Panduan Cara Instal Dapodik 2018 Lengkap Dengan Gambar

Panduan Cara Instal Dapodik 2017 Lengkap Dengan Gambar | Sahabat  Operator Sekolah Indonesia saya ucapkan selamat kepada anda semua, karena di semester II tahun 2017/2018 ini anda mendapatkan pekerjaan lagi. Yaitu mengolah data dapodik semester II 2017/2018. Hehehe....

Per 30 Januari 2018 ini, dapodikdasmen secara resmi merilis aplikasi dapodik 2018 b untuk menggantikan apliaksi dapodik 2018 a. Dengan demikian, aplikasi dapodik 2018 b dengan segala database yang terkandung di dalamnya sudah tidak berlaku lagi. Maka sangat penting bagi para operator sekolah untuk menghapus dapodik 2018 a dan menggantinya dengan aplikasi dapodik 2018 b.

Cara Menginstal Aplikasi Dapodik 2018

Cara instalasi aplikasi dapodik 2018 terdiri dari 3 langkah :
1. Langkah Persiapan
2. Langkah Instalasi
3. Langkah Registrasi

Nah untuk mempersingkat tulisan saya, mari kita langsung saja bahas langkah demi langakah cara menginstal aplikasi dapodik 2018 b tersebut. Tahap pertama adalah tahap persiapan atau mempersiapkan komputer atau laptop untuk menginstal dapodik 2018 b. Untuk spesifikasi tidak ada perubahan, kalau kemarin komputer atau laptop anda bisa diinstal dapodik 2018 a itu artinya bisa juga untuk menginstal aplikasi dapodik 201b b. Persiapan yang harus dilakukan adalah :

Langkah Persiapan Menginstal Dapodik 2018 b

Menghapus atau Uninstal Dapodik 2018 a

Aplikasi dapodik 2018 b memiliki banyak perubahan yang siginifikan dibanding dengan aplikasi dapodik 2018 a. Perubahan-perubahan tersebut terjadi pada fitur dan database dapodik. Maka untuk menginstal dapodik 2018 b harus menghapus terlebih dahulu dapodik 2018 a. Hal ini untuk menghindari kekacauan struktur database. Untuk menghapus dapodik 2018 a, silakan ikut langkah-langkah berikut ini.
1. Klik start
2. Klik Control Panel
3. Klik Uninstal a Program
4. Klik pada Dapodik versi 2018RC11, kemudian klik Uninstal

Setelah klik uninstal maka komputer akan melakukan proses penghapusan dapodik 2018a. Tunggu sampai selesai. Setelah selesai, mungkin komputer akan meminta untuk restart ulang, silakan klik saja agar komputer atau laptop restart.

Langkah Instalasi Aplikasi Dapodik 2018a

Langkah selanjutnya atau langkah kedua adalah menginstal dapodik 2018 a. Sebelumnya silakan anda download terlebih dahulu aplikasi dapodik 2017 di sini.

Setelah selesai mendownload silakan langsung jalankan Installer Dapodik 2018b dengan klik dua kali pada Dapodik_2018_b.exe

Jika pada komputer atau laptop muncul seperti gambar di bawah ini, silakan langsung aja klik Run.
Selanjutnya silakan klik Lanjut
Pada tahap berikutnya silakan anda klik Saya Setuju, kemudian klik Lanjut.
Selanjutnya proses instalasi akan berjalan untuk beberapa saat. Tunggu saja sampai proses selesai.
Setelah proses instalasi selesai, silakan anda jalankan aplikasi dapodik 2018 b sehingga akan muncul form registrasi dapodik pada browser anda.

Langkah Registrasi Aplikasi Dapodik 2018 b

Untuk melakukan registrasi aplikasi dapodik dapat di tempuh dengan dua cara yaitu Ofline dan Online. Registrasi secara ofline membutuhkan data prefil yang bisa digenerate dari laman dapodikdasmen. Namun karena pada saat saya akan melakukan generate prefil ternyata link yang tersedia bermasalah atau error, maka saya memilih registrasi dapodik 2018 b secara online. Caranya, silakan simak gambar di bawah ini.
Pada Jenis Registrasi silakan pilih ONLINE, kemudian isi Kode Registrasi dengan KOREG Dapdodik anda. KOREG Dapodik dari dulu sampai sekarang tidak pernah berubah atau ganti. Jadi silakan gunakan KOREG Dapodik terdahulu yang sudah anda simpan. Jika hilang atau lupa, silakan minta kepada koordinator operator dapodik tingkat kecamatan atau minta ke operator dapodik kabupaten.

Pada kolom Jenjang, silakan pilih Jenjang Sekolah yang sesuai dengan sekolah anda. Misal SD-SMP-SLB. Kemudian isi username dengan email yang biasa anda gunakan untuk dapodik, isi pasword dan isi konfirmasi paswor. Jika anda sudah yakin data yang dimasukkan sudah benar, silakan klik Submit. Selanjutnya, aplikasi dapodik 2018 b akan memores data (mengambil data dari server). Silakan simak gambar di bawah ini.

Lihat pada bagian atas akan ada tulisan Memroses data. Mohon Tunggu... dan ada tanda hijau yang terus bergerak. Selama proses pengambilan data dari server belum selesai, maka itu akan terus berjalan.

CATATAN :
Saat melakukan registrasi dapodik 2018 b secara online, koneksi internet harus cepat dan stabil. Hal ini untuk menghindari pengambilan data yang tidak sempurna.

Jika, pemrosan data sudah selesai dengan sempurna, maka aplikasi akan menampilkan notifikasi seperti gambar di bawah ini.


Nah, jika sudah sampai tahap ini, itu artinya instalasi dapodik 2018 b sudah selesai. Selanjutnya silakan anda login dan kerjakan dapodik semester II 2017/2018. Untuk panduan cara mengerjakan dapodik semester II 2017/2018, tunggu artikel berikutnya. Untuk mempermudah saat mengunjungi kembali blog ini silakan anda bookmark dengan tekan Ctrl + Alt + Delete
Comments
0 Comments

0 Response to "Panduan Cara Instal Dapodik 2018 Lengkap Dengan Gambar"

Posting Komentar