Minggu, Juli 30, 2017

Download KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 4 Edisi Revisi

Download KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 4 Edisi Revisi | KKM adalah kependekan dari Kriteria Ketuntasan Minimal, yaitu salah satu perangkat kurikulum yang dibuat oleh masing-masing satuan pendidikan untuk menentukan ambang batas kompetensi siswa. KKM dibuat oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan :

  1. Intake Siswa, yaitu kemampuan rata-rata siswa yang ada di sekolah
  2. Kompleksitas, yaitu tingkat tingkat kesulitan dari sebuah materi dan 
  3. Daya dukung, yaitu berkaitan dengan sumber belajar, serta sarana prasarana pendidikan
download KKM kurikulum 2013 edisi revisi


KKM ditentukan pada awal tahun pelajaran pada rapat dewan guru, baik itu guru kelas maupun guru mapel. Nilai KKM dinyatakan dalam bilangan bulan antara 0 - 100. KKM yang sudah ditentukan melalui rapat harus disosialisasikan kepada siswa dan orang tua siswa, dengan tujuan ada sinergi antara sekolah dengan orang tua siswa dalam mengerjar target (KKM) yang sudah ditentukan. Dalam pelaporan hasil berlajar siswa, KKM juga harus dicantumkan dalam buku rapor, sehingga orang tua siswa bisa langsung membandingkan hail yang dicapai putra-putrinya dengan KKM yang telah ditentukan.

Penentuan KKM sangat bermanfaat dalam sebuah proses pebelajaran, diantara manfaat KKM adalah :
  1. Sebagai acuan guru dalam menilai kompetensi siswa
  2. Sebagai acuan siswa dalam belajar sehingga lebih semangat untuk mengejar nilai atau bahkan melampaui KKM
  3. Sebagai kontrak pedagogik antara guru, siswa dan satuan pendidikan
  4. Sebagai target satuan pendidikan dalam pencapaian para tiap mata pelajaran
Eit, kok malah bahas masah pengertian dan fungsi KKM sih, hehe....
Saya yakin, anda dan semua guru diseluruh Indonesia sudah tahu itu. Tapi tidak apa-apa deh, itung-itung untuk mengingatkan kembali tentang pengertian dan fungsi KKM. Nah sekarang yuk download KKM kurkulum 2013 SD kelas 4 edisi revisi.

KKM Kuikulum 2013 SD Kelas 4 Edisi Revisi ini ada dalam apliaksi excel yang sangat mudah digunakan. Sheet 1 adalalah tempat untuk mengisi data guru dan kepala sekolah, yang nantinya akan secara otomatis masuk pada setiap sheet KKM permapel.

KKM, terdiri dari kolom Tema, Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, Kompleksita, Daya Dukung dan Intake Siswa. Semua indikator sudah tersedia secara lengkap, jadi anda tidak perlu repot-repot mengetik Kompetensi Dasar dari RPP silabus yang anda miliki. Yang perlu anda lakukan hanya menentukan nilai Kompleksitas, Daya Dukung dan Intake Siswa dari setiap Kompetensi Dasar maka nilai KKM dari setiap KD akan otomatis muncul. Kemudian untuk melihat KKM permapel, anda bisa melihat pada bagian paling bawah dari aplikasi ini.

Nah, itulah KKM kurikulum 2013 SD kelas 4 edisi revisi yang bisa anda unduh di sini, semoga bermanfaat untuk membantu guru di seluruh Indonesia. Jika bermanfaat, silakan bagikan kepad rekan-rekan guru yang ada disosial media anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top