Sabtu, Januari 02, 2016

Cara Update Aplikasi DAPODIKDAS Terbaru Dari 402 ke 403

Cara Update Aplikasi DAPODIKDAS Terbaru Dari 402 ke 403 | Tahun baru, aplikasi baru dan pekerjaan baru. Mungkin tiga kata ini sangat tepat untuk para operator sekolah yang terus berkutat dengan pendataan sekolah. Pada awal semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 ini, kita para operator sekolah disuguhkan aplikasi terbaru yaitu DAPODIK 4.0.3.

Dengan hadirnya aplikasi dapodik terbaru ini, maka tugas kita adalah melakukan update aplikasi sekaligus update data-data di dalamnya. Selama ini tentunya ada perubahan data siswa karena adanya mutasi atau perpindahan, demikian juga dengan data PTK, tentunya ada perubahan-perubahan yang belum sempat diupdate pada Dapodik 401 dan 402. Nah pada semester II ini, maka mau tidak mau harus mengupdate data-data tersebut karena akan terkait erat denga penerimaan dana BOS triwulan I (Januari - Maret 2016) dan juga terkait dengan penerimaan tunjangan profesi (sertifikasi) dan fungsional.
cara update dapodik terbaru
cara update dapodik 4.0.3

Cara update dapodik 402 ke 403 berbeda dengan cara update dapodik 400 ataupun 401. Sebelumnya untuk mengupdate cukup melalui menu pengaturan kemudian pilih update. Pada dapodik versi 403 ini, update dapodik dilakukan memalui instal Dapodik403 Updater. Berikut panduan lengkap cara update aplikasi dapodik terbaru.

Untuk mengupdate aplikasi dapodik anda, silakan anda download Dapodik Updater 4.0.3 (disini). Anda akan diarahkan pada halaman download seperti screen shoot berikut dan silakan klik download.

Cara instal Aplikasi Dapodik 403 Updater

Aplikasi dapodik 403 updater berukuran sangat kecil (942 kb), jadi proses downloadnya sangat cepat. Setelah selesai download silakan anda jalankan (klik dua kali) pada Dapodikdas403-updater.exe, kemudian klik Run seperti pada screen shoot berkut ini.

cara instal aplikasi dapodik 403
cara instal aplikasi dapodik 403
Selanjutnya silakan klik Next, Klik Install dan Klik Finish.

Cara Menjalankan Aplikasi Dapodik 403

Untuk menjalankan aplikasi dapodik sama saja dengan yang sudah biasa dilakukan. Tapi mungkin anda akan mendapatkan sedikit masalah, setelah selesai menginstall aplikasi dapodik 403 mungkin dapodik akan tetap berjalan pada dapodik 402 dan dinyatakan sudah tidak berlaku.

Solusinya :
Silakan anda bersihkan history dari browser internet anda. Jika anda menggunakan Mozila Firefox silakan buka menu History dan klik sub menu Clear History.

Jika anda menggunakan browser Baidu atau Spark, silakan anda klik Menu Histery (Ctrl + H) kemudian klik Clear Browser Data.

Kondisi terbaru aplikasi dapodik 403

Aplikasi dapodik 403 tidak mengalami perubahan secara signifikan, pada aplikasi dapodik 403 anda masi bisa melakukan perubahan pada data siswa. Misal ingin merubah Nama, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top