Minggu, Januari 17, 2016

Panduan Instal Dapodik 4.1.0 Terbaru Semester Genap 2015/2016

Panduan Instal Dapodik 4.1.0 Terbaru Semester Genap 2015/2016 | Dapodik versi terbaru sudah lahir dengan nama Dapdik 4.1.0. Bagi para opeartor sekolah yang sebelumnya sudah mengupdate dapodik ke versi 4.0.3 dan belum bisa mengkases semester genap, maka inilah jawabannya. Dapodik versi 4.0.3 hanya untuk memperpanjang umur dapodik 4.0.2 agar para operator sekolah bisa memperbaiki data pada semester I yang masih membutuhkan pembetulan.

Pada dapodik versi 4.1.0 ini maka semester genap atau semester II sudah bisa diakses, itu artinya para operator sekolah kembali mengerjakan pendataan sekolah semester II tahun pelajaran 2015/2016. Pendataan yang berkaitan dengan data siswa, data sarpras, data PTK, data pembelajaran dan lain sebagainya.

Perlu diingat bahwa pada semester II ini, maka para operator sekolah penting untuk mengupdate SK Tugas Pembelajaran, Keaktifan PTK pada Penugasan, dan data lainnya yang memerlukan perubahan. Agar tidak teralalu sulit dalam mengerjakannya maka opearator sekolah bisa memilih menu Action kemudian Lanjutkan Data.

Eit, dapodiknya aja belum diupdate kok malah membahas teknis pengerjaan data. Oke, sekarang fokus ke cara install dapodik 4.1.0 untuk sementer genap tahun pelajaran 2015/2016. Untuk melakukan instalasi ada 3 tahap yang harus anda kerjakan yaitu tahap persiapan, tahap instalasi dan tahap finishing.

3 Tahap Cara Install Dapodik 4.1.0 Terbaru

1. Tahap Persiapan Instal Dapodik

Persiapan pertama yang harus anda lakukan adalah menguninstal dapodik sebelumnya. Anda bisa melakukannya melalui Control Panel, Program and Fiture, Pilih Dapodikdas dan Klik Uninstal. Selanjutkan silakan anda buat folder prefill_dapodik pada drive "C". Nah komputer atau laptop sudah siap untuk diintal dapodik terbaru. Selanjutkan silakan anda download aplikasi dapodik 4.1.0. Silakan anda download Installer Dapodikdas 4.1.0 ( disini )

Pastikan aplikasi dapodik yang anda download berukuran 41,4 MB, jika kurang dari ukuran tersebut itu artinya aplikasi belum lengkap dan akan terjadi corupt.

Berikutnya adalah download Data Prefill Dapodik. Untuk mendownloadnya silakan anda klik di sini. Silakan download dengan metode yang anda suaki, dengan menggunakan NPSN atau Kode Registrasi Dapodik. Data prefill hasil downloadan silakan anda taruh di folder prefill_dapodik yang audah anda buat pada drive "C".

2. Tahap Instalasi Dapodik 

Silakan anda jalankan Installer Dapodik 4.1.0 yang sudah anda download. Seperti biasa klik dua kali atau klik kanan kemudian klik Run. Jika anda windows meminta konfirmasi, langsung aja klik Run sehingga muncul seperi ini.
panduan instal dapodik terbaru 
Klik Lanjut
panduan instal dapodik terbaru
Klik Lanjut
panduan instal dapodik terbaru
 Klik pada Saya setuju dengan kesepakatan tersebut kemudian lik Lanjut
panduan instal dapodik terbaru
 Tunggu proses ini sampai dengan selesai
 Klik lanjut, dapodik akan membuat server dan database, tunggu sampai selesai
panduan instal dapodik terbaru
Proses instalasi selesai, silakan klik Selesai dan browser akan terbuka dengan aplikasi dapodik 4.1.0 seperti berikut

3. Tahap Finishing Instal Dapodik

Tahap terakhir adalah melakukan registrasi ulang. Silakan klik Registrasi dan isi data-data dengan lengkap dan benar. Jangan lupa isi KODE REGISTRASI dengan koreg dapodik yang anda miliki. Kemudian klik Simpan. 

Semua tahap instalasi dapodik 4.1.0 sudah selesai, selanjutnya silakan login dan kerjakan dapodik semester genap dengan teliti dan valid.

Video Tutorial Instal Dapodik Terbaru

Untuk lebih memudahkan anda dalam melakukan instalasi dapodik, berikut saya sajikan juga video tutorial cara instal dapodik untuk anda. Semoga panduan ini bermanfaat, terutama bagi anda para operator sekolah yang mungkin masih baru berhubungan dengan dapodik.

1 komentar:

  1. Dengan dilengkapi video tutorial segala, semoga tak ada masalah dengan proses pendidikan di negara kita ya...

    BalasHapus

Resep Buat Kamu

Back To Top