Senin, Januari 27, 2020

Cara Mengatasi Masalah Instal Dapodik VCRUNTIME140.dll Tidak Ditemukan

Cara Mengatasi Masalah Instal Dapodik VCRUNTIME140.dll Tidak Ditemukan - Masalah dapodik dan cara mengatasinya, cara memperbaiki aplikasi dapodik yang tidak bisa dibuka. Inilah bahasa kita kali ini. Sudah cukup lama nih saya absen dari membahas masalah dapodik.

Postingan tentang cara mengatasi masalah dapodik ini terinspirasi dari beberapa teman yang gagal menginstal aplikasi dapodik dengan muncul keterangan VCRUNTIME140.dll tidak ditemukan. Tentu, bagian sebagian operator sekolah ini membingungkan, termasuk saya pada awalnya juga bingung. Tapi rasa penasaran mengantarkan saya pada sebuah solusi yang mungkin bisa juga digunakan oleh teman-temen operator sekolah ketika menemukan masalah ini.

Pada awalnya, saya mengira bahwa masalah ini hanya terjadi pada windows 7, karena kebetulan pada saat saya menginstal aplikasi dapodik pada windows 7 mengalami masalah VCRUNTIME140.dll tidak ditemukan, tapi baru kemarin tanggal 26 Februari 2020 ternyata di windows 10 juga mengalami hal yang sama. Tapi tentunya tidak semua windows 10.

Ketika pada saat proses instalasi, ada peringatan bahwa VCRUNTIME140.dll tidak ditemukan, sudah dapat dipastikan bahwa aplikasi dapodik tidak akan bisa dibuka. Setelah melakukan pengecekan di Service windows, ternyata DapodikWebSrv tidak aktif. Ketika mencoba melkukan start secara manual, juga gagal.

Sumber Masalah Dapodik

Seperti apa yang keluar dalam komentar pada saat instalasi dapodik, masalah utamanya adalah tidak ditemukannya file VCRUNTIME140.dll. Padahal, seharusnya file ini akan otmatis masuk ke folder System32 dan SysWow64 pada saat dapodik mengintal VC++. Namun mungkin karena ada malah tertentu file ini gagal tertanam pada folder tersebut.

Solusi Dari Masalah Dapodik VCRUNTIME140.dll

Ada beberapa solusi alternatif yang bisa teman-teman lakukan jika. Bisa dengan satu solusi bisa langsung teratasi, ada juga tidak bisa dan harus semua cara dicoba.

Cara Pertama, Instal Visual C++
Cara mengatasi masalah dapodik VCRUNTIME140.dll yang paling mudah dan paling awal harus dilakukan adalah dengan menginstal VC++ (Visual C++) tambahan. Meskipun installer dapodik sudah menyertakan Visual C++ versi 2012 x86, tapi terkadang ini tidak bisa diterima, sehingga operator harus menginstalnya secara mandiri. Silakan anda download aplikasinya langsung dari situs resminya, yaitu micorosoft. Silakan klik dis ini.

Silakan pilih yang versi 32 bit atau 64bit, sesuaikan dengan sistem windows milik anda. Kalau sistem windows anda 32 bit pilih yang x86, tapi kalau sistem windows 64 bit, silakan pilih yang x64.

Cara Kedua, Copy File VCRUNTIME140.dll Dari Windows Lain
Cara ini terbilang ampuh loh, tidak perlu instal visual C++ lagi, silakan anda minta bantuan teman ops lain yang sudah berhasil instal dapodik. Bukan folder C:/windows/system32 dan folder C:/windows/SysWow64, cari file VCRUNTIME140.dll, copy dan masukkan ke folder yang pada komputer atau lapotp anda. Selanjutnya, silakan instal ulang aplikasi dapodik anda. Insya Alloh langsung berjalan tanpa hambatan.

Cara Ketiga, Registrasi VCRUNTIME140.dll
Ada kemungkinan, VCRUNTIME140.dll tidak aktif karena memerlukan registrasi. Untuk meregistrasinya, cukup mudah. Silakan bukan Command Prompt (DOS) dengan cara tekan atau klik tombol Start, kemudian ketik CMD, pada Command Prompt yang muncul, klik kanan, kemudian klik Run As Administrator.



Langsung ketika regsvr32 /u VCRUNTIME140.dll kemudian tekan enter

Cara Keempat, Matikan Anti Firus Pada Saat Instal Dapodik
Ada kemungkinan, pada saat installer dapodik mencoba memasukkan file VCRUNTIME140.dll ke folder System32 dan SysWow64 gagal karena dicegah oleh anti virus, terutama windows defender. Saran saya, pada saat melakukan isntalasi dapodik silakan nonaktifkan dulu anti virus yang ada, baik anti virus bawaan windows (seperti windows defender) maupun anti virus tambahan.

Untuk mematikan windows defender, silakan anda klik atau tekan tombol start windows, ketik defender kemudian klik Windows Defender Firewall and Security.


Kemudian klik Turn Windows Defender Firewall on or of, kemudian klik turn of seperti gambar berikut.

Nah, kalau sudah begini silakan langsung instal ualang deh aplikasi dapodik anda.

Demikian cara mengatasi masalah instal dapodik  VCRUNTIME140.dll tidak ditemukan, semoga bisa menjadi jalan keluar dari keruwetan anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top