Minggu, Juli 29, 2018

Contoh Kurikulum Sekolah Dasar Terbaru, Struktur Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Contoh Kurikulum Sekolah Dasar Terbaru, Struktur Kurikulum 2013 Edisi Revisi - Setiap satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyusun kurikulum sendiri-sendiri. Tujuan dari penyusunan kurikulum oleh masing-masing satuan pendidikan tidak lain adalah agar kuriklum bisa benar-benar sesuai dengan kopetensi, intake dan kompleksitas pada masing-masing sekolah. Mulai dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengan atas wajib menyusun kurikulum yang sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan pada sekolah.

Pada dasarnya kurikulum disusun oleh tim pengembang kurikulum yang dibentuk oleh sekolah. Namun meskipun demikian, setelah melalui berbagai rapat dengan menerima berbagai masukan dari para narasumber pada akhirnya penyusunan kurikulum ini akan jatuh kepada kepala sekolah yang dibantu oleh operator sekolah. Artinye kepala sekolah dibantu operator sekolah memiliki kewajiban untuk menyusun kurikulum berdasarkan rekomendasi-rekomendasi dari tim pengembang kurikulum.

Baca Juga : KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6

Kurikulum Sekolah Dasar Terbaru
Kurikulum Sekolah Dasar Terbaru


Menyusun kurikulum sekolah dasar bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi kalau hanya bermodal catatan-catatan kecil dari para tim pengembang kurikulum. Pada pratkinya, seorang operator sekolah sangat membutuhkan model atau contoh kurikulum yang sudah jadi untuk dijadikan acuan.

Nah dalam rangka berbagi dan berniat untuk membantu teman-teman operator sekolah di seluruh Indonesia, maka saya share contoh kurikulum sekolah dasar terbaru secara gratis. Kurikulum ini sudah dipakai di sekolah tempat saya bekerja dan sudah disesuaikan dengan kondisi terbaru, baik dari segi dasar hukum, struktur kurikulum maupun kalender pendidikan.

Sebagai catatan, kurikulum ini belum memberlakukan kurikulum 2013 secara menyeluruh atau 100%. Kebetulan sekolah saya baru memberlakukan kurikulum 2013 pada kelas 1, 2, 4 dan 5 saja sedangkan untuk kelas 3 dan 6 masih menggunakan kurikulum 2006. Oleh karena itu, pada struktur kurikulum menggunakan kombinasi dari kedua kurikulum ini.

Download Kurikulum Sekolah Dasar Terbaru

Oke, saya yakin anda mungkin tidak mau membaca tulisan-tulisan saya di atas, tapi saya sarankan sih anda tetap membacanya sebelum memutuskan untuk mendownload file doc kurikulum terbaru ini. Jangan sampai anda kecewa karena sudah salah mendownload file.

Baca Juga : Download POS Ujian SD Tahun 2019

File kurikulum saya bagi ke dalam 4 file, yang terdiri dari bagian depan kurikulum, bab I dan II, bab III dan bab IV. Bagian depan kurikulum terdiri dari cover, halaman pengesahan yang disahkan oleh kepala sekolah, komite dan kepala dinas P dan K Kabupaten/Kota. Selain itu juga ada halaman verifikasi pengawas sekolah sebagai bukti bahwa kurikulum sudah diverifikasi oleh pengawas sekolah. Selanjutnya halaman kata pengantar dan daftar isi.


Bab I dan II merupakan latar belakang, pengertian/ definsi, prinsip pengembangan kurikuum, dasar hukum visi misi sekolah dan lainnya. Yang perlu anda perhatikan pada bab ini adalah jangan lupa menyesuaikan visi misi dengan visi misi yang ada sekolah anda.


Pada bab III adalah inti dari kurikulum, pada bab ini dicantumkan struktur kurikulum. Kelas 1, 2,4 dan 5 menggunakan struktur kurikulum 2013 dan kelas 3 dan 6 menggunakan struktur kurikulum 2006. Maka pada muatan kurikulum masih menyertakan muatan kurikulum 2006 selain kurikulum 2013. Selain itu juga dilengkapi dengan pendidikan kecakapan hidup, pendidikan karakter bangsa dan pendidikan berbasih keunggulan.


Bab IV adalah penutup dari penyusunan kurikulum yang terdiri dari kelender pendidikan yang menjadi acuan dalam melaksankan kegiatan sekolah selama 1 tahun. Kalender pendidikan sudah dilengkapi dengan hari libur dan jumlah hari efektif.


Apakah kurikulum ini ada dalam file word/ doc? Ya, saya membagikan kurikulum ini dalam format doc yang tidak saya pasword dan tidak ada sedikitpun yang saya kurangi. Jadi anda bisa langsung menggunakannya dengan melakukan perubahan seperlunya saja.

Silakan anda download contoh kurikulum sekolah dasar terbaru, dengan struktur kurikulum 2013 edisi revisi. Semua file di atas saya berikan secara cuma-cuma untuk teman-teman operator sekolah di seluruh Indonesia. Semoga bisa memberikan manfaat dan bisa membantu mempercepat pekerjaan teman-teman OPS. Tetap semangat berkarya menyatukan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top