Cara Mengerjakan Laporan BOS Dengan Aplikasi ALPEKA Resmi Dari Kemdikbud

Cara Mengerjakan Laporan BOS Dengan Aplikasi ALPEKA Resmi Dari Kemdikbud | Untuk membantu sekolah dalam mengelola pelaporan keuangan BOS, kemdikbud menyediakan aplikasi pelaporan keuangan BOS bernama ALPEKA.

ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah) adalah aplikasi  berbasis excel untuk membantu sekolah dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan tingkat sekolah.  Aplikasi ini  dikembangkan atas bantuan program PRIORITAS-USAID. Aplikasi ini bermanfaat untuk memudahkan sekolah dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam Petunjuk Pelaksanaan program BOS. Salah satu hasil akhir dari aplikasi ini adalah format BOS K-7 yang selanjutnya digunakan untuk diisikan di Laporan Penggunaan Dana BOS secara online. 

Baca Juga : Jenis-Jenis Literasi Dalam Gerakan Literasi Sekolah

ALPEKA sangat membantu dalam membantu membuat laporan keuangan BOS. Dengan menggunakan ALPEKA maka sekolah bisa membuat format laporan BOS (K1, K2, K3, K4, K5, K6, K7) secara otomatis. Sekolah tidak perlu lagi mengelompokan transaksi secara manual ke dalam 13 item :
1. Pengembangan Perpustakaan
2. Kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru
3. Kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler siswa
4. Kegiatan Ulangan dan Ujian
5. Pembelian bahan-bahan habis pakai
6. Langganan daya dan jasa
7. Perawatan sekolah
8. Pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer
9. Pengembangan profesi guru
10. Membantu siswa miskin
11. Pembiayaan pengelolaan BOS
12. Pembelian perangkat komputer
13. Biaya lainnya jika seluruh komponen 1 s.d 12 telah terpenuhi pendanaannya dari BOS

Baca Juga : Memahami Perbedaan Buku Kas Umum (K3) dan Buku Pembantu Kas (K4)

Dengan menggunakan ALPEKA, yang perlu anda lakukan hanya mengisi 4 sheet yang sudah disediakan yaitu :
1. rencana terima
2. rencana keluar
3. realisasi terima
4. realisasi keluar
Setelah 4 sheet tersebut terisi maka anda tinggal cetak format BOS K1 - K7 secara otomatis. Bagaimana cara membuat laporan BOS dengan ALPEKA? Berikut adalah panduan singkat cara membuat laporan BOS dengan aplikasi laporan BOS ALPEKA dari kemdikbud.

Cara Membuat Laporan BOS Dengan ALPEKA

1. Silakan anda download dulu aplikasi ALPEKA di sini
2. Buka aplikasi (format excel) yang suda download sehingga muncul seperti ini


3. Klik enable untuk mengaktifkan macro sehingga akan muncu pesan seperti dibawah ini, silakan tutup saja dengan menekan tombol cloce (tanda silang)

4. Aplikasi akan menyarankan agar anda melakukan setting Regional and Langguage menjadi format Indonesia (cirinya pemisah ribuan pada excel menggunakan titik, bukan koma). Jika sudah silakan klik tombo keluar

5. Aplikasi terbuka dan siap untuk digunakan. Ada tiga menu utama yang harus anda kerjakan terlebih dahulu yaitu :
- Data Umum
- Program Sekolah
- Dan Generate

Menu Utama ALPEKA

Menu ini untuk melakukan input data dari sekolah anda. Yang harus anda isi adalah tahun anggaran, nama sekolah, NPSN, NSS, jumlah siswa, alamat, nama kelala sekolah, NIP kepala sekolah, nama komite dan nama bendahara. Menu ini harus diisi dengan data yang benar-benar valid.

Menu Program Sekolah

Di sini maka anda harus menentukan progam yang akan diselenggarakan oleh sekolah. Sudah ada nama-nama program sekolah, yang perlu anda lakukan hanya memilih Ya atau Tidak pada program tersebut dan disesuikan akan dimasukkan pada item apa (item yang 13)

Menu Generate

Menu ini menghasilkan data excel yang berisi 4 sheet dan akan dijadikan sebagai sumber data dalam pembuatan laporan BOS. Silakan simpan hasil generate pada folder yang mudah diingat, sehingga dikala dibutuhkan nanti tidak susah mencarinya.

