Jumat, Maret 30, 2018

Penting!!! Guru PNS Zaman Now Harus Tahu Link-Link Berikut Ini

Penting!!! Guru PNS Zaman Now Harus Tahu Link-Link Berikut Ini - Inilah PNS Zaman Now, dimana pengelolaan data kepegawaian dilakukan secara digital, maka mau tidak mau PNS zaman now harus mengupdate pengetahuannya tentang teknologi dan informasi. Dengan pengelolaan data secara digital, proses pengolahan data menjadi cepat, hasil bisa lebih cepat diketahui oleh masing-masing PNS. Dengan demikian maka pelayanan yang cepat dan transparan benar-benar menjadi kenyataan dengan sistem digitalisasi ini.

Untuk mendukung pelayanan yang cepat tersebut, maka pemerintah menghadirkan aplikasi-aplikasi online yang berkaitan dengan kepegawaian. Misal, setiap PNS bisa cek data singkat miliknya, cek tunjangan pensiun yang akan diterimanya, cek kevalidan data untuk penerima tunjangan TPG, cek daftar hadir online, cek data kepegawaian di BKD dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 3 Ciri Orang-Orang Sukses Yang Bisa Anda Tiru Jika Ingin Sukses

Dengan banyaknya aplikasi online ini seharusnya PNS bisa mengetahui lebih cepat tentang informasi berkaitan profesinya. Namun amat sangat disayangkan, entah karena kurang update atau memang tidak peduli, banyak PNS yang tidak tahu atau tidak mau tahu tentang aplikasi-aplikasi bermanfaat ini.

Nah bagi anda PNS zaman now, silakan catat atau simpan link-link di bawah ini di komputer, laptop atau smartphone anda. Berikut adala link-link penting dengan keterangan singkat tentang manfaatnya.

CEK PROFIL PNS BKN
Link yang pertama adalah link dari BKN yang berfungsi untuk melihat profil singkat PNS. Melalui link ini anda bisa melihat apakah data utama pegawai anda sudah benar atau belum. Jika ada kesalahan data, silakan hubungi BKD dengan membawa berkas sebagai data dukung untuk melakukan perbaikan. Untuk melihat profil atau data pegawai anda, silakan kunjungi link di bawah ini :
https://apps.bkn.go.id/ProfilPns

Silakan masukkan NIP anda kemudian masukkan kode yang muncul, kemudian klik OK. Data anda akan muncul.

Baca Juga : Persyaratan Masuk SD Berdasarkan Permendikbud No. 14 Tahun 2018

CEK TUNJANGAN PENSIUN PNS
Bagi anda PNS yang menjelang pensiun, sekarang bisa tahu lebih cepat seberapa besar tunjangan pensiun yang akan anda terima. Cara ceknya juga sangat mudah, silakan anda kunjungi link di bawah ini :
http://e-klim.taspen.com/eklim/estimasi/pns_pensiun1/index.php

Bagaimana cara menggunakan link ini untuk melihat besaran tunjangan pensiun anda, silakan anda baca Cara Cek Tunjangan Pensiun Secara Online.

CEK INFO PTK DAPODIK
Nah kalau yang ini saya yakin sebagian besar PNS Guru sudah tahu. Eit, tapi gak yakin juga sih, karena sebagian besar guru PNS penerima TPG menyerahkan semuanya kepada para operator sekolah. Hehehe....

Oke, meskipun anda sudah mempercayakan semuanya kepada operator sekolah tapi sangat dianjurkan agar anda juga tahu tentang link ini dan keguanaannya. Link ini berguna untuk melihat data guru yang sudah diinputkan dalam aplikasi dapodik apakah sudah valid atau belum. Bagi guru penerima TPG, sangat penting untuk mengetahui lebih awal apakah datanya valid atau tidak. Jika tidak valid, maka SKTP tidak akan keluar, artinya penyaluran TPG bisa terhambat.

Untuk melihat data anda apakah valid atau tidak, silakan anda kunjungi link di bawah ini :
http://info.gtk.kemdikbud.go.id

CEK DAFTAR HADIR ONLINE
Hayooo.... udah tahu belum kalau sekarang para guru selain mengisi daftar hadir secara manual di buku daftar hadir (PG7), ternyata daftar tersebut juga harus diisikan ke daftar hadir online. Tentu saja, untuk sementara tugas ini adalah wewenang kepala sekolah yang biasanya mendelegasikan kepada operator sekolah untuk mengisikan daftar hadir online semua guru. Dasar pengerjaannya tentu dari daftar hadir manual yang ada di masing-masing sekolah. Meskipun ini adalah tugas kepala sekolah atau operator sekolah, sebaiknya guru juga tahu apakah daftar hadirnya sudah diisi atau belum.

Baca Juga : Download Kalender Pendidikan / Kaldik 2018/2019 5 Hari dan 6 Hari Sekolah

Cara mengetahuinya dengan mengecek daftar hadir online pada link di bawah ini :
http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id

Untuk panduan cara cek daftar hadir online silakan anda baca artikel saya  Cara Cek Daftar Hadir Guru Online.

CEK DATA PEGAWAI (KHUSUS KAB. CILACAP)
Kalau yang ini khusus, mungkin tidak semua kabupaten memiliki layanan ini dan kalaupun memiliki tentunya dengan link yang berbeda. Link ini khusus untuk para guru PNS di wilayah pemerintah daerah kabupaten Cilacap. Anda bisa cek data kepegawaian anda secara lengkap pada link di bawah ini :
http://bkd.cilacapkab.go.id/login-pegawai

Tidak hanya data dasar berupa nama, pangkat dan golongan, tapi anda juga bisa melihat berbagai riwayat termasuk riwayat mutasi terbaru.

SANGAT PENTING, APLIKASI ANDROID KHUSUS PNS
Nah kalau yang ini berlaku secara nasional. Seluruh PNS, bukan hanya guru sebaiknya tahu ini. Yaitu, aplikasi android resmi dari BKN yang dikhususkan untuk para PNS di seluruh Indonesia. Aplikasi ini merupakan pengganti login anda di PUPNS yang sebelumnya sudah diketahui bersama.

Layanan dari aplikasi ini luar biasa lengkap, selain anda bisa melihat data kepegawaian anda, anda juga akan selalu mendapatkan notifikasi jika ada info-info terbaru dari BKN termasuk jika BKN sudah mengeluarkan SK terbaru untuk anda. Misal, SK gaji berkala atau SK pangkat golongan terbaru.

Nah sangat penting tentunya untuk anda para PNS. Untuk itu silakan anda untuk Aplikasi My SAPK BKNvia google play dengan android anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top