Sabtu, April 11, 2020

Panduan Praktis Cara Membuat Soal Test Online Menggunakan Google Forms

Test secara online, test harian secara online, test tematik secara online atau mungkin bisa juga penilaian akhir semester online dan penilaian akhir tahun online. Ya, inilah jamannya generasi punya banyak cerita. Gara-gara virus corona, semua harus dilakukan dari rumah. Bekerja dari rumah, beribadah di rumah, mengajar dari rumah dan belajar juga harus di rumah.

Dalam kondisi semacam ini, maka seorang guru dituntut daya kratifitasnya. Bagaimana caranya, meskipun guru di rumahnya sendiri dan murid juga di rumahnya masing-masing, proses pembelajaran harus tetap berjalan dan tentunya assemen atau penilaian juga harus berjalan.

Bagi guru milenial, mungkin tidak asing dengan dunia IT, dan di dunia IT ada sebuah faslitas gratis dari Google, yaitu google form. Fasilitas ini sudah umum digunakan untuk berbagai macam keperluan. Seperti survey online, pengisan biodata online atau data apapun yang sifatnya harus dikerjakan dari jarak jauh.

Nah, guru juga bisa menggunakan google form ini untuk membuat test online atau penilaian secara online. Caranya sangat mudah, dan tentunya gratis.

Kemudahan meliputi, kemudahan cara menggunakannya, kemudahan cara membuat soal test, dan kemudahan cara mengaksesnya. Untuk menggunakan google form sebagai media test online terbilang sangat mudah, bagi anda yang masih awam saja, asal bisa mengoperasikan komputer pasti bisa menggunakannya.

Cara membuat soal test online juga sangat mudah, tidak ada bedanya dengan anda ketika mengetik menggunakan microsoft word. Cuman bedanya, di sini anda langsung bisa membuat soal pilihan ganda dengan type choice answer (pilihan jawaban). Jadi, kalau soalnya dalam bentuk plihan ganda wah sangat mudah. Kalaupun soalnya dalam bentuk jawaban singkat dan uraian juga sangat mudah ko.

Wah tentunya anda penasaran kan bagaimana cara membuat soal test online menggunakan google form. Daripada cuma penasaran aja, silakan lanjut aja ke tutorial di bawah ini. Biar lebih mudah saat mengerjakan, saya sarankan sih agar anda menggunakan komputer atau laptop ya. Kalau menggunakan HP, aduh kayaknya bakal sedikit kesulitan, terutama dalam kecepatan pengetikan. Hehe...

Panduan Praktis Membuat Soal Test Online

Oke, langsung saja. Silakan anda buka alamat https://docs.google.com/forms/u/0/
Boleh menggunakan mozila, boleh juga dengan chrome atau browser lainnya. Yang penting anda sudah memiliki akun google (gmail). Ketika anda membuka alamat di atas, kalau anda belum login menggunakan akun google, maka akan diminita login, silakan login seperti biasanya anda akan login pada akun gmail anda. Kalau sudah login, maka anda akan disuguhi tampilan seperti di bawah ini.




Untuk memulai membuat soal test online baru, silakan anda klik yang tanda plus (yang saya kasih tanda lingkaran merah). Maka selanjutnya anda akan langsung akan diawah pada sebuah lembar kerja atau form untuk membuat soal test online. Untuk membuat test online lebih menarik, formt akan dibuat menjadi duan section. Nah untuk section pertama silakan anda kasih judul. Misal Ulanga harian kelas 4.

Jangan lupa isi juga deskiripsinya, ah kalau inimah silakan isi sesuai keinginan anda aja deh. Nah disini sudah tersedia satu form untuk membuat pertanyaan. Gunakan aja dulu untuk mengisi biodata siswa. Misal, untuk form pertama kasih judul NAMA LENGKAP, jawaban yang dipilih, silakan pilih short answer text atau paragraph juga boleh.

Kemudian untuk mengisi kelas, dan nomor absen anda harus menambahkan form pertanyaan. Caranya adalah dengan klik tanda plus kecil yang ada di sebelah kanan. Kalau udah selesai form biodata, selanjutnya dalah untuk membuat form pertanyannya.
 


Untuk membuat form pertanyaan, silakan klik Other Sesion. Dengan cara ini, maka nanti soal test online akan tampil lebih menarik. Pertama siswa akan mengisi biodata, dan untuk melanjutkan mengisi jawaban test siswa harus klik Next atau Lanjutkan.



Pada section kedua ini, silakan isi judul dengan petunjuk pengisan atau keterangan lainnya. Untuk menambahkan soal-soal baru, seperti biasa silakan klik pada tanda plus sebelah kanan. Lihat yang saya kasih tanda lingkaran merah. Nah itu untuk menambah soal.


Selesaikan membuat soal. Kalau sudah selesai, sekarang tinggal meminta siswa untuk mengisi soal tersebut. Caranya, sebar link dari soal test online di gurup WA. Caranya, silakan klik send, kemudian pilih link, centang short link, dan klik copy.


Selanjutnya silakan buka grup WA menggunakan watsapp web, kemudain paste aja langsung (Ctrl + V) di grup WA dan kasih keterangan, misal perintah untuk mengisi soal test online tersebut.

Untuk melihat hasil pengerjaan siswa, silakan klik Respons, klik tanda plus pada kotak hijau, hasil akan muncul dalam google sheet.



Biarkan pilihan pada create a new spreedsheet (untuk menampilkan hasil pengisian test pada google sheet baru), klik create


Browser akan membuka tab baru, yaitu google sheet berisi hasil jawaban siswa sebagai berikut


Nah kalau semua siswa sudah mengisi, tugas anda slenjutnya adalah mengunduh spreed sheet ini. Kemudian anda olah dengan cara mencocokan hasil jawaban siswa dengan kunci jawaban yang anda miliki. Ingat, hasil unduhan dalam format excel lho, kalau anda bisa anda bisa membuat kunci jawaban di excel, dan ketika jawaban siswa dibandingkan dengan kunci jawaban akan secara otomatis ketahuan hasil test online siswa, benar berapa dan salah berapa. Untuk membuat rumus mengoreksi soal test online siswa, tunggu aja artikel berikutnya.

Demikian panduan praktis membuat soal test online menggunakan google form, semoga bermanfaat dan meskipun DI RUMAH AJA, anda tetap bisa produktif dan tetap bisa membimbing siswa dengan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top