Senin, Januari 04, 2016

Mengatasi Masalah SIMDABMD Tidak Bisa Dibuka

Mengatasi Masalah SIMDABMD Tidak Bisa Dibuka | SIMDABMD atau Sistem Managemen Daerah Barang Milik Daerah adalah aplikasi online yang digunakan untuk invetarisasi barang milik daerah yang ada di SKPD-SKPD. Bagi SKPD sekolah, maka kembali pekerjaan ini menjadi tanggung jawab seorang operator sekolah. Minimal dua kali dalam satu tahun membuat laporan perubahan inventaris barang yang meliputi Berita Acara Rekonsiliasi, Input Barang dan Pengurangan Barang pada Aplikasi SIMDA dan cetak kartu inventaris barang serta laporan mutasi barang.

Sama halnya dengan aplikasi-aplikasi online lainnya, SIMDA juga sering mengalami masalah. Apalgi ini merupakan aplikasi berbasis server dengan dukungan add on java, masalah menjadi sangat sering sekali timbul. Contoh misal, java yang sudah out of date sampai dengan tidak kompatibelnya java dengan sistem operasi.

Akhir-akhir ini, masalah banyak dikeluhkan oleh operator bahwa SIMDABMD tidak bisa dibuka. Setelah melakukan beberapa penyelidikan (hehe... gaya-gayaan), saya menyimpulkan bahwa masalah tersebut disebabkan sebagai berikut :

Masalah SIMDABMD dan Cara mengatasinya

1. Koneksi Internet Tidak Stabil
Solusinya sudah pasti, harus mengupgrade kecepatan koneksi internet anda.

2. Add On Java Tidak Kompatibel
Seperti kita ketahui bahwa aplikasi yang ada saat ini tersedia dalam dua versi yaitu versi 32 bita dan 64 bit. Begitu juga dengan add on java tersedia dalam versi 32 bit dan 64 bit. Ironisnya, ternya mozila firefox tidak menyediakan versi 64 bit (atau mungkin karena saya belum tahu, tidak tahu dan belum menemukan firefox 64 bit). Jika anda yang membaca artikel ini tahu ada firefox 64 bit tolong share di melalui form komentar, karena itu akan sangat membantu kerja para operator sekolah.

Kasus yang saya temukan adalah, operator sekolah yang tidak bisa membuka SIMDABMD rata-rata menggunakan windows 8 64 bit. Padahal mereka menggunakan borowser minternet mozila firefox 32 bit. Dalam komputer kondisi seperti ini, berdasarkan pengalaman saya akan mengalami masalah pada add on java.

Jika diinstal add on java 32 bit, maka windows 8 akan menolak sedangkan jika diinstal add on java 64 bit maka tidak kompatibel dengan mozila yang masih menggunakan versi 32 bit.

Cara mengatasi atau solusinya :
Kalau masalahnya seperti ini, saya merekomendasikan untuk mengganti windows 8 dengan windows 7 32 bit saja. Jika, dirasa anda masih memerlukan windows 8 maka saya sarankan menggunakan dual boot sistem (windows 8 dan windows 7 32 bit).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top