Langkah-Langkah Cara Pendataan Peserta UN Tahun 2017

Langkah-Langkah Cara Pendataan Peserta UN Tahun 2017 | Pendataan peserta Ujian Nasional atau Ujian Sekolah tahun 2017 sudah dimulai. Dalam hal ini operator sekolah memiliki tanggung dalam pendataan peserta ujian nasional secara valid. Untuk itu sangat penting bagi operator sekolah untuk melakukan pendataan peserta ujian nasional secara valid. Lalu bagaimana cara melakukan pendataan?

Seperti kita ketahui bahwa saat ini segala pendataan bersifat online. Dapodik menjadi sumber data untuk segala macam pendataan, termasuk pendataan peserja ujian nasional. Artinya data peserta ujian nasional diambil dari dapodik. Jadi, pastikan data siswa dalam dapodik harus sudah benar-benar valid.

Cara pendataan peserta ujian nasional sendiri harus melalui beberapa tahapan, bukan hanya diambil dari dapodik kemudian selesai. Ada tiga tahapan yang harus di lewati untuk melakukan pendataan peserta ujian nasional tahun 2017.

Tahap Pertama Pendataan via Aplikasi Dapodik

Data peserta ujian nasional diambil dari data dalam aplikasi dapodik. Jadi, tugas opertor sekolah adalah melakukan pendataan siswa secara valid melalui aplikasi dapodik yang kemudian di sinkronisasi.

Kita tahu bahwa data calon peserta ujian atau data kelas 6 sudah ada dalam dapodik, jadi bukan berarti melakukan pendataan dengan menginput data baru melainkan mengolah data yang sudah ada kemudian mengirimnya ke server pusat dengan melakukan sinkronisasi. Nah jika masih ada data yang salah terkait nama, tanggal lahir, ataupun nama orang tua siswa maka masih bisa diperbaiki.

Silakan baca >>> Cara Memperbaiki Data Peserta UN 2017

Tahap Kedua Pengolahan Data Manajemen UN

Data yang sudah di sinkron via dapodik atapun sudah diperbaiki melalui VerVal PD maka akan masuk pada manajemen PDUN. Tugas operator di sini adalah melakukan pengecekan apakah data sudah benar atau belum. Kalau data sudah benar, silakan langsung lakukan pengurutan nomor urut kursi, kemudian cetak berita acara dan Unduh File Calon Peserta UN. Hasil unduhan berupa file berekstensi DZ. Jangan dibuka dan jangan diubah nama file tersebut, karena file hasil unduhan ini akan masuk pada tahap selanjutnya atau tahap 3 pendataan peserta UN tahun 2017. Untuk melakukan hal tersebut silakan klik di sini.

Tahap Ketiga Upload File Calon Peserta UN (file DZ) di BIO UN

BIO UN adalah aplikasi online dari kemdikbud untuk melakukan pendataan peserta UN tahap akhir. Di sinilah nantinya peserta UN akan mendapatkan nomor peserta sesuai dengan nomor urut yang sudah tetapkan. Untuk login di BIO UN silakan masuk pada alamat di bawah ini :
BIO UN SD : http://biounsdmi.kemdikbud.go.id/
BIO UN SMP : http://biounsmp.kemdikbud.go.id/
BIO UN SMA : https://biounsmama.kemdikbud.go.id/
BIO UN SMK : https://biounsmk.kemdikbud.go.id/
BIN UN SLB : http://biounslb.kemdikbud.go.id/
BIO UN PAKET ABC : http://biounpaketabc.kemdikbud.go.id/
BIO UN BERBASIL KOMPUTER : http://ubk.kemdikbud.go.id/

Silakan login pada BIO UN sesuai tingkatan sekolah anda kemudian ubah data sekolah atau edit data sekolah untuk mengisi jumlah rombel dan jumlah siswa yang ada di sekolah anda. Setelah mengisi data sekolah baru bisa mengupload file DZ hasil unduhan dari Manajemen UN (Tahap 2).

Demikian langkah-langkah cara pendataan peserta UN tahun 2017, semoga artikel singkat ini bisa membantu para operator sekolah di seluruh Indonesia. Mohon maaf nih, tidak membahas secara detail tahap demi tahap. Saya yakin anda sudah terbiasa, artikel ini hanya mengingatkan tahapan-tahapannya saja. Kalau caranya pasti sudah bisa dan kalau masih bingung silakan lakukan searching di blog ini pada kolom pencarian di atas.
Comments
0 Comments

0 Response to "Langkah-Langkah Cara Pendataan Peserta UN Tahun 2017"

Poskan Komentar