-langkah cara cek nilai raport yang sudah dikirim via dapodik berikut ini.

Panduan Cek Nilai Raport Dapodik Online

Baca Juga : Cara Cepat Input Nilai Raport Pada Dapodik 2017c
  1. Silakan anda buka alamat ini http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops pada browser anda
  2. Silakan login dengan menggunakan username dan pasword dapodik anda
  3. Kemudian pada halaman seperti nampak di atas, silakan anda klik pada menu SISWA AKTIF, pada daftar siswa yang muncul pada tombol bulat warna hijau pada salatu satu siswa (yang diberi kotak merah sebelah kanan). Ingat, klik salah satu karena hanya bisa dilihat persiswa (bukan perkelas). Silakan anda scroll atau gulung halaman ke bawah, sehingga akan jika, nilai sudah terkirim maka akan muncul daftar mata pelajaran lengkap dengan nilai dari siswa bersangkutan seperti tampak pada gambar di bawah ini.
Nah, jika sudah muncul seperti itu, artinya nilai raport sudah berhasil terkirim ke database server dapodik pusat. Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi kalau nilai raport tidak terkirim.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Input Nilai Raport Pada Dapodik 2017

Demikian penjelasan singkat cara cek nilai raport yang sudah dikirim via dapodik semoga bisa membantu para OPS ataupun guru yang melakukan input nilai raport di dapodik untuk memastikan bahwa nilai raport terkirim dengan benar. Bagi OPS muslim yang menjalankan ibadah puasa saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan tetap bersemangat dan ikhlas dalam bekerja. Semoga barokah. Amiin.

Comments
0 Comments

0 Response to "Penting!!! Cara Cek Nilai Raport Yang Sudah Dikirim Via Dapodik"

Posting Komentar