Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Bergaris dan Tidak Keluar Tinta

Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Bergaris dan Tidak Keluar Tinta | Untuk pengguna printer InkJet atau printer dengan tinta pasti sering mengalami masalah ini, yaitu hasil cetakan tidak sempurna. Misal hasil cetakan putus-putus, hasil cetakan bergarus, hasil cetakan buram, bahkan tidak ada hasil cetakan sama sekali atau printer tidak mengeluarkan tinta.

Jika anda mengalami masalah ini, apa yang anda lakukan? Jika selama ini selalu membawa printer ke tempat servis, coba mulai sekarang anda lakukan tips-tips di bawah ini. Cara-cara ini jugalah yang dilakukan oleh para tukang servis printer. Maka, jika anda melakukannya dengan benar masalah hasil cetakan printer yang tidak sempurna akan bisa teratasi.

Sebelum kita bahas cara mengatasi hasil cetakan printer bergaris atau putus-putus, baiknya kita kenali dulu masalanya. Hasil printer yang tidak sempurna pada printer inkjet (yang menggunakan cartridge) disebabkan masalah yang terjadi pada print head.

Apa itu print head? Yaitu bagian cartrige yang ada dibawah (lubang tempat keluarnya tinta dari cartridge). Lihat gambar di bawah ini.

Seiring berjalannya waktu dan intensitas pemakaian, print head pada cartridge akan mengalami  masalah penyumbatan yang diakibatkan pengendapan sisa-sisa tinta yang tidak berhasil keluar.

Mengapa tinta bisa mengendap? Kualitas tinta sangat berpengaruh. Menurut para teknisi printer, semakin pekat kandungan garam dalam cairan tinta, maka akan semakin cepat tinta mengendap dan mengkristal sehingga menyumbat print head. Maka sangat penting dalam memilih tinta terbaik.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah hasil cetakan tidak sempurna yang diakibatkan penyumbatan pada print head?

Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya para teknisi akan melakukan dua cara, yaitu dengan melakukan head cleaning secara otomatis dan secara manual.

Untuk melakukan head cleaning secara otomatis sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan tool maintenance dari software printer yang anda miliki.

Silakan masuk ke Device and Printer, kemudian klik kanan pada printer yang akan di lakukan head cleaning, kemudian klik Printing Preferences. Lihat gambar di bawah ini.







Ada dua pilihan untuk melakukan Head Cleaning, yaitu Cleaning dan dan Deep Cleaning. Untuk langkah awal lakukan saja dengan klik Cleaning (pembersihan biasa). Setelah proses cleaning selesai, silakan klik Nozzle Check untuk mengetahui hasilnya. Jika dengan cara ini saja sudah berhasil (hasil cetakan sempurna), cukup. Namun jika dengan pembersiahan biasa tidak berhasil silakan  lakukan denagn Deep Cleaning. Dengan cara ini maka aplikasi akan mealkukan cleaning lebih mendalam. Prosesnya akan lebih lama dibanding dengan cleaning biasa. Setelah proese deep cleaning selesai, silakan lakukan lagi pengecekan dengan klik Nozzle Check


Kok sudah dilakukan Cleaning maupun Deep Cleaning tetap saja hasil cetakan tidak sempurna. Apa nih yang harus dilakukan?

Jika hasil cetakan masih putus-putus, buram, bergaris bahkan tidak ada hasil cetakan, silakan lakukan cleaning print head secara manual.

Silakan sediakan air hangat pada wadah (bisa menggunakan mangkok, lepek atau apa saja). Air tidak boleh terlalau banyak (terlalu dalam), karena ini akan digunakan untuk merendam cartridge bagian bawah saja (bagian print head). Jangan sampai air tersebut merendam chip dari cartridge. Lihat gambar di bawah ini.
Silakan rendam cartridge pada air hangat tersebut sampai air berubah menjadi hitam pekat (tanda tinta dari dalam cartridge keluar).

Setelah dirasa cukup, silakan angkat dan bersihkan print head cartridge dengan tisu. Bisa juga, letakan cartridge di atas tisu dengan posisi print head menempel pada tisu, biarkan kurang lebih 5 - 10 menit.


Setelah cartridge bersih, silakan lakukan refil atau isi ulang dengan menyuntikan tinta ke dalam cartridge.
Lakukan penyuntikan ini meskipun anda sudah memodifikasi printer menjadi printer infusan. Karena cartridge dalam keadaan kosong (bersih), maka harus diisi dulu dengan cara disuntik. Kalau menunggu asupan dari infus, maka akan lama sedangkan cartridge akan segera digunakan untuk mencetak (paling tidak untuk mencoba).

Nah, itulah cara mengatasi hasil cetakan printer bergaris dan tidak keluar tinta, cara-cara inilah yang dilakukan oleh para teknisi printer. Jadi, anda juga bisa melakukannya sendiri. Jika dengan cara diatas tidak bisa mengatasi masalah, maka saya yakin cartridge anda harus diganti dengan yang baru.
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Bergaris dan Tidak Keluar Tinta"

Poskan Komentar