Cara Memperbaiki Cartridge Printer Rusak Parah Tidak Bisa Keluar Tinta

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Rusak Parah Tidak Bisa Keluar Tinta | Cartridge printer rusak, ada banyak macam kerusakan yang terjadi para cartridge, mulai dari hasil cetakan yang tidak jelas, putus-putus, bergaris, buram bahkan sampai tidak mengeluarkan tinta sama sekali. Cara mengatasi cartridge rusak sudah dibahas dalam artikel sebelumnya yaitu pada artikel cara mengatasi hasil cetakan bergaris dan tidak keluar tinta.

Namun pada artikel tersebut tidak dibahas sampai dengan cara memperbaiki cartridge hingga ke tingkat paling rumit. Saya membahas hanya dengan cara melkukan cleaning, deep cleaning dan perendaman cartridge dengan air hangat. Cara-cara tersebut terkadang gagal mengatasi masalah cartridge yang mengalami penyumbatan akibat banyak tinta yang mengkristal pada busa dalam cartridge.

Nah untuk mengatasi melengkapi artikel tersebut maka dalam artikel ini akan saya bahas bagaimana cara memperbaiki cartridge rusak parah tidak bisa keluar tinta. Seperti yang sudah saya sebutkan dalam artikel cara mengatasi hasil cetakan bergaris, bahwa cartridge mangalami kerusakan atau masalah karena adanya penyumbatan pada print head. Lebih parahnya lagi tidak hanya print head yang tersumbat, tapi busa di dalamnya juga mengalami penyumbatan.

Nah untuk mengatasi masalah cartridge printer yang rusak parah, silakan ikuti petunjuk berikut. Cara ini butuh ketelitian, untuk itu silakan ikut dengan seksama petunjuk ini.

Memperbaiki Cartridge Printer Yang Rusak Parah

memperbaiki cartridge printer rusak parah

  1. Silakan buka penutup cartridge printer dengan menggunakan obeng min atau benda tipis lainnya sekiranya bisa untuk mencongkel pentutup cartridge printer lakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak pada bagian chip.
  2. Anda akan menemukan busa didalam cartridge printer, angkat busa tersebut kemudain cuci hingga bersih, cara ini untuk membersihkan busa dari sisa-saia tinta yang mengering sehingga mengalangi aliran tinta ke print head.
  3. Silakan jemur busa yang sudah bersih agar kering
  4. Bersihkan juga tank (bak) cartridge printer dengan menggunakan tisu.
  5. Setelah busa kering silakan pasang lembali ke dalam bak tinta.
  6. Tutup kembali dan rekatkan tutup yang tadi dibongkat dengan menggunakan lem korea atau dengan lem perekat sejenis power glue.
  7. Pada saat pengeleman yang perlu di perhatikan, jangan sampe kena contact chip atau kuningannya.
  8. Setelah Semua Proses Selesai tambahkan/suntukan tinta kira-kira 30% dari tank. biarkan tinta meresap, tunggu 15 menit.
  9. Sebenarnnya Beres, tapi akan lebih baik, Setting di cleaning, pada properties printer anda, lakukan berulang kali.
Nah itulah cara memperbaiki cartridge printer rusak parah tinta tidak bisa keluar, semua jenis cartridge bisa diperbaiki dengan cara seperti ini dengan catatan ketika dipasang ke printer masih terdeteksi. Tapi jika sudah tidak terdeteksi itu artinya ada kerusakan para komponen elektroniknya (pada bagian chipnya). Jika ini yang terjadi maka tidak ada yang bisa dilakukan kecuali dengan menggantinya dengan cartridge baru.
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Memperbaiki Cartridge Printer Rusak Parah Tidak Bisa Keluar Tinta"

Poskan Komentar