Senin, Januari 08, 2018

Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 Terdiri Dari 8 Mata Pelajaran

Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 Terdiri Dari 8 Mata Pelajaran - Kisi-kisi USBN adalah dokumentasi pra USBN yang memuat informasi materi-materi yang akan keluar dalam soal yang akan diujikan. Jika pada tahun-tahun sebelumnya hanya ada 3 mata peljaran yang di ujikan dalam ujian sekolah tingkat SD, pada tahun 2018 ini rencananya ujian sekolah tingkat SD akan terdiri dari 8 mata pelajaran.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika adalah tiga mata pelajaran utama yang selama ini diujikan dalam ujian sekolah SD, namun pada taun 2018 siswa SD akan berhadapan dengan 8 mata pelajaran yang itu ditambah dengan mata pelajaran IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)/ Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), PJOK/ Penjasorkes, PKn dan Pendidikan Agama atau Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

kisi-kisi USBN SD tahun 2018
kisi-kisi USBN SD tahun 2018

Baca Juga


Karena dalam tahun ini pemerintah masih menggunakan dua kurikulum yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006 maka ada tiga mata pelajaran yang menggunakan nama yang sedikit berbeda. Misal untuk pelajaran SBK dalam kurikulum 2013 disebut dengan SBdP, mata pelajaran Penjasorkes menjadi PJOK dan Pendidikan Agama menjadi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Untuk tiga mata pelajaran ini, kita tahu bahwa ini hanya berbeda nama atau istilah saja, pada intinya adalah sama.

Baca Juga : Soal Ujian Nasional SD 2018 : Matematika, BI, dan IPA

Selain itu, karena adanya peningkatan status dari ujian sekolah menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional maka komposisi soal yang diujikan terdiri dari 25% soal titipan balitbang kemdikbud dan 75 % soal yang dibuat oleh guru. Namun demikian, para siswa dan guru tidak perlu khawatir asal pembelajaran sudah tuntas maka siswa tidak akan menemukan kesulitan dalam menyelesaikan semua soal USBN tersebut.

Terkait dengan kisi-kisi USBN SD tahun 2018, sampai diturunkannya artikel ini belum ada kisi-kisi resmi dari kemdikbuda maupun dari balitbang kemdikbud. Adapun yang bertebaran di internet adalah kisi-kisi ujian sekolah tahun 2016/2017 yang hanya diganti judul saja oleh para pemilik blog. Tujuannya tidak lain hanya untuk meraup keuntungan dari para pencari kisi-kisi ujian sekolah tingkat SD tahun 2018 saja.

Belum adanya kisi-kisi USBN SD tahun 2018 ini karena adanya 8 mata pelajaran yang akan diujikan sehingga butuh proses dan waktu untuk menyelesaikan kisi-kisi 8 mata pelajaran tersebut. Untuk kisi-kisi yang 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matamatika dan IPA mungkin pada saat ini sudah selesai karena kisi-kisi untuk 3 mata pelajaran ini sudah ada yang tahun kemarin sehingga tinggal melakukan revisi seperlunya saja, sedangkan untuk 5 mata pelajaran lainnya tentu butuh waktu karena dokumen tahun sebelumnya belum ada.

Demikian pembahasan kisi-kisi USBN SD tahun 2018 terdiri dari 8 mata pelajaran, sebagai awal informasi sebelum keluarnya kisi-kisi resmi dari kemdikbud atau balitbang kemdikbud. Ini bukan share link untuk download kisi-kisi US SD tahun 2018 lho, jadi anda jangan mencari-cari link download pada artikel ini, untuk bisa mendownload kisi-kisi US SD tahun 2018 silakan anda tunggu artikel berikutnya setelah kemdikbud menerbitkan kisi-kisi secara resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top