Tips Lulus Ujian Tulis Nasional (UTN) PLPG 2017

Tips Lulus Ujian Tulis Nasional (UTN) PLPG 2017 | Usaha pemerintah meningkatkan kompetensi guru terus dilakukan. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari PLPG, UKG sampai yang terakhir dan masih hangat adalah program guru pembelajar. PLPG, UKG dan guru pembelajar merupakan usaha pemerintah dalam meningkatkan kompetensi guru yang saling memiliki keterkaitan. PLPG sendiri merupakan pola yang diambil untuk mencetak guru profesional (guru bersertifikat) sedangkan UKG adalah ujian untuk menentukan apakah seorang guru layak menyandang guru profesional atau tidak. Kalau diambil kata singkat dan sederhananya, UKG adalah ujian setelah melaksanakan PLPG. Ups!!! Itu kalau tidak salah lho. hehehe.....

Lalu apa yang dimaksud dengan guru pembelajar. Program guru pembelajar merupakan program untuk meningkatkan kompetensi semua guru tanpa kecual, baik yang sudah bersertifikasi maupun belum wajib mengikuti guru pembelajar. Sama dengan PLPG, guru pembelajar juga diakhir dengan UKG.

Kembali ke tips lulus ujian tulis nasional (UTN) PLPG, ujian ini sangat penting bagi seorang guru yang sudah mengikuti PLPG. Karena melalui ujian inilah nantinya seorang guru akan mendapatkan sertifikati atau tidak. Nah, makanya sangat penting bagi guru mengtahui bagaimana caranya agar bisa lulus ujian tulis nasional atau UTN.


5 Tips Sukses UTN PLPG 2017

1. Fahami dan Perdalam Materi Seuai Dengan Kisi-Kisi UTN PLPG

Banyak guru pada saat mengerjakana UTN mengeluh bahwa soal sangat sulit. Hal ini terjadi karena guru kurang pesiapan dalam melaksanakan UTN. Untuk itu persiapkan diri anda sebelum melaksanakan UTN dengan mempedalam pemahaman anda tentang materi yang sesuai dengan kisi-kisi. Karena soal UTN dibuat berdasarkan kisi-kisi sehingga tidak akan jauh berbeda dengan kisi-kisi yang sudah disosialisasikan. Untuk kisi-kisi UTN 2017 juga sama dengan kisi-kisi UTN 2016.

2. Belajar Komputer

Salah satu kendala yang menyebabkan seorang guru gagal dalam UTN PLPG adalah karena tidak menguasai komputer. Padahal kita tahu bahwa UTN dilansakan secara online menggunakan komputer. Karena merasa tidak menguasai komputer, maka saat melaksanakan UTN seorang guru merasa minder, grogi sehingga gagal fokus pada soal yang dikerjakan. Mungkin sebenarnya soal yang dikerjakan mudah, tapi salah memilih jawaban karena kurang fokus tersebut. Makanya sangat penting untuk bagi seorang guru untuk belajar komputer. Ingat, belajar komputer tidaklah sulit sama dengan mengoperasikan sebuah smartphone. Yang perlu dilakukan hanyalah membiaskan diri dengan teknologi kimputer.

3. Percaya Diri Saat Ada di Ruang Ujian

Percaya diri adalah salah satu modal untuk bisa lulus UTN. Salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri adalah dengan merasa yakin bahwa anda anda bisa mengoperasikan komputer dan sudah menguasai materi yang akan diujikan. Jadi, kembali ke tips no 1 dan 2, pastikan anda sudah belajar sesuai dengan kisi-kisi dan sudah belajar komputer serta membiasakan diri mengoperasikan komputera atau laptop. Dengan merasa percaya diri maka anda bisa fokus pada soal yang akan dikerjakan.

4. Fokus Pada Soal Yang Mudah dan Atur Waktu

Soal UTN terdiri dari 100 soal yang tentunya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. 100 soal tersebut harus selesai dalam waktu 120 menit atau 2 jam. Ketika anda menemukan soal yang menurut anda sangat sulit, jangan berhenti di soal tersebut. Silakan langsung memiliih jawaban sesuai insing saja, agar bisa segera melanjutkan ke soal selanjutnya yang mungkin lebih mudah. Nah pada saat menemukan soal yang mudah, fokus jangan sampai salah memilih jawaban. Cara ini agar anda tidak kehaisan waktu untuk mengerjakan semua soal. Masalahnya terjadi pada beberapa guru gagal lulus ujian tulis nasional karena tidak sempat mengerjakan semua soal yang tersedia.


5. Jangan Lupa Berdo'a

Sebagai manusia yang yakin dengan adanya kuasa Tuhan, tentu sangat baik mengiringi usaha dengan doa. Jadi, jangan lupa berdoa deh, meskipun sudah merasa yakin 100% bisa mengerjakan soal, tetap jangan lupa berdoa. Karena Tuah kuasa atas segala sesuatu. hehehe...

Nah itulah tips lulus ujian tulis nasional (UTN) PLPG 2017, semoga di tahun 2017 ini semua guru yang sebelumnya belum bisa lulus UTN, ditahun ini bisa tuntas 100% (lulus semua). Amiin....
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Lulus Ujian Tulis Nasional (UTN) PLPG 2017"

Poskan Komentar