Sabtu, Mei 26, 2018

Panduan Cara Mengerjakan PMP 2018 Terbaru

Panduan Cara Mengerjakan PMP 2018 Terbaru - PMP adalah aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan lho bukan Pendidikan Moral Pancasila. Hehe.... Oke, saya cuma ingin mengawali tulisan ini dengan sedikit bercanda, agar tidak spaneng. Ya, meskipun pekerjaan sebagai operator sekolah sepertinya tidak pernah ada waktu untuk istirahat, kita harus tetap bersemangat tapi tetap dengan cara santai.

Aplikasi PMP terbaru sudah dirilis, yaitu PMP 2018.5. Aplikasi inilah yang sekarang harus ada dalam komputer atau laptop anda. Karena jika aplikasi PMP terbaru ini belum ada dalam laptop atau komputer anda maka anda tidak akan bisa mengirim data PMP. Meskipun anda berhasil mengirim data PMP dari aplikasi lama, tapi tetap tidak akan diakui oleh LPMP.

Nah lalu bagaimana cara mengerjakan PMP 2018?
Untuk bisa mengerjakan PMP 2018 terbaru, langkah pertama yang harus anda alkukan adalah dengan cara menguninstal/menghapus aplikasi PMP lama. Ingat menghapus aplikasi tidak sama dengan menghapus sebuah data atau file dalam hardisk, tapi harus melalui cara tersendiri. Saya yakin bagi anda yang sudah lama menajdi Operator Sekolah tidak asing lagi dengan uninstal aplikasi.

Untuk itu saya tidak akan mengulas bagaimana cara menguninstal aplikasi PMP, anggap saja anda sudah bisa menguninstal apliaksi PMP. Nah sekarang lanjut saja menggantinya dengan aplikasi PMP 2018 terbaru. Untuk menginstal aplikasi PMP terbaru, silakan anda unduh terlebih dahulu aplikasi PMP terbaru pada situs resminya.


Setelah berhasil mengunduh, silakan lanjutkan dengan menginstal aplikasi PMP terbaru tersebut. Caranya juga sangat mudah. Silakan anda klik dua kali pada file exe yang berhasil anda unduh, dan ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk. Tinggal next dan next aja deh, gampang banget ko. Hehe....

Selamat anda sudah berhasil menginstal apliaksi PMP 2018.5, silakan anda sekarang login pada aplikasi PMP menggunakan akun dapodik anda. Seperti biasa, login aja dulu dengan menggunakan akun dapodik anda. Berikut adalah tampilan aplikasi PMP 2018.5 terbaru.


Tampilan di atas adalah tampilan aplikasi PMP 2018.5 pada menu beranda dalam kondisi kuisioner sudah terisi 100%. Jika belum terisi, maka tidak akan tampil warna-warna meriah seperti di atas, tapi tampil hitam putih. Makanya jika ingin berwarna seperti di atas, kuisionernya harus dikerjakan terlebih dahulu.

Oke, kita lanjut ke cara mengerjakan kuisioner. Namun sebelum mengisi kuisioner anda harus menambahkan dulu pengguna ke aplikasi PMP ini. Untuk tahun ini, yang wajib mengisi kuisioner adalah :
  • 8 guru
  • 1 pengawas
  • 3 komite, dan
  • 15 siswa
Untuk menambahkan pengguna, silakan masuk ke menu Manejemen Pengguna, lihat tampilan di bawah ini.


Perhatikan menu-menu yang saya beri tanda kotak merah. 
  1. Menu Manajemen Pengguna sebelah kiri adalah untuk memunculkan daftar menu yang ada di sebelah kanan
  2. Menu Salin PTK adalah untuk memasukkan data PTK dari dapodik ke apliaksi PMP 
  3. Menu Salin Peserta Didik adalah menu untuk memasukkan semua data peserta didik yang ada di dapodik ke aplikasi PMP
  4. Menu Tambah adalah untuk menambahkan pengguna atas nama Pengawas dan Komite Sekolah.
Tampilan diatas adalah dimana saya sudah menambahkan semua PTK, Peserta Didik, Pengawas dan Komite Sekolah. Jika anda belum klik menu-menu tersebut maka tabel tersebu kosong. Nah jika dalam tabel tersebut sudah ada isinya lengkap, itu artinya sudah siap untuk mengisi kuisioner. Lanjut....

Untuk mengisi kuisioner saya sarankan untuk mengisi dengan kuisioner kepala sekolah terlebih dahulu. Untuk mengisi kuisioner kepala sekolah anda bisa langsung kelik menu Kuisioner pada saat masih login sebagai Operator Sekolah (ingat untuk kuisioner kepala sekolah menggunakan akun operator sekolah).

