Jumat, Desember 08, 2017

Cara Cek Data Siswa Penerima KIP

Cara Cek Data Siswa Penerima KIP - Kartu Indonesia Pintar atau KIP adalah kartu bagi para siswa yang dianggap kurang mampu. Dengan memiliki KIP maka para siswa yang dianggap kurang mampu tersebut mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah dan disalurkan melalui bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Data-data siswa penerima KIP ini tersimpan di server milik kemdikbudi dan dapat diakses oleh siapa saja secara terbuka. Jadi, anda para guru, orang tua, siswa atau siapapun bisa cek data siswa penerima KIP secara online. Syaratnya mudah, untuk bisa mengecek data penerima KIP cukup dengan menggunakan nomor KIP.

Nah, sekarang para penerima KIP silakan cek data anda apakah sudah terdaftar atau belum dan sudah benar atau belum. Bagaimana cara ceknya, silakan ikut panduannya berikut ini.

Cara Cek Data Penerima KIP

1. Silakan kunjungi situs PIP kemdikbud, klik di sini.


2. Silakan masukkan nomor KIP pada kolom Inquiry, kemudian klik tombol Inquiry. Kalau nomor KIP yang dimasukkan valid maka akan keluar data siswa yang dimaksud seperti di bawah ini.


Nah jika dicek datanya sudah muncul seperti ini maka Insya Alloh anda sudah masuk dalam calon penerima dana KIP yang akan disalurkan melaui bank.

Jika data anda tidak muncul, silakan cek ulang apakah nomor KIP yang anda inputkan benar atau tidak. Kalau sudah benar tapi belum keluar juga, coba anda ingat apakah anda sudah melaporkan KIP anda ke sekolah atau tidak. Karena jika anda tidak melaporkan KIP ke sekolah, maka nomor KIP anda tidak akan terdata di aplikasi dapodik. Jadi, silakan datang ke sekolah dimana siswa atau anak anda sekolah dan beritahukan bahwa anda adalah penerima KIP dengan memberikan foto copy KIP kepada sekolah.

Nah itulah cara cek data siswa penerima KIP, semoga bermanfaat dan pastinya semoga dana PIP yang disalurkan oleh pemerintah benar-benar dimanfaatkan secara tepat, yaitu untuk  membiaya pendidikan anak bukan untuk kepentingan yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan ana.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. kalau cek uanganya, datang aja ke sekolah tanyakan apakah pada tahun sekarang anak bunda sudah dapat KIP atau belum

      Hapus

Resep Buat Kamu

Back To Top