Minggu, April 12, 2020

Cara Mengatasi Dapodik Tidak Bisa Login Karena Username dan Pasword Salah

Tidak bisa login dapodik, ada keterangan username dan pasword salah. Hmmm.... kenapa bisa begini. Padahal sebelumnya, bisa login dengan username dan pasword yang sama. Masalah tidak bisa login karena salah username dan pasword banyak dialami oleh para Operator Sekolah dalam aplikasi dapodik 2020.

Karena masalah tersebut banyak teman-teman operator yang kemudian memilih instal ulang aplikasi dapodik dan meregistrasi ulang tentunya. Kalau data hasil pekerjaan sudah terkirim (sudah sinkronisasi) mungkin tidak begitu masalah, tapi kalau data perubahan belum tersinkronisasi, maka pekerjaan harus dimulai dari awal lagi. Tentu ini bukan hal yang menyenangkan.

cara mengatasi masalah dapodik tidak bisa login

Penyebab Tidak Bisa Login Dapodik 2020

Sebelum kita bahas tentang cara mengatasi masalah tidak bisa login dapodik, ada baiknya kalau kita bahas dulu sumber masalahnya. Dengan mengetahui sumber masalah atau penyebab, maka kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Artinya, anda tidak akan menemu masalah yang sama lagi dengan dapodik.

Setelah melalui pengamatan dan percobaan, saya menyimpulkan bahwa masalah dapodik tidak bisa login disebabkan, aplikasi dapodik sekarang sepertinya tidak mau menerima username dan pasword lebih dari satu akun. Lho, kok gitu. Padahal kan, kalau mau merubah data GTK harus login denagn akun GTK yang bersangkutan. Terus gemana donk.

Jangan panik dulu. Untuk merubah data GTK memang kita harus menggunakan akun GTK yang bersangkutan. Dan di aplikasi dapodik sebelumnya, memang harus login seperti loginnya operator sekolah. Yaitu dengan cara memasukan email GTK, dan pasword dapodik pada form login dapodik. Tapi jika hal ini dilakukan pada aplikasi dapodik 2020, maka justru akan mendapatkan masalah. Yaitu, anda tidak akan bisa login pada aplikasi dapodik menggunakan akun operator.

Nah, itulah penyebab mengapa usernama dan pasword dapodik menjadi salah, padahal sebelumnya tidak masalah.

Cara Mencegah Username dan Pasword Menjadi Salah

Nah selanjutnya, kalau sudah tahu penuyebabnya tentu harus tahu cara mencegahnya, dan satu-satunya cara mencegah masalah dapodik tidak bisa login adalah dengan tidak login aplikasi dapodik denagn akun GTK. Artinya, satu aplikasi hanya untuk satu akun. Jadi, pastikan kalau anda mau login selalu menggunakan akun operator sekola.

Lalu bagaimana kalau mau mengedit atau mengubah data guru?
Pada aplikasi dapodik 2020, ada sebuah fitur baru untuk bisa masuk ke akun GTK tanpa harus melalui form login. Yaitu, melalu menu pengaturan, tukar akses pengguna. Caranya :
1. Klik menu pengaturan
2. Klik tukar akses pengguna
3. Masukkan kode registrasi dapodik
4. Kemudian pilih guru yang akan diubah datanya
5. Klik tukar pengguna

Secara otomatis, anda akan diarahkan ke akun guru tersebut tanpa harus logout dan login kembali menggunakan akun guru tersebut. Selanjutnya, silakan ubah data seperti biasa.

Untuk kembali ke akun operator sekolah juga sama tidak perlu tutup aplikasi. Dibagian bawah pada menu-menu yang tampil ada menu Kembali ke Amin. Klik menu tersebut dan anda akan diminta untuk memasukkan kode registarsi dapodik lagi. Silakan masukkan dan klik OK. Anda akan langsung kembali ke akun operator sekolah.

Cara Memperbaiki Dapodik Salah Username dan Pasword

Jika aplikasi dapodik sudah terlanjur rusak, artinya tidak bisa login, maka langkah perbaikan harus ditempuh. Adapun cara perbaikan bisa dengan cara instal dan registrasi ulang atau menggunakan cara lain yang lebih praktis. Nah, kalau saya sih suka yang lebih praktis. Hehe...

Untuk memperbaiki dapodik yang tidak bisa login karena username dan pasword tiba-tiba menjadi salah, cukup dengan menggunakan sebuah tool kecil reset pasword. Ingat, ini untuk dapodik yang tidak bisa login karena username dan pasword tiba-tiba dinyatakan salah lho ya, bukan karena anda lupa pasword.

Artinya, anda yakin bahwa username dan pasword sudah betul, tapi aplikasi dapodik selalu menolak username dan pasword yang anda input. Maka, inilah obatnya.

Silakan anda unduh ResetPasword.zip, kemudian buka menggunakan winrar, dan ekstrak. Filenya tidak besar, jadi mengunduhnya cepat dan proses ekstrak juga sangat cepat. Selanjutnya, silakan anda buka ResetPasword.exe dekan klik kanan dan klik Run As Administrator.  Selanjutnya klik tombol RESET PASWORD. Cukup 1 kali aja ya, nanti akan ada tulisan reset pasword berhasil. Kalau sudah, silakan tutup aja aplikasi kecil ini dan silakan buka aplikasi dapodik anda login menggunakan username dan pasword yang biasa anda gunakan.

Selesai, itulah cara mengatasi dapodik tidak bisa login karena username dan pasword salah. Semoga bisa membantu para operator di sekolah di seluruh Indponesia.

Oh ya, tambahan lagi....
Aplikasi kecil ini saya lupa mengambilnya darimana. Yang jelas bukan hasil karya saya, tapi saya sudah menggunakannya berkali-kali dan selalu berhasil tanpa ada efek yang menghkawatirkan. Jadi, Insya Alloh aplikasi ini aman digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top