6. Mengisi Data
Langkah selanjutnya silakan anda buka file hasil generate. Ada 4 sheet yang harus anda isi yaitu :

  • Rencana Terima : untuk input rencana penerimaan anggaran BOS (sesuai dengan jumlah siswa pada tahun anggaran)
  • Rencana Keluar : untuk input data rencana belanja pada tahun anggaran bersangkutan
  • Ralisasi terima : untuk input realisasi terima dana BOS (sesuai dana yang diterima pada rekening BOS)
  • Realisasi Keluar : di sinalah anda input data belanja yang sesuai dengan kwitansi

Cara Cetak Laporan BOS Dengan ALPEKA

Baca Juga : Aplikasi SKP dan PPK Untuk Kenaikan Pangkat

Langkah slanjutnya setelah mengisi database adalah melakukan pencetakan semua format laporan BOS. Perlu anda ketahui bahwa sumber data yang digunakan pada tahap ini adalah data hasil generate yang sudah anda isi. Sheet rencana terima dan rencana keluar akan dijadikan sebagai sumber data pembuata format BOS K1 dan K2 sedangkan sheet realisasi terima dan relisasi keluar dijadikan sebagai sumber data format BOS K3 dan K4. Sedangkan untuk format BOS K5 (Pembantu Bank) dan K6 (Pembantu Pajak) mengelompokan data yang masuk dalam transaksi bank dan pajak pada data generate secara otomatis.

Begitu juga dengan format BOS K7 (Realisasi Belanja Per Item) juga akan mengambil data dan menyusunya secara otomatis sampai pada rekap pengeluaran (format BOS K7a) yang dijadikan sebagai acuan laporan BOS online, juga disusun secara otomatis.

Untuk mencetak laporan BOS, silakan format laporan BOS yang anda inginkan sehingga akan muncul seperti ini.

Pilih format BOS yang akan dicetak. Tentukan sumber dana (BOS Pusat), tentukan periode, tentukan tahun anggaran, tentukan triwulan, tentukan bula dan tanggal (silakan sesuaikan dengan format laporan yang akan dicetak apakah laporan bulanan atau laporan triwulanan). Untuk laporan BOS K3 - K6 dibuat laporan perbulan sedangkan laporan BOS K7 dibuat per triwulan.

Baca Juga : Download Administrasi Guru Kelas Lengkap

Pilih Sumber Data dengan cara klik Browse, pilih atau klik data hasil generate yang sudah anda isi dengan data-data sekolah dan data transaksi. Terakhir silakan klik Cetak Laporan. Tunggu beberapa saat, microsoft excel akan bekerja secara otomatis menyusun laporan BOS yang anda inginkan. Lamanya penyusunan tergantung pada banyaknya transaksi yang ada pada data hasil generate. Saya sarankan anda tidak melakukan kegiatan apapun selama aplikasi menyusun laporan BOS secara otomatis. Hal ini agar proses penyusunan laporan tidak terganggu.

Demikian cara membuat laporan BOS dengan aplikasi ALPEKA resmi dari kemdikbud. Semoga panduan singkat ini bisa memberikan titik terang bagi anda para kepala sekolah, bendahara BOS dan operator sekolah yang sampai saat ini belum menggunakan ALPEKA sebagai aplikasi pembuat laporan pengguanaan keuangan dana BOS.

7 Responses to "Cara Mengerjakan Laporan BOS Dengan Aplikasi ALPEKA Resmi Dari Kemdikbud"

  1. walah terimakasih cukup jelas aku bacanya hehe :D template yang kamu pake namanya apa sob.. hehe jangan lupa ya kunjungi dan komentari blog ane Cari Dulu | Blog Tutorial Terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung, saya menggunakan templet Brosense V.1 mas

      Hapus
  2. terimakasi atas info bermanfaatnya, smoga sukses

    BalasHapus
  3. pada Alpeka 2016 pada kolom komponen BOS kok gak tampil semua, cuma sampai baris yang ke 34. gimana cara mengatasinya. tlng admin mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dimaksud komponen 1 - 13 pada program sekolah ya? saya sudah download yang terbaru dari kemdikbud semuanya muncul, coba download lagi aja, kalau download sulit komponen tersebut bisa di copy paste ke bawah kok

      Hapus
  4. kenapa saya mengalami error 1004 setiap klik cetak laporan???? mohon bantuannya...

    BalasHapus
  5. apakah aplikasi ini bisa digunakan untuk bos smk?

    BalasHapus