Cara Cek Peserta Ujian SD dan SMP Tahun Pelajaran 2016/2017

Cara Cek Peserta Ujian SD dan SMP Tahun Pelajaran 2016/2017 | Cek peserta ujian sangat penting dilakukan oleh sekolah. Meskipun waktu pelaksanaan ujian masih lama, tapi data peserta ujian harus dicek secara dini. Hal ini untuk menghindari kesalahan data seperti salah nama, salah tanggal lahir, salah nama orang tua, salah NISN dan kesalahan-kesalahan lainnya. Jadi, data yang calon peserta ujian tahun 2016/2017 harus benar-benar valid..

Masih sama dengan tahun 2015/2016, pendataan peserta ujian nasional dilaksanakan melalui aplikasi dapodik. Versi aplikasi dapodik terbaru yaitu dapodik 2016b memang belum membuka kuncian data, sehingga para operator sekolah belum bisa melakukan edit data siswa. Biasanya, nanti akan keluar versi dapodik yang khusus membuka kuncian data sehingga operator bisa mengedit data khususnya data siswa kelas 6 yang akan mengikuti ujian. Entah, pada tahun sekarang apakah akan keluar versi dapodik untuk mengedit data atau tidak.  Jika saat ini data siswa kelas 6 pada dapodik belum valid maka bisa diperbaiki  VerVal DAPODIK.

Selain input datas siswa secara benar pada aplikasi DAPODIK, pastikan juga bahwa sekolah (operator DAPODIK) sudah melalukan VerVal (Verifikasi dan Validasi). Coba cek pada http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan silakan login. Masuk pada menu Residu dan Konfirmasi,  pastikan pada kedua menu tersebut tidak ada daftar siswanya. Jika masih ada, itu artinya masih ada masalah yang harus diselesaikan dengan melakukan konfirmasi data.

Jika anda sudah 100% yakin semua data siswa benar dan sudah melaukan VerVal, maka langkah selanjutnya adalah cek data peserta ujian nasional tahun 2016/2017 dengan membuka link berikut :

http://pdun.data.kemdikbud.go.id/

cek peserta ujian nasional 2016

Silakan login dengan menggunakan email dan pasword dapodik atau juga bisa menggunakan Kode Registrasi DAPODIK. Ada tiga menu vertival di sebelah kiri yaitu Beranda, Calaon Peserta US dan Logout. Saya yakin anda sudah tahu ketiga fungsi menu tersebut. Silakan anda fokus pada menu Calon Peserta US. Klik pada menu Calon Peserta Us untuk melihat daftar calon peserta US tahun 2016/2017.


cek calon peserta un 2016/2017
cek calon peserta un 2016/2017

Jika data calon peserta ujian sekolah sudah benar-benar valid silakan anda atur urutan absen dengan klik pada Pengaturan No Kusi. Ini akan bermanfaat pada pengaturan posisi duduk siswa pada saat ujian nanti. Setelah selesai melakukan pengaturan No. kursi silakan anda download data calon peserta ujian sekolah 2016/2017 dengan klik Unduh Peserta UNt
cek peserta ujian nasional 2016


Screen shoot di atas adalah contoh dari sekolah yang memiliki dua kelas silang yaitu A dan B. Jika anda hanya memiliki satu kelas, maka di situ hanya akan ada satu kelas saja. Untuk melakukan pengaturan nomor kursi, silakn Doble Klik pada kolom Nama Urut Rombel, sehingga akan keluar List Number dan pilih berdasarkan urutan kelas anda (1, 2, 3 dst). Jika sudah, silakan klik Simpan.

Nah demikian cara cek peserta ujian nasional SD dan SMP tahun 2016/2017, sedangkan untuk tingkat SMA/SMK mungkin tidak akan jauh berbeda, hanya saja linknya berbeda. Mengapa saya membahas tingkat SD dan SMP? Kaena SD dan SMP sekarang menggunakan aplikasi dapodik yang sama. Tapi ada kemungkinan untuk tingkat SMA/SMK juga tidak akan jauh berbeda dengan cara di atas.
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Cek Peserta Ujian SD dan SMP Tahun Pelajaran 2016/2017"

Poskan Komentar