Jumat, Maret 09, 2018

Cara Cetak Surat Pernyataan Tanggung Jawaban Daftar Hadir Guru Online

Cara Cetak Surat Pernyataan Tanggung Jawaban Daftar Hadir Guru Online - Halo sahabat operator sekolah di seluruh Indonesia, masih membicarakan tentang daftar hadir online nih. Sepertinya daftar hadir online saat ini menjadi hal yang sangat urgen, karena daftar hadir online ini nantinya akan di download oleh operator tunjangan dan operator sistem pembayaran dinas kabupaten.

Mengingat pentingnya daftar hadir guru online ini, maka sangat wajib bagi para operator sekolah untuk mengetahui seluk beluk daftar hadir online secara mendalam. Tugas pengisan daftar hadir online sebenarnya adalah wewenang dari kepala sekolah, tapi dalam hal ini kepala sekolah bisa mempercayakan operator sekolah dalam mengisi daftar hadir. Maka, untuk mengisi daftar hadir online masih bisa menggunakan akun operator sekolah atau akun dapodik.

Namun, jangan berpikir bahwa setelah operator sekolah mengisi daftar hadir kemudian pekerjaan selesai. Ternyata, daftar hadir online yang sudah diisi oleh opertor sekolah harus disahkan oleh kepala sekolah. Pengesahan daftar hadir oleh kepala sekolah ditandai dengan diterbitkannya Surat Pernyataan Tanggung  Jawaban Mutlak (SPTJM) Kepala Sekolah. Hasil absensi yang sudah diterbitkan SPTJM (Surat Pernyatan Tanggung Jawab Mutlak) dapat di cetak dan di download oleh operator tunjangan dan operator simbar (Sistem Pembayaran) yang berada di Dinas Pendidikan pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi

Nah bagaimana cara mencetak surat pernyataan tanggung jawab mutlak daftar hadir online ini? Untuk bisa mencetak SPTJM daftar hadir online harus login daftar hadir online menggunakan akun kepala sekolah.

Hmmm akun kepala sekolah yang mana nih? Jangan bingung, yang dimaksud adalah akun dapodik kepala sekolah.

Eit, kepala sekolah punya akun dapodik juga? Ya iya lah, semua GTK dan PTK yang terdaftar di dapodik maka memiliki akun dapodik. Kalau belum punya silakan login dapodik, kemudian klik GTK yang memangku jabatan kepala sekolah. Kemudian klik Penugasan, kemudian klik Buat/ Ubah Akun PTK, jika kepala profil kepala sekolah sudah memiliki email, maka anda tinggal memasukkan Pasword, kemudian ulangan pasword dan Simpan. Setelah selesai, silakan anda sinkronisasi ulang dapodik anda.

Baca Juga : Cara Mengisi Daftar Hadir Online

Oke kita lanjut, anggap saja sekarang sudah memiliki akun kepala sekolah. Silakan buka situs daftar hadir online. Ada banyak link alternatif yang bisa anda gunakan, silakan klik di sini. Setelah masuk ke halaman web, silakan klik Login Sekolah. Isi NPSN dengan NPSN sekolah anda, isi username dengan email kepala sekolah yang ada pada akun dapodik, pasword juga sama dengan pasword yang ada diakun dapodik, masukkan kode captcha dan klik Login.

Setelah berhasil login dan klik kehadiran, maka anda akan melihat tombol Kunci dan Buat SPTJM seperti pada gambar di bawah ini.


Silakan andan klik Kunci dan Buat SPTJM, kemudian gulung kebawah sampai menemukan tulisan pilihan untuk ceklis Saya Setuju dan Kunci Daftar Hadir seperti pada gambar di bawah ini.


Silakan anda centang pada Saya Setujug dan Kunci dafatr hadir, kemudian klik Kunci Daftar Hadir. Nah sekarang anda sudah membuat SPTJM daftar hadir online, langkah selanjutnya adalah mencetaknya. Namun sebelum itu anda harus klik Simpan Dulu, sekarang silakan langsung klik Cetak PDF.


Dengan klik Cetak PDF, maka anda akan mendownload file PDF yang berisi surat pernyataan kepala sekolah. Jikan tidak berhasil mendownload, silakan refres dulu. Kalau berhasil mendownload, silakan cetak pada printer dan berikan kepada kepala sekolah untuk ditanda tangani.

Demikian ulasan saya tentang cara cetak surat pernyataan tanggung jawab daftar hadir guru online, semoga bisa membantu pada operator sekolah yang masih bingung dengan pekerjaan ini. Jika, dirasa artikel ini sudah anda fahami atau sudah tidak membutuhkannya silakan lanjut dengan membaca artikel lainnya di blog ini. Hehehe....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top