Rabu, September 20, 2017

Contoh RKAS SD Sesuai Permendikbud No. 26 Tahun 2017

Contoh RKAS SD Sesuai Permendikbud No. 26 Tahun 2017 - RKAS atau Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah adalah uraian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekolah pada tahun pelajaran yang sedang atau akan berlangsung. RKAS harus mencerminkan kebutuhan prioritas dari sekolah dengan mengacu pada peraturan yang berlaku, dalam hal ini juknis pengelolaan BOS terbaru.

Seperti kita tahu, bahwa kemdikbud sudah mengedarkan juknis BOS terbaru yang tertuang dalam permendikbud No. 26 Tahun 2017 tentang Penyempurnaan Permendikbud No. 8 Tahun 2017 Tentang Juknis BOS.

Perubahan mendasar dari juknis bos terbaru ini adalah membuang dua komponen belanja, yang tadinya ada 13 komponen belanjar berubah menjadi 11 komponen belanja. Selain itu, dalam juknis BOS terbaru, honor untuk guru wiyata bhakti hanya diperuntukkan untuk :

  1. Guru dengan kualifikasi S1
  2. Bukan guru yang baru direkrut
  3. Untuk sekolah yang ada dalam pengelolaan pemda, maka guru wiyata bhakti tersebut harus memiliki surat penugasan dari pemda setempat.
Jadi jika guru wiyata bhakti pada sekolah negeri tidak memiliki surat penugasan dari pemerintah daerah, maka honor untuk guru tersebut tidak dianggarkan dari BOS. 

Nah, itu adalah perubahan mendasar dari juknis BOS terbaru. Sekarang lanjut ke pemahaman tentang RKAS. Berdasarkan pemahaman saya ketika mengerjakan pengelolaan BOS dengan menggunakan aplikasi alpeka dari kemdikbud, maka dapat saya fahami bahwa RKAS adalah sebagai berikut :

  1. RKAS dibuat berdasarkan tahun ajaran (bukan tahun anggaran)
  2. Dana yang digunakan pada tahun ajaran berlangsung adalah terdiri dari anggaran semester II tahun anggara berlangsung dan semester I tahun anggaran berikutnya
Contoh RKAS dibuat pada tahun ajaran 2017/2018, maka anggaran yang digunakan pada tahun ini adalah :
  1. Semester I tahunn ajaran 2017/2018 (Juli - Desember 2017) menggunakan anggaran semester II tahun anggaran 2017
  2. Semeter II tahun ajaran 2017/2018 (Januari - Juni 2018) menggunakan anggaran semseter I tahun anggaran 2018
Itu yang saya dapat pahami dari hasil mengerjakan RKAS menggunakan aplikasi ALPKE, silakan anda download aplikasi ALPEKA DI SINI.

Contoh RKAS Tahun Ajaran 2017/2018

Di sini saya share 2 model RKAS, yang satu asli dari hasil mengerjakan menggunakan aplikasi ALPEKA, yang kedua hasil dari aplikasi ALPEKA sudah saya edit disesuaikan dengan format RKAS yang diminta dari kantor dinas pendidikan.

  1. Format BOS 03, Downlad Di Sini
  2. Format BOS K1, Download Di Sini
  3. Frmat BOS K2 RKAS Hasil Mengerjakan Dengan aplikasi ALPEKA, Download Di sini
  4. Frmat BOS K2 RKAS yang telah disesuaikan dengan format kantor dinas pendidikan, Download Di Sini

Kelengkapan RKAS Tahun Ajaran 2017/2018

Dalam penyusunan RKAS, sebaiknya di lengkap dengan kata pengantar, latar belakang, pengesahan dan penutup yang dibagi ke dalam bab-bab. Nah, berikut adalah kelengkapan RKAS yang terdiri dari :
  1. Cover
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. Pengesahan
  5. Data Sekolah (profil)
  6. Penutup
Download Kelengkapan RKAS Di Sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top