Masalah Dapodik 2017 dan Cara Mengatasinya

Masalah Dapodik 2017 dan Cara Mengatasinya | Masalah dapodik atau dapodik bermasalah, entahlah apa istilahnya. Yang saya maksud adalah operator yang menemui kendala dengan dapodik 2017. Kalau aplikasi dapodik 2017 saya rasa sudah tidak ada masalah, karena aplikasi ini dirilis dengan melalui tahap pengujian terlebih dahulu. Jadi, kalau operator sekolah mndapatkan kendala tertentu itu pasti ada pada masalah teknis saja.

Masalah-masalah teknis yang sering ditemui oleh operator sekolah antara lain, gagal instal dapodik 2017, berhasil instal dapodik 2017 tapi tampilan tidak berubah alias tetap saja seperti dapodik 2016, sulit mendownload data prefil dan masalah-masalah lainnya.

Nah, jika anda menemui masalah dalam aplikasi dapodik 2017 terkait dengan cara penginstalan, cara registrasi dan cara pengerjaan, mari kita belajar bersama. Saya akan share dari beberapa masalah yang pernah saya hadapi dan berhasil mengatasinya. Tentu saja, pengalaman masalah dapodik yang saya temui dan sudah ditemukan juga cara mengatasinya bisa menjadi bekal teman-teman operator seolah di seluruh Indonesia ketika menghadapi masalah yang sama terkait aplikasi dapodik 2017. Nah berikut pembahasan masalah dapodik 2017 dan cara mengatasinya.

Tidak Instal Dapodik 2017 atau Gagal Instal Dapodik 2017

Pada beberapa kasus operator sekolah gagal melakukan instalasi dapodik 2017. Misal pada saat akan menginstal muncul peringatan yang kalau diartikan, "anda tidak dijinkan menginstal aplikasi ini". Atau muncul peringatan bahwa file corupt atau rusak.

Cara Mengatasi Gagal Instal Dapodik 2017

Jika yang muncul peringatan bahwa file corupt atau rusak, ada kemungkinan anda mendownload Installer Dapodik 2017 tidak sempurna atau tidak utuh. Sebagai patoka, Installer Dapodik 2017 berukuran 44,2 MB. Jadi, kalau ukurannya kurang dari ukuran tersebut maka dapat dipastikan file installer anda tidak sempurna. Untuk mengatasinya silakan anda download ulang file installer dapodik 2017 tersebut.

Jika anda gagal melakukan instal dapodik 2017 karena Windows tidak mengijinkan intal aplikasi (hanya terjadi pada windows 10), silakan anda lakukan langkah berikut :
1. Klik Start
2. Klik Control Panel
3. Klik System and Security
4. Klik pada Change Windows SmartScreen Setting
5. Kemudian silakan pilih atau klik pada Don't do Anything (turn off windows SmartScreen)
Nah dengan cara seperti ini anda sudah bisa menginstal aplikasi dapodik 2017 atau aplikasi apapun pada windows 10 anda.

Tidak Bisa Registrasi Karena Data Prefil Tidak Ditemuka

Setelah selesai melakukan instalasi dapodik 2017, tahap selanjutnya adalah melakukan registrasi. Nah pada tahap ini juga sering mendapatkan masalah. Salah satunya adalah tidak ditemukannya data prefil. Seperti kita ketahui ada dua cara melakukan registrasi, yaitu ofline dan online. Untuk melakukan registrasi secara ofline maka anda harus mendownload atau melakukan generate data prefil terlebih dahulu yang kemudian diletakkan apda folder prefil_dapodik yang ada pada drive C. Jika anda tidak melakukan ini, jelas registrasi ofline tidak akan berhasl dengan peringaatan data prefil tidak ditemukan. Selain itu pastikan kode registrasi dapodik anda sudah benar.

Link data prefil error, bagaimana cara mendapatkan data prefil untuk melakukan registrasi?
Jika data prefil error silakan anda lakukan registrasi secara online. Namun, pastikan koneksi internet anda cepat dan stabil. Karena dengan registrasi online, data akan diproses secara online oleh aplikasi. Jadi, kalau koneksi internet tidak cepat dan stabil dikhawatirkan data yang diproses atau ditarik dari server pusat tidak akan masuk semua.

Dapodik 2017 tidak berubah atau masih sama dengan dapodik 2016

Perubahan yang mencolok dari dapodik 2017 adalah adanya pemisahan antara Guru dan Tenaga Kependidikan sehingga yang tadinya guru dan tenaga kependidikan ada dalam satu meu yaitu menu PTK sekarang dipisang menjadi dua menu yaitu GTK yang kemudian dibagi dalam dua sub menu Guru (untuk guru) dan Tendik (untuk non guru).


Jika anda setelah berhasil instal dapodik 2017 tapi tampilan belum seperti gambar di atas, itu artinya anda belum berhasil melakukan instalasi dapodik 2017.

CARA MENGATASINYA
Silakan anda uninstal terlebih dahulu dapodik 2016 dan aplikasi PMP. Jika sebelum melakukan instalasi anda tidak melakukan uninstal dapodik 2016 dan aplikasi PMP maka meskipun berulang-ulang melakukan instal dapodik 2017 maka tidak akan berhasil. Hal ini juga saya alami dengan salah satu teman OPS yang meminta bantuan saya melakukan instal dapodik 2017. Sampai berkali-hali melakukan instalasi dan registrasi hasilnya tetap sama, tampilan dari menu-menu dapodik tidak berubah seperti pada gambar di atas. Padahal sebelum melakukan instalasi dapodik 2017, dapodik 2016 sudah saya hapus atau uninstal.

Kemudian saya mencurigai aplikasi PMP lah yang menjadi biang kerok. Kemudian saya hapus atau uninstal aplikasi PMP dan melakukan instalasi ulang dapodik 2017 dan registrasi kembali. Alhamdulillah, dengan cara ini maka dapodik 2017 sukses terinstal dengan segala macam fitur-fitur terbarunya.

Invalid Kompetensi dan Riwayat Guru

Nah inilah yang termasuk fitur terbaru dari dapodik 2017, yaitu adanya penambahan data kompetensi dan riwayat karir guru. Jika kedua data ini tidak diisi maka akan terjadi invalid sehingga tidak bisa melakukan sinkronisasi. Silakan anda isi data kompetensi dan riyawat karis guru dengan cara :
1. Klik pada guru yang akan diisi datanya
2. Klik Ubah
3. Klik pada tan Kompetensi'
4. Klik Tambah, jika dapodik menawarkan melakukan Copy data, langsung aja klik Yes.
5. Data Kompetensi otomatis akan terisi

Lakukan langkah-langkah di atas pada guru yang lain.

Sedangkan untuk mengisi data riwayat guru, silakan setelah anda klik Ubah masuk atau klik pada tab Riwayat Karir Guru. Isi data ini dengan riwayat karir guru (riwayat mutasi).

Setelah anda mengisi data kompetensi dan riwayat karir guru maka invalid pada PTK akan hilang.

Nah itulah masalah dapodik 2017 dan cara mengatasinya, mudah-mudahan anda yang mengalami masalah dapodik 2017 serupa bisa terselesaikan.
Comments
0 Comments

0 Response to "Masalah Dapodik 2017 dan Cara Mengatasinya"

Poskan Komentar