Cara Mengaktifkan Guru PAI Sekolah Dasar Pada SIMPATIKA Kemenag

Cara Mengaktifkan Guru PAI Sekolah Dasar Pada SIMPATIKA Kemenag | Guru PAI yang mengajar di sekolah dasar atau di sekolah yang dibawah naungan Kemdikbud sempat kebingungan dengan adanya penutupan PADAMUNEGERI oleh kemdikbud. Pasalnya, kemenag masih meminta bukti keaktifan di PADAMU sebagai syarat-syarat untuk mendapatkan bermacam hal.

Salah satunya adalah Guru PAI bersertifikasi, untuk mencairkan tunjangan sertifikasi, kemenag meminta bukti keaktifan di PADAMU.

Informasi terbaru tentang guru PAI yang mengajar di sekolah dalam naungan kemdikbud, bahwa saat ini sistem PADAMU sudah dilimpahkan kepada sistem SIMPATIKA yang dikelola oleh kemenag. Semua data guru PAI sudah masuk dalam database SIMPATIKA.

Untuk mengatifkan Guru PAI sekolah dasar, kini bisa langsung menggunakan SIMPATIKA yang dikelola oleh kemenag. Caranya tidak jauh berbeda dengan PADAMU. Namun kini, guru PAI bisa melakukan aktivasi secara mandiri. Tidak perlu pesetujuan operator sekolah.

Cara Mengaktifkan Guru PAI Sekolah Dasar Pada SIMPATIKA
1. Silakan masuk atau login di http://simpatika.kemenag.go.id/#!/login
2. Login dengan menggunakan NUPTK dan pasword yang sudah digunakan di PADAMU
3. Klik pada Icon PTK, sehingga akan nampak seperti di bawah ini

cara aktivasi guru PAI sekolah dasar
 4. Langsung silakan klik Aktifkan, maka tombol berikutnya akan aktif.

cara aktivasi guru PAI sekolah dasar
 5. Setelah tombol Cetak Kartu dan Info Mengajar aktif silakan langsung Cetak Kartu dengan klik pada tombol Cetak kartu. Kartu PTK SIMPATIKA akan otomatis di download dalam format PDF seperti berikut ini.
kartu aktivasi guru pai

6. Mengisi Riawayat Mengajar
Untuk mengisi riwayat mengajar, silakan klik Menu Riwayat Mengajar Guru Agama
http://mangwaskim.blogspot.com/2016/02/cara-aktivasi-guru-pai.html

Setelah klik menu tersebut, silakn klik Tanpa plus untuk menambahkan riwayat mengajar anda, sehingga akan muncul form pengisian riwayat mengajar seperti berikut ini.
http://mangwaskim.blogspot.com/2016/02/cara-aktivasi-guru-pai.html

Setelah semua jam mengajar anda di isi, kemudian silakan klik Jadikan Permanen , sistem secara otomatis akan mencetak Surat Pengajuan Riwayat Mengajar PTK (Form S28a). Silakan kirim surat ini kepada operator kemenang yang ada di kota anda.
http://mangwaskim.blogspot.com/2016/02/cara-aktivasi-guru-pai.html

Demikian cara mengaktifkan guru PAI Sekolah Dasar pada SIMPATIKA Kemenag yang sudah saya praktikkan sendiri. Guru PAI bisa melakukannya sendiri atau juga bisa meminta tolong operator sekolah. Semoga, informasi ini bermanfaat untuk anda pada guru PAI.

5 Responses to "Cara Mengaktifkan Guru PAI Sekolah Dasar Pada SIMPATIKA Kemenag"

  1. MOHON BANTUAN MENU RIWAYAT MENGAJAR PAI KOK GK MMUNCUL YA..TERIMAKSIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau melihat aturan mainnya jadwa pelajaran ditetapkan secara otomatis oleh operator sekolah sepertinya sudah tidk bisa lagi, karena akun sekolah sudah tidak aktif lagi di PADAMU, untuk sekolah negeri sekarang data menjadi terpusat di DAPODIK

      Hapus
  2. mohon bantuan nya..permasalahan saya adalah ketika saya mendaftar di kemenag kota mau membuat PEG.Id dan nama sekolah saya tidak muncul sedangkan sekolah tempat saya mengajar sudah mendapat izin operasional dan sudah punya NPSN dan siswa saya sudah mendapat dana BOS. sampai sekarang saya belum punya PEG.id gara2 itu. orang kemenag pun kebingungan. mohon bantuannya.. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sekolah umum (bukan madrasah) tidak terdaftar di SIMPATIKA karena simpatika hanya mendaftar sekolah yang ada dibawah naungan kemenag, kalau sekolah anda adalah sekolah yang ada dibawah naungan kemenag tapi belum terdaftar di SIMPATIKA coba konformasi ke operator SIMPATIKA kabupaten

      Hapus
  3. Menu riwayat mengajar PAI gk muncul. Solusinya gmn ya???

    BalasHapus