Senin, Maret 23, 2020

Cara Cek Siswa Penerima PIP Terbaru, Mandiri Oleh Orang Tua

Cara cek penerima PIP terbaru memungkinkan setiap orang tua siswa bisa mengecek secara mandiri apakah anaknya masuk sebagai penerima PIP atau tidak. Jadi, dengan adanya kemudahan untuk mengakses data seperti sekarang ini, tidak ada lagi yang namanya manipulasi data apalagi menggelapkan data. Setiap orang tua dan siapapun anda bisa mengecek apakah seorang siswa sebagai penerima dana PIP atau tidak. Tentunya, dengan harus mengetahui NISN, tangga lahir dan nama ibu kandaung dari siswa tersebut.

Apakah penting orang tua mengetahui anaknya sebagai penerima PIP atau tidak?
Jelas sangat penting. Selain sebagai pengetahuan pribadi, ini dijuga bisa dijadikan sebagai alat untuk melakukan cek and balancing terhadap penyelenggaraan keadministrasian sekolah. Karena bisa saja terjadi, karena human error atau masalah lain, siswa yang seharusnya menerima dana PIP kemudian tidak mendapatkan haknya karena ada kesalahan pengambilan data oleh sekolah. Jadi, dengan mengetahui anaknya sebagai penerima PIP atau tidak, maka orang tua bisa melakukan kalrifikasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana cara cek penerima PIP oleh orang tua?
Sangat mudah! Ya betul, anda bisa mengecek apakah anak anda termasuk penerima PIP atau tidak hanya dengan 2 langkah saja. Yang penting anda sudah tahu NISN, tanggal lahir dan nama ibu kandung dari anak anda.

Ups!!! Masa orang tua tidak tahu tanggal lahir dan nama ibu kandungnya? Hehe....
Oke, paling yang kurang anda tahu adalah NISN (Nomor Induk Sekolah Nasional). Untuk mengetahui ini juga sangat mudah, anda tinggal lihat di buku rapor milik anak anda, atau kalau bingung bisa menghubungi operator sekolah dimana anak anda bersekolah.

2 Langkah Cek Siswa Penerima PIP

Yup, cuma dua langkah saja. Silakan ikuti langkah demi langkah secaa benar.
1. Silakan anda buka alamat web : https://pip.kemdikbud.go.id/index/ceknisn
Anda akan harus mengisi formulir seperti di bawah ini



Silakan isi NISN, tanggal lahir dan nama ibu kandung dari anak yang akan dicek datanya. Kemudian klik CEK DATA.

2. Anda sudah bisa melihat data anak anda seperti contoh di bawah ini



Nah, anda bisa melihat riwayat pencairan dana PIP milik anak anda. PIP tersebut dicairkan disekolah mana dan tahun berapanya bisa dilihat dengan jelas.

Bagaimana? Mudah bukan? Sangat mudah.

Cara Cek Data Penerima PIP oleh Operator Sekolah

Nih operator sekolah juga bisa cek data penerima PIP, malah aksesnya lebih luas. Kalau orang tua hanya melihat satu anak saja. Tapi kalau operator sekolah bisa melihat semua penerima PIP di sekolahnya.

Setiap operator sekolah sudah memiliki username dan pasword untuk mengakses data penerima PIP. Namun tuntuk setiap tingkatan, memiliki link yang berbeda. Berikut link untuk data penerima PIP untuk setiap tingkatan :
  1. SD : http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/
  2. SMP : https://pipsmp.kemdikbud.go.id/sekolah/
  3. SMA : http://pip.psma.kemdikbud.go.id/dashboard/

Masing-masing operator tentunya sudah tahu cara login, yaitu biasa menggunakan username dan pasword dapodik masing-masing. Silakan cek dan unduh data penerima PIP, kemudian lanjutkan dengan proses pencairan ke bank dimana dana PIP tersebut bisa dicairkan.

Demikian informasi tentang cara cek siswa penerima PIP terbaru, orang tua bisa cek data penerima PIP apalagi seorang operator sekolah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, baik untuk orang tua siswa maupun untuk sekolah sebagai lembaga yang diberikan amanat untuk menyalurkan dana PIP kepada siswa yang berhak menerimanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top