Selasa, Agustus 02, 2016

Panduan Instal Dapodik Terbaru 2016, Lengkap Dengan Gambar

Panduan Instal Dapodik Terbaru 2016, Lengkap Dengan Gambar | Aplikasi Dapodik 2016 adalah salah satu yang dinantikan oleh para Operator Sekolah. Hari tanggal 2 Agustus 2016 Dapodik 2016 sudah resmi bisa diunduh dari situs Dapodikdasmen Kemdikbud. Dikabarkan bahwa ada sejumlah perubahan yang terjadi pada aplikasi Dapodik 2016 ini.

Apakah cara install aplikasi dapodik 2016 juga mengalami perubahan? Mari kita simak cara menginstal aplikasi dapodik 2016 berikut ini. Agar lebih jelas, saya lengkapi dengan screen shoot pada saat saya menginstal dapodik 2016 di laptop saya.

Panduan Lengkap Cara Instal Aplikasi Dapodik 2016

panduan lengkap cara instal dapodik 2016

Pertama Uninstall Terlebih Dahulu Dapodik Versi Lama

Uninstal adalah upaya menghapus sebuah aplikasi dari windows. Agar aplikasi dapodik terbaru 2016 bisa diinstal, maka alikasi dapodik lama harus dibuang atau dihapus terlebih dahulu. Silakan ikuti panduan cara menghapus atau uninstall dapodik 2016 berikut ini.

Klik Satart kemudian klik Control Panel

Pada Control Panel silakan anda urutkan dengan Small Icon, sehingga daftar control panel berubah seperti berikut. Kemudian klik pada Program and Feature.

Cari aplikasi Dapodikdas, kemudian klik


Anda akan mendapatkan pemberitahuan atau peringatan apakah anda akan menghapus dapodik atau tidak. Tidak usaha khawatir dan was-was, langsung aja klik Yes untuk menghapus dapodik dari laptop atau komputer anda.


Keduan Download Aplikasi Dapodik 2016

Silakan anda kunjungi link http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
Anda bisa mengunduh aplikasi dapodik 2016 dengan kelik tombol Unduh Installer, atau kalau server terlalu sibuk anda bisa memiliki link alternatif di bawah ini :
  • Prefill Alternatif 1 ( disini )
  • Prefill Alternatif 2 ( disini )
  • Prefill Alternatif 3 ( disini )

Ketiga Download Data Prefil Sekolah Anda

Untuk mendownload data prefil silakan klik di sini. Data prefil ini dibutuhkan karena saya akan menginstal dapodik dengan melakukan registras secara ofline. Cara download data prefil saat ini berbeda dengan sebelumnya. Kalau sebelumnya kita bisa menggunakan NPSN atau Koreg Dapodik, maka saat ini kita harus memasukkand data Jenang Sekolah, email (username) dapodik, pasword dapodik dan Koreg Dapodik.

Silakan anda isi dengan data dapodik sekolah anda. Setelah terisi klik GENERATE. Tunggu beberapa saat, anda akan dibuat data prefil sampai tampilan berubah seperti ini.
Silakan klik tulisan download yang ada di dalam kurung dengan tombol kembali warna hijau.

Keempat Buat Folder data_prefil pada drive C

Folder ini untuk menempatkan data prefil yang telah di download. Setelah selesai mendownlaod data prefil silakan tempatkan pada folder ini.

Kelima Instal Aplikasi Dapodik 2016

Silakan jalankan file Dapodik_2016.exe yang sudah selesai anda download dengan cara double klik (klik dua kali) atau klik kanan kemudian klik open.
Anda akan mendapatkan peringatan seperti gambar di atas, langsung aja tanpa ba bi bu klik Run. Pada tahap selanjutnya silakan klik Lanjut.


Selanjutnya centang atau klik pada Saya Setuju, kemudian klik Lanjut

Klik lanjut sampai beberapa kali sehingga pada tahap berikut. Silakan Klik Pasang

Tunggu beberapa saat, aplikasi dapodik akan diinstal pada laptop atau komputer anda.

Jika anda mendapatkan peringatan semacam ini, silakan klik aja OK.

Jika anda pemberitahuan errr, silakan klik aja Yes. Tunggu instal aplikasi dapodik sedang dalam tahap finishing. Tunggu sampai keluar seperti ini.

Jika sudah keluar seperti itu, silakan anda klik Selesai dan laptop atau komputer akan melakukan restart ulang. (Santai sejenak sambil ngopi).

Cara Registrasi Dapodik 2016

Setelah laptop atau komputer restart dan kembali log on, selanjutnya silakan melakukan registrasi. Ada dua cara untuk melakukan registrasi, yaitu registrasi online dan registrasi offline. Untuk melakukan registrasi ofline pastikan anda sudah mendownload data prefil dan menaruhnya pada folder data_prefil (lihat langkah ketiga dan keempat). Untuk memulai silakan anda buka atau jalankan aplikasi dapodik dengan cara klik dua kali pada icon dapodik yang ada pada desktop.


Setelah anda menjalankan aplikasi dapodik yang pertama kali, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Ini adalah tampilan form untuk melakukan registrasi. Silakan anda isi jenis registrasi (online/ofline), username (email), pasword dan ketik ulang pasword, kode registrasi dapodik, dan jenjang sekolah. Setelah selesai silakan klik submit.

Catatan :
Jika anda melakukan registrasi secara online, pastikan koneksi internet anda cepat dan stabil. Jika tidak maka proses registrasi akan selalu mengalami gagal koneksi. Jadi saya sarankan lebih baik melakukan registrasi secara ofline saja.

Setelah selesai melakukan registrasi, silakan coba untuk masuk (login) ke aplikasi dapodik 2016.


Silakan masukkan username (email) dan pasword dapodik anda kemudian klik Masuk. Jika semua langkah sudah dilakukan dengan benar, maka anda akan bisa login ke aplikasi dapodik 2016 dengan tampilan seperti berikut.


Nah demikian panduan install dapodik terbaru 2016 lengkap dengan gambar yang saya sajikan sebagai awal dari pekerjaan para operator sekolah pada semester I tahun 2016/2017 ini. Selanjutnya tunggu aja tips trik mengerjakan dapodik 2016/2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top