Berbeda dengan cara mengisi kuisioner PTK dan Peserta Didik, anda bisa tetap menggunakan akun operator sekolah dengan memanfaatkan menu Tukar Pengguna atau login dengan akun masing-masing PTK. Saran saya, agar praktis gunakan saja login operator sekolah dengan memanfaatkan menu Tukar Pengguna. Lihat tampilannya di bawah ini.


Pertama silakan anda klik pada menu Tukar Pengguna (no. 1). Untuk pindah ke akun PTK, silakan anda klik pada yang saya lingkari nomor 2, pilih nama PTK nya kemudian klik tukar (no. 3). Untuk pindah ke akun peserta didik, silakan anda klik pada lingkran nomor 4, kemudian klik tukar (no. 5). Setelah berhasil tukar pengguna silakan lanjutkan Kuengan mengisi kuisioner dengan klik menu Kuisioner.

Kerjakan kuisioner ini satu persatu sampai selesai 100%. Jika belum 100% maka anda tidak akan bisa megirim data PMP. Perlu diingat juga, setiap setelah selesai mengerjakan kuisioner anda harus melakukan konfirmasi selesai. Caranya silakan klik Menu Konfirmasi Selesai, kemudian klik Konfirmasi.

Cara Cepat Mengerjakan Aplikasi PMP 2018.5

Hmmm.... kayaknya ini nih yang ditunggu-tunggu. Saya tahu betul pekerjaan ini pekerjaan yang membosankan kalau dikerjalan sedirian oleh operator sekolah. Jika anda ingin lebih cepat mengerjakan aplikasi PMP, anda bisa meminta agar masing-masing PTK untuk login ke aplikasi PMP dan mengerjakan kuisionernya masing-masing. 

Tentu, agar ini bisa berjalan dengan cepat anda harus melakukan setting sederhana agar laptop anda yang terinstap aplikasi PMP bisa diakses oleh para guru dari laptop lain tanpa menginstal aplikasi PMP. Artinya, semua PTK bisa login secara bersama-sama pada aplikasi PMP.


Cara Login Bersama-Sama Pada Aplikasi PMP

Operator sekolah mempersiapkan laptop yang terinstal aplikasi PMP agar bisa diakses secara bersama-sama. Caranya sangat mudah, silakan ikuti panduan berikut :


Untuk mengerjakan aplikasi PMP 2018 secara bersamaan dan diwaktu yang sama (biar cepat selesai) maka setelah semua akun ptk sudah dibuat silakan hubungkan laptop ops yang telah terinstal aplikasi PMP pada jaringan wifi atau local area network (LAN) yang tersedia di sekolah. Hubungkan juga laptop ptk ke jaringan yang sama sebagai client.

Buatlah koneksi adhoc dari laptop/PC yang terinstall aplikasi PMP. Penggunaan internet yang sama antara laptop/PC server dengan client, sehingga dapat mengakses aplikasi PMP tanpa harus menginstallnya. Caranya sebagai berikut;

Baca Juga : Cara Cepat Input Nilai Raport Pada Dapodik 2017c
  1. Pastikan jaringan/internet yang digunakan adalah jaringan/internet yang sama antara laptop/PC server dan client. Koneksi ini dapat menggunakan Wifi Router, maupun AP (Access Point) Router dari smartphone pengguna.
  2. Cek IP yang pada laptop/PC server melaui CMD : Klik Start - search -  lalu ketikkan CMD. Lalu akan muncul jendela terminal windows lalu ketikan “ipconfig” dan tekan Enter lalu akan muncul Windows IP Configuration cari dan catat IPv4 Address yang tertera pada jendela CMD misalnya 192.168.43.175
  3. Cara lain mengecek IP server yaitu pada network connections, sambungkan laptop ke wifi, setelah tersambung klink kanan wifi tersebut lalu open network and sharing center selanjutnya klik wifi id nya dan pilih details.
    Network Properties
  4. Ketik alamat IP (IPv4 address) yang sudah didapat pada laptop/PC server pada web browser laptop/PC client dengan menambahkan port 1745 misal 192.168.43.195:1745 (1745 adalah port yang digunakan sebagai alamat aplikasi PMP, pada komputer server biasanya alamatnya akan menjadi http://localhost:1745)
  5. Silahkan login dengan akun PTK yang telah dibuat di login ops
  6. Kerjakan kuisioner secara bersama-sama
Aduh kok ribet banget ya....
Hmmm.... sepertinya operator sekolah gak suka dengan yang bersifat ribet kaya gini. Oke, ada juga cara cepat mengerjakan apliaksi PMP 2018 tanpa ribet. Caranya yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama PMP Faster.

Saya sih tidak menyarankan anda untuk menggunakan apliaksi PMP Faster ini, karena jika selurus OPS menggunakan aplikasi ini maka data PMP dari setiap sekolah di seluruh Indonesia akan sama. Tapi jika anda tetap ngotot ingin menggunakan apliaksi PMP Faster ini, silakan anda searching aja di google aplikasi PMP Faster 2018 terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top