Minggu, Juli 24, 2016

Cara Menambahkan PTK Baru dan Mutasi PTK Pada Aplikasi Dapodik Terbaru 2016

Cara Menambahkan PTK Baru dan Mutasi PTK Pada Aplikasi Dapodik Terbaru 2016 | Pada aplikasi dapodik terbaru 2016 sepertinya tugas operator sekolah akan sedikit ringan. Hal ini karena input dat guru dan mtuasi guru atau PTK sudah tidak menjadi wewenang operator sekolah lagi.

Berbeda dengan dapodik versi sebelumnya, dimana hak akses berkaitan perubahan PTK full menjadi wewenang operator sekolah, pada aplikasi dapodik versi 2016 G5, wewenang perubahan PTK pada satuan pendidikan menjadi wewenang operator dapodik dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten.

Karena perubahan tersebut, maka terjadi perubahan juga pada prosedur penambahan guru atau PTK atau cara mutasi guru atau PTK. Sebagai gambaran singkat lihar diagram alur penambahan PTK baru berikut ini.

Diagram Penambahan Guru atau PTK Baru Pada Dapodik Terbaru 2016



Nah itulah diagram alur penambahan guru atau PTK baru pada aplikasi dapodik 2016. Mungkin jika hanya membaca diagram alur kurang jelas maka anda bisa membaca penjelasan alur penambahan guru atau PTK baru pada dapodik 2016 sebagai berikut :

Cara Menambahkan dan Memutasikan PTK baru di Dapodik V.2016

  • PTK baru Mengisi Formulir F-PTK secara lengkap sesuai dengan data sebenarnya
  • Bawa berkas-berkas yang diperlukan (SK Mutasi) kemudian Datang ke Kantor Dinas menemui admin dinas dan sampaikan permintaan anda kepadanya.
  • Admin dapodik Dinas Login di aplikasi nya, di website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  • Melakukan Aktivasi Akun manajemen dapodik bidang kepegawaian Dinas
  • Setelah berhasil login, admin dapodik dinas menggunakan fitur tambah PTK baru atau Mutasi PTK di web dapodikdasmen.
  • PTK menyampaikan ke operator sekolah, Nah agar data masuk/ditarik ke app dapodik sekolah, operator sekolah melakukan sinkronisasi
  • PTK menyerahkan formulir F-PTK kepada operator sekolah untuk di entri atau dicek datanya.
  • Setelah data benar, Operator sekolah kembali melakukan sinkronisasi agar perubahan berhasil
Demikian cara menambahkan guru atau PTK baru pada aplikasi dapodik 2016 yang saya kutip dari juknis dapodik pra rilis. Berdasarkan dari info juknis tersebut maka bisa disimpulkan bahwa banyak perubahan yang terjadi pada aplikasi dapodik 2016, salah satunya adalah penonaktifan fitur tambah PTK baru.

>>Silakan anda baca Perubahan Pada Aplikasi Dapodik 2016

1 komentar:

  1. Yang merasa Operator Dapodik harus baca ini dan di pelajari,apalagi jika ada mutasi Guru/ptk

    BalasHapus

Resep Buat Kamu

Back To Top