Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru Untuk SD

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru Untuk SD | Setelah melalui beberapa revisi, akhirnya kurikulum 2013 kembali diberlakukan untuk semua satuan pendidikan secara bertahap. Untuk tahun ini, satuan pendidikan tingkat sekolah dasar belum semua menjalankan kurikulum 2013. Baru sekolah-sekolah inti saja yang menjalankan kurikulum 2013.

Sebagian guru, merasa kebingungan dengan dengan cara melakukan penilaian terhadap siswa pada kurikulum 2013. Untuk itu, maka kemdikbud menerbitkan sebuah panduan penilaian kurikulum 2013.

Baca Juga : RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD Lengkap

panduan penilaian kurikulum 2013


Panduan penilaian kurikulum 2013 edisi revisi terbaru untuk SD ini agar dipedomani oleh seluruh guru SD di Indonesia dalam melakukan penilaian terhadap peserta didiknya. Dengan panduan ini, maka guru juga bisa merancang atau menentukan KKM, kriterian kenaikan kelas dan kriterian kelulusan.

Ruang lingkup penilaian kurikulum 2013 terdiri dari penialian yang meliputi sikap spiritual, sikap sosial, penilaian pengetahuan yang bisa dilaukan dengan tes tertulis, tes lisan dan tes penugasan, penilaian keterampilan dengan melakukan tes penilaian kinerja, tes penilaian proyek. Selain itu penilaian juga dilengkapi dengan penilaian portofolio.

Baca Juga : RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 4 Lengkap

Penilaian dilakukan oleh satuan pendidikan atau sekolah dengan melalui beberapa tes yang sudah biasa dilakukan, yaitu penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun dan ujian sekolah.

Secara lengkap, panduan penilaian kurikulum 2013 edisi revisi terbaru ini bisa anda baca pada surat edaran yang dikeluarkan oleh kemdikbud pada 15 Desember 2016. Dalam surat edaran ini juga dilampirkan contoh Rapor Peserta Didik Kurikulum 2013.

Silakan anda unduh panduan penilaian kurikulum 2013, klik di sini.
Comments
0 Comments

0 Response to "Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru Untuk SD"

Posting Komentar