Rabu, Oktober 14, 2020

Aplikasi Nota Pesan, Nota Kirim dan Kwitansi Pembayaran Untuk SPJ BOS

Salah satu yang harus ada dalam SPJ BOS adalah kwitansi pembayaran yang dilengkapi dengan nota pesan barang dan nota kirim barang. 3 jenis dokumen ini harusnya ada dalam setiap pelaporan dana BOS. Namun karena banyak faktor, para pengelola BOS hanya melampirkan nota pembayaran dari toko saja. 

Selain karena sudah merasa cukup dengan nota pembayaran yang diberikan toko, para pengelola BOS juga sedikit males kalau harus melengkapi setiap transaksi dengan nota pesan, nota kirim dan kwitansi pembayaran. Karena tentu saja hal tersebut akan makan waktu, makan tenaga dan makan biaya juga. 

Bayangkan saja untuk melengkapi 100 transaksi berarti harus membuat 300 dokumen pendukung. Untuk membuatnya saja butuh waktu, apalagi kalau dokumen tersebut dibuat secara manual.

Mungkin, kalau saja ada aplikasi pelaporan BOS yang menyertakan nota kirim, nota pesan dan kwitansi pembayaran dalam satu paket aplikasi akan lebih memudahkan pekerjaan para pengelola BOS. Misal, pengelola BOS cukup membuat uraian transaksi di Buku Kas Umum (BKU) maka nota pesan, nota kirim dan kwitansi otomatis sudah ada tinggal cetak. Nah kalau ini baru mudah dan saya kira pengelola BOS tidak akan merasa keberatan untuk mebuat laporan BOS yang lengkap.

Namun sayang, aplikasi yang diharapkan sepertinya belum bisa menjadi kenyataan. Karena aplikasi ARKAS ternyata belum memasukan fitur yang berfungsi untuk membuat nota otomasi. Pada aplikasi ARKAS hanya bisa membuat Buku Kas Umum, Buku Kas Tunasi, Pembantu Bank, Pembantu Pajak dan Format K7a.

Oke, setiap masalah harus ada solusi, meskipun mungkin solusinya tidak seindah harapan. Hehe...

Saya punya sebuah aplikasi nota sederhana. Ya, saking sederhananya saya sebut ini adalah aplikasi yang sangat sangat sangat sederhana.

Sebuah aplikasi berbasih excel yang terdiri dari 2 sheet, yaitu sheet 1 berisi data barang yang dilengkapi dengan kode barang, harga satuan dan jumlah pembelian serta tanggal pembelian. Sheet 2 berisi form nota pesan barang, nota kirim barang dan kwitansi pembayaran.

Apa kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini?

Anda cukup input data barang yang anda beli beserta harga satuan dan jumlah pembeliannya. Kemudian para form nota pesan barang, tinggal anda input kode barang yang anda copy paste dari sheet 1, maka secara otomatis rincian barang, harga barang dan jumlah barang akan masuk dalam nota pesan barang dan juga masuk ke nota kirim barang. 

Tidak hanya itu, kwitansi pembayaran juga akan secara otomasi menjumlah uang yang harus dibayar dalam nota tesebut. Lebih mantap lagi, pada kwitansi pembayaran sudah dilengkapi dengan angka terbilang secara otomatis.

Namun, agar fungsi terbilang ini bisa berfungsi dengan baik, anda harus menambahkan add on terbilang pada apliaksi excel anda. Caranya :

1. Download add on terbilang, klik di sini

2. Tarus file Terbilang di drive C, kemudian buka aplikasi excel

3. Klik File, Klik Option

4. Klik Add Ins, Klik Go

5. Klik Brows, dan cari file terbilang yang sudah ditaruh di drive c

Nah, sekarang microsoft excel anda sudah memiliki add ins terbilang, selanjutnya silakan anda download aplikasi nota dan kwitansi gratis, klik di sini.

Silakan anda bukan aplikasi nota yang sudah anda unduh. Cara penggunaannya sangat mutah, cukup anda masukan saja data pembelian barang anda pada sheet dtbarang, kemudian masukkan kode barang pada form nota pesan barang maka untuk yang lainnya sudah terisi secara otomatis. 

Bagaimana, mudah bukan?

Semoga aplikasi sederhana ini bermanfaat untuk membantu pengerjaan SPJ BOS di sekolah anda. Tetap semangat dan terus memberikan yang terbaik untuk negeri tercinta Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top