Kamis, Agustus 02, 2018

KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1,2,3,4,5,6 Terbaru Edisi Revisi 2018

KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1,2,3,4,5,6 Terbaru Edisi Revisi 2018 - KKM adalah Kriteria Ketuntasan Minimal, yaitu nilai standar sebagai syarat ketuntasan belajar. Untuk bisa tuntas dalam belajar naik kelas/ lulus maka setiap peserta didik wajib mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Untuk itu setiap sekolah wajib memiliki KKM yang telah dirumuskan secara sistematis dari setiap mata pelajaran dan setiap kelas yang ada.

Cara menentukan KKM kurikulum 2013 harus melibatkan semua guru kelas dan guru mapel yang ada. Karena KKM satuan pendidikan/ KKM sekolah ditenukan berdasarkan KKM terendah dari semua mapel dan semua kelas. Maka tahapan pertama untuk menentukan KKM sekolah adalah dengan mengumpulkan KKM dari semua kelas, kemudian diambil KKM terendah.

Baca Juga : Download POS Ujian SD Tahun 2019

Selanjutnya, berdasarkan KKM terendah ini sekolah kemudian membua rentang nilai untuk menentukan katogeri. Adapun rumus untuk membaut rentang kategori adalah 100 dikurangi kkm terendah dibagi 3.

KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6
KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6
(100 - KKM terendah)/3

Misal, KKM terendah adalah 55 maka rentang kategorinya adalah (100-55)/3 = 15 sehingga akan didapatkan rentang sebagai berikut :
85 = A = 100 = Sangat Baik
69 = B < 85 = Baik
55 = C < 69 = Cukup
D < 55 = Kurang

Cara menentukan KKM setiap mapel

Untuk mendapatkan KKM terendah dari setiap kelas, maka tugas guru kelas dan mapel adalah untuk menentukan KKM setiap mapel yang diampunya. Cara menentukan KKM dari setiap mapel lebih rumit dibanding dengan menentukan KKM sekolah. Guru kelas/ guru mapel harus menentukan KKM setiap KD dari setiap mapel dengan memperhatikan daya dukung, kompleksitas dan intake siswa.

Tentu hal ini bukan pekerjaan yang mudah, karena guru harus menyusun setiap KD dari setiap mapel dan memberikan nilai pada setiap KD tersebut dengan memperhatikan daya dukung, kompleksitas dan intake siswa. Mungkin kalau hanya tinggal menentukan nilai mudah aja ya karena tinggal input nilai suka-suka. Hehehe....

Baca Juga : Soal Test CPNS 2018 Lengkap

Tapi untuk menyusun semua KD dari semua mapel tentu membutuhkan kesabaran tinggi. Apalagi bagi guru yang belum begitu mahir dalam mengoperasikan komputer atau laptop, ini akan menjadi pekerjaan yang melelahkan.

Download KKM Kurikulum 2013 Per Mapel dan Per KD

Hmm.... tenang aja, saya sudah siapkan sesuatu yang spesial untuk guru di seluruh Indonesia. Sebuah file excel yang tentunya sangat berharga. Tapi meskipun ini berharga, saya tidak akan meminta anda untuk membayar untuk mendapatkan file ini. Silakan anda downlaoad secara cuma-cuma alias gratis.

Inilah file KKM kurikulum 2013 SD kelas 1,2,3,4,5 dan 6 yang sudah dilengkapi dengan rumus, sehingga sangat memudahkan anda dalam menentukan KKM. Anda tinggal masukkan aja nilai pada setiap KD berdasarkan kolom daya dukung, kompleksitas dan intake siswa. Setelah semua kolom terisi dengan nilai, maka KKM dari mapel akan secara otomatis tercipta.


Nah itulah KKM kurikulum 2013 SD kelas 1,2,3,4,5 dan 6 edisi terbaru yang saya share untuk membantu kerja para guru di seluruh Indonesia agar tenaga, pikiran dan waktunya tidak habis untuk menentukan KKM. Anda bisa menentukan KKM dengan cepat dan kembali fokus mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top