Jumat, Februari 26, 2016

Apa Yang Dimaksud VoLTE?

Apa Yang Dimaksud VoLTE? | Teknologi komunikasi dengan menggunakan jaringan nirkabel (tanpa kabel) terus berkembang dari waktu ke waktu. Banyaknya perusahaan selular membuat persaingan sangat ketat, mereka berlomba-lomba menghadirkan terknologi terbaru dan terbaik untuk mendukung kelancaran komunikasi para konsumennya.

Teknolog VoLTE (Voice Over LTE)  disebut-sebut sebagai teknologi selular terbaru yang menjadi kualitas komunikasi selular lebih baik. Suara lebih jernih, tidak putus-putus dan bisa digunakan bersamaan koneksi lainnya.

Teknologi VoLTE merupakan penyempurnaan dari teknologi sebelumnya, yaitu VoIP (Voice Over Internet Protocol) yang memungkinkan terjadikan panggilan telepon via internet. Beberapa aplikasi yang sudah memanfaatkan teknologi ini adalah Skype, WhatsApp, Line, Kakao, Viber, dan Tango.

Pada teknologi VoIP ada beberapa kelemahan yang bisa mengganggu kualitas komunikasi, yaitu VoIP menumpang di atas aplikasi yang berjalan di jaringan internet, di mana hanya terdapat 'pipa tunggal' (single pipe) yang sama, baik untuk data maupun untuk real-time voice. Akibat dari penggunakan pipa tunggal untuk dua jenis layanan tersebut, di tengah-tengah perjalanannya terdapat hal-hal yang berdampak pada berkurangnya kualitas VoIP itu sendiri. Makanya kualitas suara atau videonya kurang bagus.

Sedangkan VoLTE memiliki dedicated bearer untuk voice dan video. Dengan demikian ada dua jalur terpisah untuk masing-masing jenis komunikasi. Efeknya kualitas komunikasi lebih bagus, baik voice maupun video. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top