Cara Cepat Input Nilai Raport Dapodik Dengan Import Data Excel

Cara Cepat Input Nilai Raport Dapodik Dengan Import Data Excel | Input nilai raport pada aplikasi dapodik 2017 untuk tingkat sekolah dasar sudah diakomodir. Itu artinya ada tugas baru untuk guru dan atau OPS, yaitu melakukan input nilai raport pada aplikasi dapodik 2017. Sesuai dengan surat edaran kemdikbud tentang input nilai raport pada aplikasi dapodik, bahwa tugas input nilai raport adalah tugas masing-masing guru kelas dan mapel.

Untuk memfasilitasi guru melakukan input nilai raport pada aplikasi dapodik, maka OPS perlu membuatkan akun pada dapodik untuk semua guru. Cara membuat akun guru pada dapodik dan panduan guru melakukan input nilai raport pada aplikasi dapodik 2017, silakan klik di sini.

Meskipun input nilai raport merupakan tugas masing-masing guru kelas dan guru mapel, namun ada kalanya guru-guru tersebut meminta bantuan kembali kepada OPS untuk menginput data nilai raport pada aplikasi dapodik. Nah, jika ini yang terjadi maka OPS harus bekerja ekstra untuk menginput semua nilai raport dari masing-masing siswa yang ada di sekolah.

Agar input nilai raport pada aplikasi dapodik 2017 bisa lebih cepat, OPS bisa menggunakan fitur eksport import. Fitur import berfungsi untuk menginput nilai raport secara cepat dengan mengambil data dari file excel. Bagaimana cara menggunakan fitur export import ini? Silakan baca sampai tuntas.

Cara Import Nilai Raport Dari Excel


  1. Silakan buka aplikasi dapodik dan login seprti biasa
  2. Kemudian masuk ke menu Nilai, Raport, Pilih Kelas yang nilai raport siswanya akan diinput

  3. Pilih kelas dan rombel yang akan di buat lalu tekan tombol Tambah maka akan muncul menu tambah mata evaluasi.
  4. Pilih mata pelajaran evaluasi, selanjutnya isikan nomor urutnya pada bagian bawah. Untuk nomor urut sesuaikan saja dengan nomor urut sesuai struktur kurikulum atau sesuai rapot siswa.
  5. Tekan tombol simpan dan tutup, selanjutnya nama mata pelajaran akan tersimpan dan tampil pada fitur raport.
  6. Klik dua kali pada mata pelajaran agar keluar data siswa pada kolom bagian sebelah kanan

  7. Setelah data siswa keluar seperti pada gambar dibawah ini, silakan anda klik Export dan Import, kemudian klik Unduh Format Excel Untuk Import Nilai Rapoart.
  8. Selanjutnya silakan buka file excel hasil downloadan, tampilannya akan seperti ini
  9. Ada dua hal saja yang harus anda isi pada file excel ini, yaitu mengisi KKM dan mengisi nilai raport. Untuk yang lainnya jangan diutak-atik atau dirubah-rubah, baik itu format kolom, baris dan semua tulisan yang ada. Karena jika dirubah akan terjadi error pada saat melakukan import data. Silakan anda isi sampai lengkap, jika anda memiliki data nilai raport yang sudah diinput pada file excel, anda bisa mengcopynya untuk dimasukkan pada format ini. Setelah selesai, silakam simpan. Kembali lagi ke aplikasi dapodik, pada fitu atau menu Export Import.
  10. Sekarang, silakan anda pilih menu Import , sehingga akan muncul seperti gambar di bawah ini. Silakan klik Pilih Excel, cari dimana file excel yang tadi sudah didownload dan diisi data nilai. Selanjutkan klik Import.
  11. Jika berhasil, maka nilai raport akan langsung masuk seperti gambar di bawah ini

Nah, sampai di sini selesai sudah input nilai untuk satu mata pelajaran. Untuk mengisi nilai mata pelajaran lainnya, silakan lakukan cara yang sama. Cara cepat nilai raport dapodik dengan import data excel saya akhiri disini, semoga bermanfaat untuk membantu mempercepat pekerjaan para OPS di seluruh Indonesia. Tetap semangat!!!
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Cepat Input Nilai Raport Dapodik Dengan Import Data Excel"

Posting Komentar