Sabtu, September 15, 2018

Masalah Login Akun Oerator Sekolah dan Solusinya

Masalah Login Akun Oerator Sekolah dan Solusinya - Akun operator sekolah sangat penting dalam mendukung kerja seorang operator sekolah. Dari akun operator sekolah ini, nantinya seorang operator sekolah bisa masuk atau login ke VerVal PD, VerVal PTK, dan VerVal SP. Karena itu maka penting bagi seorang operator sekolah untuk menjaga kerahasiaan akun miliknya dan menjaga agar akun tersebut tetap aktif.

Selain menjaga kerahasiaan dan tetap aktif, seorang OPS juga wajib untuk terus mengupdate SK Operator pada akun miliknya. Jika hal ini tidak dilakukan, bisa saja akun tersebut kemudian dinonaktifkan. Nah jika sudah dinonaktifkan maka anda tidak bisa lagi login di VerVal PD, VerVal PTK dan VerVal SP. Lalu jika sudah terlanjur dinonaktifkan bagaimana?

Oke, di sini akan membahas secara singkat padat dan jelas seputar akun operator sekolah. Saya buat dalam format tanya jawab agar bisa relevan dengan masalah yang dihadapi para operator sekolah.

1. Bagaimana Jika Tidak Bisa Login VerVal dan Tidak Bisa Login Akun OPS?
Jika sebelumnya bisa login kemudian tidak bisa login ada kemungkinan akun operator sekolah anda dinonatifkan. Sebab dinonaktifkannya akun anda bisa dikarenakan anda sudah lama tidak mengupdate SK operator sekolah pada akun anda.

Untuk memastikan apakah akun anda masih aktif atau tidak silakan di cek pada link :
http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/sekolah
Kemudian cari sekolah anda, dan lihat apakah ada operator sekolahnya atatu tidak.
Lihat pada yang saya beri tanda kotak merah, di situ saya beri lingkaran merah dan angkanya 0. Ini menandakan bahwa sekolah tersebut tidak memiliki operator sekolah. Jika demikian maka anda tidak bisa login di akun operator sekolah. Lalu bagaimana solusinya. Solusinya adalah dengan registrasi ulang.

2. Bagaimana cara registrasi akun operator sekolah?
Untuk login operator sekolah silakan anda bukan link :
http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru
Isi data dengan lengkap dan pastikan anda sudah menyiapkan SK operator sekolah dari kepala sekolah yang sudah discane ke format PDF. SK Wajib anda miliki sebagai syarat registrasi akun operator sekolah. Jika sudah lengkap silakan anda klik Registrasi.

Selanutnya sistem akan mengirim konfirmasi registrasi ke email anda, silakan buka email dan klik link konfirmasi tersebut. Selanjutnya silakan coba untuk login.

3. Apa yang harus dilakukan operator sekolah baru?
Bagi operator sekolah yang benar-benar baru, mungkin sekolah baru atau operator sekolah baru dan sebelumnya sekolah belum memiliki akun operaor sekolah, atau akun operator sekolahnya sudah dinonaktifkan, silakan untuk melakukan registrasi. Jika akun operator sekolah sebelumnya masih aktif, silakan untuk mengubah data operator sekolah pada akun SDM.Data kemdikbud.

4. Bagaimana Cara Merubah Data Operator Sekolah?
Ini berlaku untuk operator sekolah baru yang meneruskan akun operator sekolah sebelumnya. Untuk bisa mengubah data operator sekolah lama dengan data operator sekolah baru silakan login di :
http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
Menggunakan username dan pasword yang sudah ada. Setelah berhasil login kemudian anda klik pada tulisan Akun yang diikut email username anda. Kemudian klik Profil (lihat gambar di bawah ini).


selanjutnya anda akan melihat info detail dari operator sekolah lama, contoh seperti dib awah ini


Selanjutnya silakan dan klik Update Profile, kemudian ganti datanya dengan data anda. Kemudian klik Update.

5. Bagaimana Cara Udate SK Operator Sekolah?
Nah ini penting bagi para operator sekolah. Jangan sampai lupa untuk mengupdate SK Operator sekolah. Jika lupa update bisa-bisa akun operator sekolah anda dinonaktifkan. Nah, untuk menghindari hal tersebut silakan update SK operator sekolah anda secara rutin pertahun.

Cara Update SK Operator sekolah sangat mudah, lihat gambar di atas. Pada halaman profil milik anda silakan klik Update Surat Tugas. Kemudian upload SK operator sekolah milik anda yang sebelumnya sudah discane dan disimpan dalam format PDF.

Demikian ulasan singkat masalah login akun operator sekolah dan solusinya, semoga bisa membantu teman-teman operator sekolah yang masih bingung dan hal tersebut di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top