Kamis, Februari 25, 2016

Mengenal Satuan KBps dan Kbps, Perbedaan dan Cara Konversinya

Mengenal Satuan KBps dan Kbps, Perbedaan dan Cara Konversinya | Istilah KBps, Kbps, Mbps sering sekali kita baca dan kita dengar. Apalagi anda pengguna internet, saya yakin sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah tersebut. Bahkan pada saat membeli sebuah perangkat koneksi internet, maka ukuran dari satuan ini menjadi hal yang penting menjadi bahan pertimbangan. Namun tidak semua orang tahu persis dengan hitungan satuan data ini, yang mereka tahu semakin besar ukurannya maka akan semakin cepat proses transer datanya.

Maka banyak pengguna internet kadang menjadi kecewa kara adanya salah faham. Misal sebuah operator selular menawarkan speed dari mulai 512 Kbps hingga 14 Mbps, tapi setelah digunakan ternyata speed yang didapat tidak seperti yang ditawarkan.

Nah agar tidak terjadi lagi salah faham, berikut penjelasan tentang hitungan satuan data digital. Mari kita mulai dari hitungan terkecil dalam satuan data digital, yaitu bit.


Bit adalah ukuran terkecil data dalam sebuah komputer. bit biasanya hanyalah merupakan pilihan antara 0 dan 1. Dimana 0 biasanya berarti ‘Off’ dan 1 berarti ‘On’. Pada akhirnya komputer akan mengkombinasikan kedua pilihan tersebut menjadi format digital yang lebih kompleks untuk merepresentasikan data. Istilah bit mulai diperkenalkan oleh seorang statistik terkenal John Tukey pada tahun 1946.

Selain satuan bit, ada juga satuan Byte. Yaitu kumpulan beberapa bit (1 Byte = 8 bit ). Byte biasanya merepresentasikan sebuah karakter (Misalkan seperti A, ?, -, dll). Karakter ini bisa berupa huruf, angka ataupun simbol tertentu.Pengertian Byte adalah Satuan yang digunakan untuk menunjukkan kapasitas dalam dunia digital, termasuk komputer, besar file, serta ukuran lain, digunakan dalam satuan byte ini. Informasi yang akan dan yang diolah disimpan di dalam suatu memori.

Ukuran bit disimbolkan dengan huruf b ( be kecil), sedangkan ukuran Byte disimbolkan dengan huruf B (be besar/ kapital). Nah, dari keterngan ini maka diambil sebuah pengertian dari KBps dan Kbps sebagai berikut :
KBps = (KiloByte per second)

Kbps = (Kilobit per second)
Konversi :
1 Byte= 8 bits
1 kilobyte= 1.024 bytes
1 megabyte= 1.024 kilobytes
1 gigabyte= 1.024 megabytes
1 terabyte= 1.024 gigabytes
1 exabyte= 1.024 terabytes

Menghitung kecepatan internet sesungguhnya

Dari penjelasan di atas maka kita bisa menghitung kecepatan internet yang sesungguhnya saat digunakan untuk browsing maupun download. Untuk mendapatkan hitungan real dari kecepatan yang ditawarkan, maka kecepatan yang ditawarkan dibagi 8, contoh :
128 Kbps: 128/8 = 16 KBps
256 Kbps: 256/8 = 32 KBps
384 Kbps: 384/8 = 48 KBps
512 Kbps: 512/8 = 64 KBps
1 Mbps : 1024/8 = 128 KBps
2 Mbps : 2048/8 = 256 KBps

Kesimpulannya jika anda misalnya membeli paket internet dengan speed 2 Mbps, maka speed yang akan anda dapatkan adalah maksimal 256KBps. Silakan dibuktikan ketika mendownload file. Amati, apakah kecepatannya akan sama dengan angka yang ditawarkan atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top