Salah satu hal terbaru dari kurikulum merdeka adalah adanya Rapor P5 (Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Jadi, satuan pendidikan yang mengimplementasikan kurikulum merdeka, harus membaut dua jenis raport, yaitu Laporan Hasil Penilaian Sumatif dan Raport P5.
Apa yang dimaksud dengan raport P5?
Rapor P5 adalah merupakan perangkat laporan pendidikan yang memuat hasil assesmen peserta didik dalam mencapai kompetensi yang sudah ditentukan untuk membentu profil pelajar pencasila.
Raport Profil Pelajar Pancasila dirancang sebagawai jawaban atas pertanyaan besar tentang "profil komeptensi seperti apa yang diharapkan oleh sitem pendidikan Indonesia".
"Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila."
Pernyataan ini berkaitan dengan dua hal, yaitu kompetensi untuk menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan untuk menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke-21. Dalam hal ini, peserta didik Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.
Naskah ini menyampaikan hasil rumusan yang menjawab pertanyaan besar tersebut dengan memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia; dan juga faktor eksternal yang merupakan konteks kehidupan serta tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang menghadapi masa revolusi industri 4.0.
6 Kompetensi Profil Pelajar Pencasila yang dirumsukan sebgai dimensi kunci. Keenam komeptensi ini saling berkaitan dan saling menguatkan, sehingga untuk mencapai tujuan membentuk profil pelajar pancasila, maka keenam komptensi tersebut harus berkembang secara bersamaan. Keenam kompetensi tersebut adalah sebagai berikut :
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong royong.
- Mandiri.
- Bernalar kritis.
- Kreatif.
Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Gaya Hidup Berkelanjutan (SD‒SMA/SMK)
- Kearifan lokal (SD‒SMA/SMK)
- Bhinneka Tunggal Ika (SD‒SMA/SMK)
- Bangunlah Jiwa dan Raganya ( SD, SMP‒SMA/SMK)
- Suara Demokrasi (SMP‒SMA/SMK)
- Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD‒SMA/SMK)
- Kewirausahaan (SD‒SMA/SMK)
Alur Asesmen Projek Pelajar Pancasila
Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Kutanam Sayuranku ( Unduh Disini )
- Makananku Budayaku ( Unduh Disini )
- Sayurku ( Unduh Disini )
- Aku Ingin ( Unduh Disini )
FASE B ( KELAS 3 DAN 4 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar