Sabtu, Februari 27, 2016

Cara Menyelamatkan Laptop Yang Tersiram Air

Cara Menyelamatkan Laptop Yang Tersiram Air | Laptop merupakan perangkat elektronik yang tidak boleh terkena air. Jika, terkena air maka akan terjadi arus pendek yang berakibat rusaknya komponen-komponen elektronik di dalamnya. Maka, jangan sampai laptop atau perangkat elektronik apapun tersiram air.

Namun terkadang, meskipun sudah berhati-hati kecelakaan kecil ini bisa saja terjadi. Misal, pada saat anda bekerja menggunakan laptop, dimeja juga ada gelas berisi air untuk anda minum. Mungkin karena goncangan atau tersenggol gelas tersebut bisa tumpah dan airnnya mengenai laptop.

Jangan panik!!! Tetap tenang dan lakukan langkah-langkah penyelamatan dengan tepat. Silakan anda baca dan ingat selalu cara menyelematkan laptop yang tersiram air di bawah ini. Sehingga, pada saat anda mengalami kecelakaan ini bisa tetap tengan dan langsung melakukan langkah penyelamatan pada laptop anda.

cara menyelamatkan laptop tersiram air
Source Image cara menyelamatkan laptop tersiram air http://www.checkitouts.info

8 Langkah Menyelamatkan Laptop Tersiram Air

1. Matikan Laptop
JIka laptop tersiram air, segera matikan laptop. Jangan lupa simpan dulu pekerjaan anda. Jika pekerjaan anda sudah tersimpan, agar lebih cepat mati anda bisa tekan tombol power kurang lebih 5 detik. Karena kalau dimatikan dengan cara biasa (shotdown) air akan segera masuk ke komponen-komponen vital dan terjadi arus pendek sehingga rusak semua hardware.

2. Cabut Baterai Laptop Segera
Agar aliran listrik terhenti ke semua hardware, segera cabut baterai laptop.

3. Balikan Laptop
Dengan membalikan laptop, maka air yang mengenai bagian atas laptop akan keluar dari sela-sela keyboard. Hal ini juga berguna mencegah air masuk ke komponen laptop bagian mesin.

4. Cabut Device Peripheral
Jika pada saat tersiram, anda sedang menggunakan flashdisk, SD Card, printer atau perangkat lainnya yang terhubung ke laptop, segera cabut.

5. Lepaskan Komponen Laptop
Nah pada langkah ini anda harus menggunakan sedikit bantuan obeng untuk membongkar laptop. Lepaskan dulu komponen-komponen yang mudah dilepas, seperti RAM dan Hardisk. Jika ada bagian komponen lain yang bisa dilepas lepas saja.
 
6. Serap Air
Serap air yang masih menepel bagian komponen-komponen laptop dengan menggunak bahan lembut dan bersifat menyerap air, seperti tisu, cutton bud, kanebo atau bahan lainnya.

8. Keringkan Laptop
Keringkan laptop dengan menggunakan hair dryer. Jika tidka ada silakan bawa laptop ke luar ruangan dan keringkan dibawah sinar matahari dan tempat terbuka. Air akan kering dengan batuan sinar matahari dan angin.

Nah itulah cara menyelamatkan laptop tersiram air  yang bisa anda lakukan sendiri. Jika anda tidak bisa membongkar laptop sendiri, yang penting baterai sudah dicabut silakan langsung bawa ke teknisi komputer untuk meminta bantuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top