Senin, Februari 13, 2023

Aplikasi Cetak Kartu NISN Terbaru Berbasis Excel, Plus Desain Corel Draw Siap Cetak

 Selamat datang kembali di blog Mang Waskim yang sangat sederhana dan selalu mencoba memberikan kebahagiaan pada setiap pembacanya. Karena saya memiliki prinsip bahagia itu sederhana. Hehe....

Kesederhanaan yang akan membuat bahagia yang kali ini saya share adalah aplikasi cetak kartu NISN berbasis excel. 

Ya, tentu bagi para operator sekolah atau siapapun yang ingin mencatak kartu NISN aplikasi ini akan sangat membantu.

Cara penggunaan aplikasi cetak kartu NISN ini tentu sangat mudah. Karena berbasis excel, jadi yang perlu anda lakukan hanya input data siswa yang dibutuhkan yaitu :

1. nama

2. NISN

3. tempat lahir

4. tanggal lahir

5. jenis kelamin

Ya, cuma data itu saja yang dibutuhkan untuk membuat kartu NISN pada aplikasi ini. Tapi tentu saja, jika anda ingin menambahkan data lainnya bisa diubah dengan mudah, karena aplikasi ini tidak saya kunci sehingga memberikan kebebasan bagi anda yang ingin melakukan modifikasi.

aplikasi cetak kartu NISN terbaru


Cara Cetak Kartu NISN Menggunakan Aplikasi Excel

Apa saja yang tersedia pada file aplikasi cetak kartu NISN terbaru ini?

1. file excel aplikasi cetak NISN

2. background kartu

3. font barcode

Oke, langsung aja ya ke cara mencetak kartu NISN menggunakan aplikasi ini. 

1. Download terlebih dahulu file yang dibutuhkan di sini.

2. Jalankan file excel Aplikasi Cetak Kartu NISN

3. Inptu data siswa pada sheet yang sudah disediakan

4. Kalau sudah selesai inptu data silakan cetak kartu pada sheet kartu

Lho kok cetak kartunya polos, gak ada backgrounnya?

Tenang, ini belum selesai, bisa jadi setingan backgroundya harus anda sesuaikan dulu dengan posisi folder dimana anda menyimpan aplikasi ini. Jadi, sebalum anda mencetak kartu anda harus seting dulu backgroudnya menggunakan file PNG yang sudah saya sertakan dalam file yang sudah anda download tadi. Begini caranya.

Cara Seting Background Kartu NISN

1. Setelah file aplikasi cetak kartu NISN terbutka, pastikan dulu macronya sudah aktif ya, kalau belum silakan aktifkan macronya dulu

2. Selanjutnya silakan klik Page Layout, Klik Print Titles, sehingga muncul seperti ini.

Silakan klik pada tabulasi Header/Footer, kemudian klik Custom Header shingga muncul seperti gambar berikut ini.


Tarus kursor pada bagian yang saya kasih tanda ungu (Center sections) yang ada tulisan &(Picture), kemudian klik pada icon folder (yang dikasih lingkaran hijau), nah silakan cari file background kartu yagn sudah saya sertakan, kemudian klik OK.

Nah, sampai disini setingan background sudah selesai, silakan anda print preview dulu atau tekan tombol CTRL + P secara bersama-sama sehingga akan nampak bentuk kartu yang akan di cetak. Karena apda tampilan normal, kartu yang akan dicetak tetap akan tampil polos.

Bonus Desain Cetak Kartu NISN Pake Corel Draw

Nah, bagi anda yang suka dengan utak-atik gambar, sudah saya sertakan juga nih desain kartu NISN dalam format CDR yang bisa anda modifikasi sesuka hati. Hehe.....

Kelebihan mencetak menggunakan corel draw, lebih mudah dalam pengaturan layout dan konon katanya hasil cetakan lebih bagus dibanding mencetak menggunakan excel atau word. 

Kekurangan menggunakan cetak kartu NISN menggunakan corel tentu proses cetak akan lebih lama, karena data siswa diinput secara manual, bayangkan jika anda akan mencetak 500 kartu NISN, berapa lama anda harus input data secara manual pada file corel. Hehe....

Oke, file corel ini buka untuk itu sih tujuannya, melainkan agar anda bisa memodifikasi bentu kartu NISN yang akan dicetak.

Bagi yang butu, silakan klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top