Jumat, Februari 19, 2016

Tips Memilih Tinta Refill Terbaik Agar Katrit (Cartridge) Printer Awet

Tips Memilih Tinta Refill Terbaik Agar Katrit (Cartridge) Printer Awet | Katrit cepat rusak. Baru aja beli dan dipakai beberapa bulan bahkan hasil cetakan sudah tidak bagus. Kenapa nih? Kok, printer sekarang mudah sekali rusak.

Oke, kalau printer sekarang mudah sekali rusak atau mengalami masalah saya setuju. Mungin ini berbanding lurus dengan kemajuan teknologi. Semakin maju sebuah teknologi, maka akan semakin banyak masalah baru yang belum terpecahkan.

Kalau kita melihat printer jaman dulu, memang cenderung lebih tahan banting. Apalagi kalau menggunakan printer dot matrix, sangat jarang mengalami masalah. Namun tentu saja printer jaman dulu gak bisa untuk nyetak dokumen seperti sekarang ini. Misal, nyetak foto atau dokumen-dokumen bergambar lainnya.

Baca Juga : Printer Berkualitas dan Hemat Tinta
tips memilih tinta refill terbaik
tips memilih tinta refill terbaik

Tips Memilih Tinta Refill Terbaik

Pemilihan dan penggunaan tinte refill atau tinta isi ulang yang tepat sebenarnya bisa membantu mempertahankan katrit agar bisa lebih awet atau tahan lama. Masing-masing katrit (cartridge) sudah di desain dengan spesifikasi dan presisi yang tepat dan tentunya harus mendapatkan asupan tinta yang tepat juga.

Tinta printer yang kini banyak beredar juga sudah didesain sedemikian rupa oleh produsen. Sehingga masing-masing tinta memiliki karakter tersendiri. Tingkat ketebalan dari masing-masing tinta berbeda, hal ini bertujuan agar tinta tersebut bisa sesuai dengan katrit-katrit tertentu.

Maka saya sarankan, agar jangan menggunakan tinta refill atau tinta isi ulang sembarangan. Harus benar-benar yang sesuai dengan peruntukkannya. Misal, tinta yang didesain khusus untuk Epson, jangan coba-coba digunakan pada printer canon. Apalagi sampai mencampur adukkan berbagai merk tinta dan masuk dalam satu katrit printer. Wah, bisa bahaya.

Tinta juga memiliki kandungan-kandungan senyawa kimia yang berbeda-beda antara merk tinta yang satu dengan yang lainnya. Misal kandungan air dan garamnya lebih banyak atau tidak. Menurut para teknisi printer di beberapa tempat servis printer, tinta yang terlalu banyak kandungan air dan garamnya maka akan semakin mempercepat kerusakan katrit. Misal, mampet atau menjadikan hasil cetakan tidak sempurna (putus-putus, buram dan lain sebagainya).

Baca Juga : Cara Setting LAN Windows 7 Untuk Berbagi Printer

Rekomendasi Tinta Refill Terbaik Agar Katrit Printer Awet

Para teknisi pirnter yang sudah mencoba berbagai merk tinta refill berbagi pengalamannya kepada saya. Mereka menganjurkan agar saya menggunakan tinta refill Bloe Print. Menurut klaim para teknisi, tinta ini kandungan airnya lebih sedikit dibanding merk lainnya seperti E-Print dan Euro. Dengan menggunakan tinta ini, maka umur katrit akan lebih tahan lama. Sedangkan untuk printer Epson Brother ada juga yang menganjurkan menggunakan tinta refill Raibow.

Tanpa ada tujuan mempromosikan produk tertentu, dan kebetulan saya juga bukan penjual tinta printer, namun saya hanya berbagai pengalaman saja. Setelah menggunakan tinta refill Bloe Print, memang dirasakan katrit lebih awet dan tinta juga tidak cepat habis. Apa ini hanya perasaan saya saja yang tersugesti anjuran dari teman-teman teknisi. Entahlah???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top