Minggu, November 01, 2015

7 Tips Hebat Agar Lulus UKG Online 2015

7 Tips Hebat Agar Lulus UKG Online 2015 | Pada tahun 2015 ini pemerintah dalam hal ini Kemendibud kembali menyelenggarakan sebuah tes online khusus untuk para guru. Tes online di kenal dengan sebutan UKG Online atau Uji Kompetensi Guru Online. 

UKG online bertujuan untuk mengukur kompetensi guru dan dijadikan sebagai salah satu faktor dalam menilai kinerja guru. Beredar kabar bahwa hasil UKG juga akan berpengaruh pada beberapa hal, diantaranya kenaikan pangkat dan tunjangan (sertifikasi). Namun berbeda dengan UKG tahun sebelumnya, tahun ini UKG diikuti oleh semua guru baik PNS maupun honorer.

Berbagai macam kekhawatiran dirasakan oleh para guru, terutama oleh para guru penerima tunjangan sertfikasi. Kekhawatiran tersebut diantaranya adalah ada ketakutan jika hasil UKG tidak bisa memenuhi nilai minimal yaitu 70, maka tunjangan sertifikasi akan dicabut. Otomatis ini menjadi beban mental tersendiri bagi para guru penerima tunjangan sertifikasi, padahal kebenaran dari info ini belum jelas.

Menurut saya, bagi para guru khususnya PNS penerima tunjangan sertifikasi jangan terlalu khawatir berlebihan dalam memandang sebuah UKG, lebih baik lakukan tips-tips berikut agar lulus UKG online.

7 Tips Hebat Agar Lulus UKG Online 2015


1. Latihan menggunakan apliksi simulasi

Dengan berlatih menggunakan simulasi maka ketika mengerjakan soal sungguhan dengan aplikasi sungguhan tidak akan terlalu grogi. Paling tidak cara input data pribadi dan cara mengerjakan sama. Salah satu aplikasi simulasi ukg online yang bisa anda gunakan untuk berlatih sudah saya share pada artikel sebelumnya. Silakan anda download di sini.

2. Belajar mengerjakan soal-soal latihan UKG.

Selain berlatih menggunakan aplikasi simulasi, juga bisa mengerjakan soal-soal latihan secara manulai yaitu diatas kertas. Maka tidak ada salahnya mencari banyak referensi soal untuk dikerjakan.

3. Komunikasi dengan teman

Saling sharing dengan teman sejawat akan membuat mental kita semakin siap menghadapi UKG online. Jangan menutup diri dan pesimis. Toh yang menghadapi UKG online bukan diri kita sendiri, ada banyak guru lainnya juga ikut UKG. Berkomunkasi dan saling berbagilah dengan guru lainnya. Akan lebih baik jika bertanya kepada guru yang pernah melaksanakan UKG online.

4. Kenali seluk beluk UKG online

Salah satunya adalah dengan cara menggunakan apliksi simulasi yang sama persis dengan aplikasi UKG online.

5. Pastikan data anda benar

Pada saat melaksanakan UKG online ada beberapa data yang harus diinput sebelum mengerjakan soal, diantaranya adalah nomor perserta dan NUPTK, jadi pastikan data anda benar dan benar pula saat menginputkannya. Jangan pernah malu atau takut bertanya kepada operator UKG online bagaimana cara input data yang benar. Karena jika data yang anda input salah, meskipun anda mengerjakan soal dengan benar, anda tidak akan mendapatkan nilai dari tes yang sudah anda kerjakan.





6. Saat mengerjakan berkonsentrasilah

Ujian dilaksanakan secara online di depan komputer dengan waktu yang terus berjalan. Jadi jangan buang-buang waktu dengan hal-hal lain yang tidak berguna.  Akan ada 100 soal UKG yang akan dikerjakan dengan waktu 120 menit.

7. Tetaplah tenang dan berdoa. 

Buang jauh-jauh rasa khawatir anda karena itu hanya akan membuat anda semakin panik. Sebelum anda mengerjakan soal UKG online, tata terlebih dahulu emosi anda sehingga mendapatkan ketenganan jiwa yang stabil. Sebagai umat beragama, jangan lupa berdoa.

Nah itulah tips hebat agar lulus UKG online, semoga bisa membantu anda dalam menghadapi UKG online nanti. Selamat melaksanakna UKG dan semoga sukses.

4 komentar:

Resep Buat Kamu

Back To Top