Solusi Bagi Lulusan SMA Yang Tidak Kuliah Karena Hambatan Biaya

Solusi Bagi Lulusan SMA Yang Tidak Kuliah Karena Hambatan Biaya | Setelah lulus SMA atau SMK tidak melanjutkan kuliah karena hambatan biaya, padahal mungkin saat ingin sekali kuliah. Hal ini banyak dialami oleh para lulusan SMA dari kelas ekonomi menengah ke bawah seperti halnya dulu saya rasakan. Lalu bagaimana solusinya bagi para lulusan SMA yang tidak bisa melanjutkan kuliah karena hambatan biaya?

Untuk mendapatkan solusi dari masalah ini, kuncinya adalah fokus pada tujuan. Misal tujuan anda tetap ingin kuliah. Maka ada beberapa jalan keluar yang bisa anda pilih, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kuliah Dengan Bantuan Beasiswa

Beberapa perguruan tinggi atau  universitas menyelenggarakan program beasiswa. Ada beasiswa untuk siswa berprestasi dan beasiswa untuk siswa tidak mampu. Ada 3 beasiswa yang selama ini menjadi andalan para lulusan SMA untuk bisa kuliah dengan beasiswa, contoh beasiswa bidik misi, beasiswa unggulan dan beasiswa swasta. Untuk mengenal lebih lanjut tentang kuliah gratis dengan beasiswa silakan baca :
>>>Kuliah Gratis Dengan 3 Beasiswa

2. Kerja Dulu, Baru Kuliah

Untuk mendapatkan beasiswa memang membutuhkan syarat-syarat yang harus dipenuhi dan meskipun sudah dipenuhi semua syarat-syarat belum tentu bisa lolos dan mendapatkan beasiswa yang kejar. Hal ini kembali kepada nasih dan rejeki seseorang kali ya. Hehe...

Nah jika anda sudah berusaha keras untuk mendapatkan beasiswa untuk bisa kuliah namun belum mendapatkan beasiswa tersebut, silakan anda kerja terlebih dahulu. Tenang saja, banyak kok perusahaan yang masih mau menerima lulusan SMA apalagi lulusan SMK. Setelah anda kerja, berperilakulah hemat, sisihkan uang hasil kerja untuk bisa masuk perguruan tinggi.

Bisa kuliah dengan biaya hasil kerja sendiri lebih memabanggakan lho. Sukur-sukur selain anda kerja, kemudian anda juga bisa mendapatkan beasiswa. Maka uang hasil kerja bisa untuk biaya hidup, sedangkan biaya kuliah bisa mengandalkan beasiswa.

3. Masuk Balai Latihan Kerja

Bagaimana jika setelah lulus SMA, beasiswa tidak kunjung dapat dan melamar kerja juga tidak kunjung diterima. Tetap bersabar dan tetap berikhtiar. Jangan biarkan waktu anda terbuang percuma. Isilah waktu dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Untuk lebih fokus dan terarah, daripada berdiam diri di rumah lebih baik masuk saja ke Balai Latihan Kerja.

Banyak juga kok, balai latihan kerja baik dari pemerintah maupun swasta yang bisa membimbing para lulusan SMA agar menajdi seorang profesional. Tidak hanya itu, biasanya Balai Latihan Kerja bekerjasama dengan beberapa perusahaan sehingga bisa memasukkan lulusannya untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

Dari beberapa perusahaan juga ada yang menyelenggerakan program latihan atau training. Misal dari perusahaan pelayaran, mereka biasanya merekrut tenaga kerja melalui sebuah program magang, program latihan atau program training. Memang, biasanya untuk bisa masuk program ini harus mengeluarkan biaya yang jumlahnya tidak sedikit, tapi dijamin bisa langsung kerja dengan gaji yang tidak kecil. Saya bisa mengatakan ini, karena ada juga anak tetangga yang mengikuti program pelatihan di salah satu perusahaan pelayaran dan sekarang sudah bekerja dengan gaji yang sangat besar.

Nah itulah solusi bagi lulusan SMA yang tidak kuliah karena hambatan biaya, semoga informasi ini bisa menjadi jalan keluar atau menjadi solusi alternatif dari masalah yang sedang anda hadapi. Kuncinya, tetap fokus pada tujuan hidup anda dan teruslah berusaha mencari jalan untuk mencapai tujuan tersebut.
Comments
0 Comments

0 Response to "Solusi Bagi Lulusan SMA Yang Tidak Kuliah Karena Hambatan Biaya"

Poskan Komentar